Pengembangan digital marketing dan sumber daya manusia kreatif terhadap ekowisata Silowo Tuban

Haya Nur Safa'atin, Muhimudin Muhimudin, M. Ihyaul Abidin

Abstract


Abstrak             

Ekowisata Silowo adalah salah satu pariwisata dengan keindahan alam yang terletak di Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Salah satu daya tarik utama dari Ekowisata Silowo adalah kawasan ini dikelilingi oleh pohon sagu yang lebat, suasana sejuk dan asri. Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas perahu kano yang tersedia, memungkinkan mereka untuk menyusuri perairan yang tenang sambil menikmati keindahan alam sekitar. Namun, terdapat beberapa masalah yang dihadapi terutama dalam hal sumber daya manusia (SDM) dan strategi pemasaran digital. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu identifikasi masalah, peningkatan kapasitas, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan PkM, pengelola dan karyawan Ekowisata Silowo mampu memahami dan menerapkan periklanan baik dalam penulisan narasi periklanan yang menarik, coppy writing, cara strategi design canva dan strategi dalam mengoptimalkan pelayanan SDM.

 

Kata Kunci: periklanan; digital marketing;SDM kreatif

 

Abstract

Silowo Ecotourism is a type of tourism with natural beauty located in Mandirejo Village, Merakurak District, Tuban Regency. One of the main attractions of Silowo Ecotourism is this area which is surrounded by dense sago trees, the atmosphere is cool and beautiful. Visitors can also enjoy the canoe facilities available, allowing them to explore the calm waters while enjoying the natural beauty of the surroundings. However, there are several problems faced, especially in terms of human resources (HR) and digital marketing strategies. This activity is carried out through several stages, namely identifying problems, increasing capacity, and evaluating. As a result of the PkM activities, Silowo Ecotourism managers and employees were able to understand and apply advertising well in writing interesting advertising narratives, copywriting, how to design Canva strategies and strategies for optimizing HR services.

 

Keywords: advertising; digital marketing; creative human resources


Keywords


advertising; digital marketing; creative human resources

Full Text:

PDF

References


Asharie, A., & Alie, M. F. 2023. Sosialisasi Digital Marketing Guna Meningkatkan Persaingan Produk Industri Kreatif UMKM Di Pasar Global. Jurnal SOLMA, 12 (2): 614-624. 2023

Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22.

Hereyah, Y. (2014). Iklan Mobil Di Media Cetak: Analisis Elemen Copywriting dan Visualisasi Di Majalah SWA. Jurnal Visi Komunikasi.

Isdarmanto, I. (2020). Strategi Branding Pengembangan Industri Pariwisata 4.0 melalui Kompetitif Multimedia di Era Digital. Journal of Tourism and Creativity, 4(1), 1-20.

Jayanti, N. P. (2019). Pengembangan Objek Wisata Pantai Gandoriah Kota Pariaman. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 6(2), 141-146.

Maulidasari, C. D., & Damrus, D. D. (2021). Dampak promosi produk pada pemasaran online. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1).

Mursyidah, D. S. (2021). Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Showroom X Kota Bandung. Mbia, 20(3), 222-234.

Pajriah, S. (2018). Peran sumber daya manusia dalam pengembangan pariwisata budaya di Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak, 5(1), 25-34.

Prayudi, A., Sinaga, K., Mahyudanil, M., & aditi, B. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Herfinta Farm And Plantation. Journal of Global Business and Management Review, 4(2), 72-82.

Raharjana, D. T., & Putra, H. S. A. (2020). Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Promosi Desa Wisata di Kabupaten Malang. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(2), 140-151.

Roslin, F. Y., Engka, D. S., & Tumangkeng, S. Y. (2023). Strategi Pengembangan Objek Wisata Buntu Burake Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 23(7), 49-60.

Saputra, G. W., & Ardani, I. (2020). Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596–2620

Sihombing, N. E., & Hutagalung, I. J. (2021). Strategi Pengembangan Sektor Pariwisata Kabupaten Toba dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 150-172.

Valentina, A., Suryaningsih, S., Pangestoeti, W., Yahya, G. Y., & Rolisti, D. (2024). Pelatihan Digital Marketing Dalam Rangka Penguatan Kapasitas UMKM Desa Ekang Anculai. Khidmat: Journal of Community Service, 1(1), 46-54.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: