Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis canva pada guru SD Inpres Armopa IV Kabupaten Sarmi Papua
Abstract
Abstrak
Pelatihan ini bertujuan meningkatkan literasi digital guru di SD Inpres Armopa IV Kabupaten Sarmi melalui penggunaan Canva sebagai media pembelajaran. Pelatihan dilakukan dengan metode partisipatif, mencakup sesi intensif mengenai penggunaan fitur Canva untuk pembuatan media ajar yang interaktif dan visual. Tahapan meliputi analisis kebutuhan, pelatihan intensif, pendampingan, serta evaluasi dampak di kelas. Pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan guru dalam desain digital, menghasilkan media pembelajaran yang menarik, dan meningkatkan partisipasi serta pemahaman siswa. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa pelatihan teknologi digital dapat membantu mengurangi kesenjangan teknologi, khususnya di wilayah terpencil, dan meningkatkan kualitas pendidikan melalui media digital.
Kata kunci: literasi digital; media pembelajaran; canva; pendidikan digital.
Abstract
This training aims to enhance the digital literacy of teachers at SD Inpres Armopa IV in Sarmi Regency through the use of Canva as a learning medium. The training was conducted using a participatory approach, including intensive sessions on utilizing Canva features to create interactive and visually appealing teaching materials. The stages included needs analysis, intensive training, mentoring, and impact evaluation in the classroom. This training successfully improved teachers' digital design skills, resulting in engaging teaching materials and increasing student participation and comprehension. The results of service activities have demonstrated that digital technology training can help bridge the technology gap, especially in remote areas, and improve education quality through digital media.
Keywords: digital literacy; learning media; canva; digital education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfian AN, Putra MY, Arifin RW, Barokah A, Safei A, Julian N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84.
Basri, Syamsuriana, Fitrawahyudi Fitrawahyudi, Khaerani Khaerani, Ince Nasrullah, Ernawati Ernawati, Aryanti Aryanti, Sri Maya, Sitti Aisyah, & Irma Sakti. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 96–103. http://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65.
CS, Ansar, & Sahruni, A. Y. (2022). Survey Tingkat Pemahaman Guru Pgsd Dikjas Terhadap Penilaian Otentik. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2), 184–87. http://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.51688.
Darajatun, R. M., & Ma Ramdhany. (2021). Pengaruh Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka Terhadap Minat Dan Keterlibatan Mahasiswa. Journal of Business Management Education, 6(3), 11–21.
Darwis, Darwis, Dwi Atmono, Monry Frack Nicky Gillian Ratumbuysang, & Mahmudah Hasanah. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MA Ibitidaussalam. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 12(1), 85–91. http://doi.org/10.26740/jupe.v12n1.p85-91.
Fitriyadi, Herry. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 21(3), 269–84. http://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255.
Guntoro, Tri Setyo & CS, Ansar. (2022). Peningkatan Keterampilan Membuat Video Pendukung. Journal of Community Empowerment, 1(2), 75–81.
Hapsari, Gita Permata Puspita, Zulherman Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–94. http://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237.
Meirawati, Desak Ketut dkk. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pelajaran Bahasa Inggris Berbasis Task-Based Activity Untuk Guru Dan Siswa Sekolah Menengah Pertama Se Kecamatan Tembuku. Proceeding Senadimas Undiksha, 751–65.
Nugrahini, Yulia, Ika Rakhmawati, & Frita Devi Asriyanti. 2023. Pendampingan Dan Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Dengan Aplikasi powtoon Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Di Lingkungan Kabupaten Tulungagung. Journal Of Human And Education (JAHE) 3(4), 178–84. http://doi.org/10.31004/jh.v3i4.447.
Revola, Yashori Revola. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Merancang Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Menggunakan Aplikasi Canva. KENDURI : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(3), 100–114. http://doi.org/10.62159/kenduri.v3i3.985.
Rusli, Tiffany Shahnaz., Boari, Yoseb., Amelia, Dahlia., Rahayu, Dewi., Setiaji, Bambang, Suhadarliyah., Syarfina., CS, Ansar., Syahruddin., Amiruddin., Yuniwati, Ika. (2024). Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Tiarani, Nurfrida Aulia, & Rahmi Hidayati. (2024). Integrasi Pelatihan Dalam Pendidikan NonFormal Dalam Magang Untuk Pengembangan Profesional : Studi Kasus BKD Provinsi Banten. AMANAH: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(2), 86–91.
Yana, Dewi, and Adam Adam. (2019). Efektivitas Penggunaan Platform Lms Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dimensi, 8(1), 1–12. http://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1816.
Zettira, Salsa Billa Zulmi, Nur Asysyifa Febrianti, Zhafira Atika Anggraini, Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo, and Eka Tripustikasari. (2022). Pelatihan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara 2(2),99–105. http://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1524.
Ramadanti E, Arifin Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Bagi Anak Usia Dini Dalam Bingkai Islami Dan Perspektif Pakar Pendidikan. Kindergarten Journal Islam Early Child Education, 4(2), 173–87.
Resmini S, Satriani I, Rafi DM. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–43. http://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859
Tjahyanti LPAS, Pratama PA, Sutama GR, Saputra PS. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Teknologi Knowledge Guru Taman Kanak-Kanak (Tk) Pelita Kasih Singaraja. Jurnal Karya, 3(2), 1–6.
Yana D, Adam A. (2019). Efektivitas Penggunaan Platform Lms Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dimensi, 8(1), 1–12.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.28589
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: