Membangun keyakinan dan peningkatan wawasan entrepreneurship untuk generasi muda
Abstract
Abstrak
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul “Membangun Keyakinan Dan Peningkatan Wawasan Entrepreneurship Untuk Generasi Muda” yang telah di laksanakan pada tanggal 14 Mei 2024 di MAN 2 Jakarta Timur. Kegiatan ini di lakukan secara offline. Dengan dibekali wawasan entrepreneurship diharapkan lulusan MAN 2 Jakarta siap dalam memasuki dunia perbisnisan. Oleh karena itu, kami mengajukan pengabdian Masyarakat kepada siswa MAN 2 Jakarta untuk mengatasi permasalah tersebut. Kegiatan pengabdian ini memberikan edukasi terhadap generasi Z untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada gen Z agar berani dan siap ketika ingin membuka usaha. Keyakinan dan wawasan entrepreneurship ini juga dapat membantu untuk pemula ketika ingin memulai membuka usaha. Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil post test menunjukkan peningkatan dalam interpretasi data yang tinggi (nilai ≥ 80). Hasil pengolahan data pre test dan post test sebagai profil pengetahuan peserta pemahaman terkait wawasan tentang entrepreneurship. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman tentang topik yang disampaikan dalam pelatihan.
Kata kunci: pengabdian; kewirausahaan; pelatihan; wawasan; keyakinan.
Abstract
Community Service Activities titled "Building Confidence and Increasing Entrepreneurship Insights for the Young Generation" was carried out on May 14 2024 at MAN 2 East Jakarta. This activity is carried out offline. By being equipped with Entrepreneurship insight, it is hoped that MAN 2 Jakarta graduates will be ready to enter the world of business. Therefore, we propose community service to MAN 2 Jakarta students to overcome this problem. This service activity provides education for generation Z to foster an entrepreneurial spirit in gen Z so that they are brave and ready when they want to open a business. This entrepreneurial belief and insight can also help beginners when they want to start a business. The stages of implementing community service activities consist of three stages, namely planning, implementation and evaluation. The post test results showed a high increase in data interpretation (score ≥ 80). The results of pre-test and post-test data processing as a knowledge profile of participants' understanding regarding insights about Entrepreneurship. This shows an increase in understanding of the topics presented in the training.
Keywords: devotion; entrepreneurship; training; outlook; confidence.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, M. (2021). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurship) di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 51. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2671
Alia Akhmad, K. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Untuk Mengatasi Kemiskinan. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(6), 173–181.
Alstra, D., Sukma, T. K., Melinda, S., Syukriman, A., & Evanita, S. (2023). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Untuk Menumbuhkan Minat Wirausaha Pada Siswa Smk Negeri 3 Padang. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(2), 160–166. https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.28182
Dwiatmaja, A. Z., Basri, H., & K, M. D. (2024). Entrepreneurship Dan Strategi Bisnis Dalam Islam (Overview QS. Quraisy: 1-4). 2, 7–17.
Emmanuel, C. P., Qin, S., Hossain, S. F. A., & Hussain, K. (2022). Factors influencing social-media-based entrepreneurship prospect among female students in China. Heliyon, 8(12). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e12041
EQ, N. A., Suhartini, A., & Sutarjo, J. (2020). Pemberdayaan Santri Melalui Pendidikan Entrepreneurship. RI’AYAH, 5(1), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/riayah.v9i1
Gani, P. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesadaran Wajib Pajak dalam Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Jurnal Audit Dan Perpajakan (JAP), 2(1), 25–32. https://doi.org/10.47709/jap.v2i1.1592
Hasibuan, D. Z., & Nawawi, Z. M. (2023). Social Entrepreneurship as a Solution to Social Problems in the Digital Age. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.53697/emak.v4i1.1085
Ibrahim, S. F., Nurasa, A., & Gumilar, D. (2024). KEWIRAUSAHAAN SANTRI SEBAGAI UPAYA MENCETAK SDM PEMBANGUNAN EKONOMI ISLAM BERKELANJUTAN DI INDONESIA DALAM MENYONGSONG BONUS DEMOGRAFI 2030-2045. 1(1), 80–96.
Margahana, H. (2020). Urgensi Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 176–183. https://doi.org/10.31849/jieb.v17i2.4096
Mukhyar, & Puspita, Y. (2022). Analisis Ekonomi Entrepreneurship. Jurnal Ar-Ribhu, 5(2), 372–384. https://doi.org/10.46781/ar-ribhu.v5i2.658
Pelipa, E. D., & Marganingsih, A. (2020). Membangun Jiwa Wirausahawan (Entrepreneurship) Menjadi Mahasiswa Pengusaha (Entrepreneur Student) Sebagai Modal Untuk Menjadi Pelaku Usaha Baru. JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 125–136. https://doi.org/10.31932/jpe.v5i2.901
Supandi, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Sekolah Smk Bina Nusa Mandiri Ciracas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 134–141. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.6077
Vinatra, S., Bisnis, A., Veteran, U., & Timur, J. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–08.
Wiyarno, Apriani, E., Permana, I., & Asmoro, F. B. (2024). ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA , TEKNOLOGI INFORMASI , DAN MINAT BERWIRAUSAHA. 13, 1072–1082. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1130
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.27976
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: