Workshop teknik sitasi dan parafrase guna menghasilkan karya tulis ilmiah yang berkualitas

Hasnawati Hasnawati, Khaerun Nisa, Setiani Novitasari, Hikmah Ramdhani Putri

Abstract


Abstrak

Karya tulis ilmiah merupakan salah satu karya yang wajid di penuhi mahasiswa guna menyelesaikan pendidikan jenjang sarjana. Karya tulis ilmiah tersebut dapat berupa skripsi dan juga artikel ilmiah yang disusun berdasarkan hasil penelitian dari skripsinya. Akhir-akhir ini kecenderungan mahasiswa untuk memilih menyusun artikel sebagai pengganti sidang atau ujian skripsi semakin tinggi. Mahasiswa merasa lebih memilih menyusun artikel ilmiah daripada sidang skripsi. Sayangnya tingginya kecenderungan mahasiswa tersebut belum diimbangi dengan kemampuan mereka dalam menyusun artikel ilmiah yang baik dan layak untuk dipublikasikan. Dimana artikel ilmiah yang dihasilkan tersebut pertama minim referensi karena mengandalkan copy paste dari skripsi, tanpa diperpadat dan perkaya lagi dengan referensi yang sesuai dengan topik yang diangkat pada artikel ilmiah, kedua similiarity dari artikel yang dihasilkan sangat tinggi rata-rata di atas 50 %, disini terlihat bahwa mahasiswa sangat kesulitan dalam menyajikan ide atau dan memparafarse kalimat yang dirujuk dalam artikel, ketiga mahasiswa kesulitan mencari dan mencantumkan sumber primer dalam tulisan mereka, yang terjadi dalam satu naskah artikel banyak dicantumkan sumber rujukan sekunder yaitu kutipan pendapat si A dalam si B, dan seterusnya. Tiga point utama ini menyebabkan kualitas artikel ilmiah yang dihasilkan mahasiswa tingkat akhir masih sangat rendah. Kegiatan pengabdian ini tentu bertujuan  untuk  membantu dan memudahkan serta memberikan pemahaman kepada mahasiswa bagaimana menulis karya ilmiah yang berkualitas  dengan memperhatikan teknik sitasi paraphrase yang baik Tahapan dalam kegiatan workshop ini yaitu mulai tahap koordinasi, tahap promosi, tahap pelaksanaan serta tahap evaluasi dan pelaporan. Kegiatan workshop ini dilakukan di kampus 2 FKIP Universitas Mataram pada tanggal 24 Agustus 2024. Berdasarkan hasil pretes dan postes terdapat peningkatan pemahaman mahasiswa peserta Teknik Sitasi dan Parafrase Guna Menghasilkan Karya Ilmiah Yang Berkualitas serta berdasarkan hasil respon peserta terhadap kegiatan  workshop yang dilakukan rata-rata mahassiwa memberikan respon yang positif.  

 

Kata kunci: sitasi; parafrase; karya tulis ilmiah

 

Abstract

Scientific writing is one of the works that students must complete in order to complete undergraduate level education. The scientific writing can be in the form of a thesis and also a scientific article that is compiled based on the research results of their thesis. Lately, the tendency of students to choose to write articles as a substitute for thesis defense or exams has increased. Students feel they prefer to write scientific articles rather than thesis defense. Unfortunately, the high tendency of students has not been balanced by their ability to write good scientific articles that are worthy of publication. Where the scientific articles produced firstly have minimal references because they rely on copy paste from the thesis, without being further condensed and enriched with references appropriate to the topic raised in the scientific article, secondly the similarity of the articles produced is very high, on average above 50%, here It can be seen that students have great difficulty in presenting ideas or paraphrasing sentences referred to in the article, the three students have difficulty finding and including primary sources in their writing, what happens in one article manuscript is that many secondary reference sources are included, namely quotations of A's opinion in B, and so on. These three main points cause the quality of scientific articles produced by final year students to be very low. This community service activity certainly aims to help and facilitate and provide students with an understanding of how to write quality scientific papers by paying attention to good paraphrase citation techniques. The stages in this workshop activity are starting from the coordination stage, promotion stage, implementation stage and evaluation and reporting stage. This workshop activity was carried out at campus 2 FKIP, Mataram University on August 24, 2024. Based on the results of the pretest and posttest, there was an increase in the understanding of participating students on Citation and Paraphrase Techniques to Produce Quality Scientific Works and based on the results of participant responses to the workshop activities carried out, on average students gave a positive response

 

Keywords: citations; paraphrasing; scientific writing


Keywords


citations; paraphrasing; scientific writing

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., & Ikhlas, A. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menulis Karya Ilmiah Di Stkip Muhammadiyah Sungai Penuh. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(4), 6. https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i4.11565

Aina, M., H, B., SB, R., H, A., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Guru SMA 8 KOTA JAMBI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 30(September), 29=31.

Arief, I., & Handoko, H. (2016). Mengelola Referensi Publikasi Ilmiah. In D. A. W.P (Ed.), Mengelola Referensi Publikasi Ilmiah (Pertama). LPTIK Universitas Andalas. https://doi.org/10.25077/9786026061324

Cahnia, Z. A., Darubekti, N., & Samosir, F. T. (2021). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi Pada Penulisan Skripsi Mahasiswa. Palimpsest: Journal of Information and Library Science, 12(1), 48–54.

Goma, E. I., Saputra, Y. W., Sandy, A. T., & Ningrum, M. V. R. (2022). Pelatihan Mendeley Reference Dalam Mengelola Referensi Karya Tulis Ilimiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JPM-IKP), 5(1), 1–8. https://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/jpmikp/article/view/1194

Hidrawati, D., Budiati, A. C., & Rohmad, Z. (2020). Habituasi Plagiarisme Tugas Kuliah Di Kalangan Mahasiswa FKIP UNS Dhanis. Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi-Antropologi, 4(November), 274–282.

Kartanegara, M. (2005). Seni mengukir kata: kiat-kiat menulis efektif-kreatif. Mizan Learning Center.

Kosasi, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley desktop Mengelola Referensi Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa. SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat, 64–74.

Prayogi, A., & Shilla, R. A. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Optimalisasi Referensi Karya Ilmiah Menggunakan Reference Manager pada Mahasiswa Prodi PGMI FTIK Iain Pekalongan. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 45–46. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v2i1.874

Rahmiati. (2014). Analisis Kendala Internal Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 3(2), 329. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_daulah/article/view/1513

Rusnaf, R. (2014). Pentingnya Budaya Menulis Bagi Mahasiswa. Makalah. Watampone.

Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Stkip Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39. https://doi.org/10.25273/jta.v3i1.2165

Suparno, 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Negeri Malang Press.

Tarigan, Hendry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Press.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.28026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: