Implementasi sistem informasi manajemen pembukuan bisnis berbasis aplikasi untuk siswa SMKS Marisi Medan, Sumatera Utara
Abstract
Abstrak
Seiring dengan meningkatnya akses internet dan kemajuan teknologi membuka berbagai peluang bisnis baru yang lebih mudah diakses dan dikelola oleh anak muda. Tidak dipungkiri bahwa banyak anak muda saat ini sudah memiliki usaha walaupun dalam skala kecil, atau sudah mempunyai keinginan untuk memiliki sebuah bisnis. Namun, sebagian dari anak muda masih menjalankan aktivitas suatu transaksi, manajemen inventaris dan laporan keuangan usaha secara manual. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada siswa dalam memberdayakan diri melalui pemanfaatan teknologi informasi dalam menjalankan usaha mereka, baik dalam mengelola aktivitas suatu transaksi, manajemen inventaris dan pengelolaan laporan keuangan. Pengabdian ini dilakukan melalui teknik pelatihan dan pendampingan siswa. Tahapan awal yaitu tim pengabdian memberikan pre-test kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi pada hari pertama. Pada hari kedua para siswa melakukan praktik langsung menggunakan Aplikasir. Post-test diberikan kepada siswa setelah sesi untuk mengetahui apakah mereka memahami apa yang mereka ketahui tentang materi dan pelatihan. Hasil pelaksanaan pengabdian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan digitalisasi teknologi pada siswa. Hal ini dibuktikan sebelum mendapatkan pelatihan 60 persen siswa sangat menguasai Aplikasir. Setelah dilakukan pelatihan, hasil post-test menunjukkan kategori sangat menguasai meningkat menjadi 71 persen. Pada evaluasi pengabdian yang dilakukan, disimpulkan bahwa siswa sudah memahami dan dapat mengimplementasikan Aplikasir yang diperkenalkan untuk membantu usaha mereka.
Kata kunci: anak muda; aplikasir; digitalisasi teknologi; usaha
Abstract
As internet access increases and technological advances open up new business opportunities that are easier for young people to access and manage. It cannot be denied that many young people today already have businesses, even on a small scale, or already have the desire to own a business. However, some young people still carry out transaction activities, carry out inventory management and business financial reports manually. This community service activity aims to provide knowledge and training to students in empowering themselves through the use of information technology in running their businesses, both in managing transaction activities, inventory management and managing financial reports. This service is carried out through training techniques and student mentoring. The initial stage carried out was that the service team gave a pre-test then continued with providing material on the first day. On the second day the students did direct practice using Aplikasir. A post-test is given to students after the session to find out if they understand and understand what they know about the material and training. The results of implementing this service show that there has been an increase in students' mastery of digital technology. This was proven before receiving training, 60 percent of students really mastered Aplikasie. After the training, the post-test results showed that the very mastery category increased to 71 percent. In the service evaluation carried out, it was concluded that students understood and could implement Aplikasir introduced to help their business.
Keywords: aplikasir; business; technological digitalization; young people.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arafat, A. F. R., Rizkiansah, F., & Rosyani, P. (2021). Penerapan Aplikasi Kasir Berbasis Android Pada UMKM “ Nangkringan ” Bintaro Pesanggrahan. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 2(1), 7–10.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Pemuda Indonesia 2023. Retrieved from https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/29/18781f394974f2cae5241318/statistik-pemuda-indonesia-2023.html.
Cahrianto, C., Sunarmo, S., Widuhung, S. D., Arsyad, A. T., Halim, A., & Lakhsamana, N. D. (2024). SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM DAPUR MOMY KEAN DI BEKASI. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 294–301. https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.45933
Diodora Yessayabella, & Yohanna Adys. (2022). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Kasir Berbasis Aplikasi Moka Pos (Point of Sales) Pada Kafe X Tahun 2022. Jamanta : Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unita, 1(2), 54–71. https://doi.org/10.36563/jamanta_unita.v1i2.476
Fitriani, R., & Mashudi, M. (2023). Implementasi Manajemen Kewirausahaan pada Usaha yang Dimiliki Generasi Z di Era Digitalisasi (Studi Kasus : Dani Orchids). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 8(1), 1. https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i1.p1-14.29757
Hasmidyani, D., Fatimah, S., & Firmansyah, F. (2018). Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Generasi Muda Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Usaha. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 32–47. https://doi.org/10.25170/mitra.v1i1.13
Nofitasari, R., Sihombing, V. U., & Siahaan, H. N. (2023). Pemberdayaan Siswa Dalam Implementasi Digital Marketing Pada Produk Pertanian. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 1023. https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1598
Pohan, M., & Novien Rialdy. (2024). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Gen Z Dalam Menentukan Bisnis Yang Diminati Sebagai Usaha Kecil. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(6), 295–302. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1430
Radiansyah, E. (2022). Peran Digitalisasi Terhadap Kewirausahaan Digital Tinjauan Literatur Dan Arah Penelitian Masa Depan. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI Unsrat), 9(23), 828–837.
Sugiono, A., Zakhra, A., & Sakdiyah, H. (2023). Menggali Minat Berwirausaha Pada Remaja Putus Sekolah. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, (2001), 2911–2917. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/882%0Ahttps://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/882/817
Wahyudi, S. T., Badriyah, N., Sari, K., Nabella, R. S., & Radeetha, R. (2023). Pembelajaran Wirausaha dalam Mendukung Pengembangan Ekonomi pada Siswa Madrasah Diniyah Darul Ulum di Kabupaten Pasuruan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 565–574.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: