Pendampingan Pojok Baca Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Sebagai Upaya Penerapan Gerakan Literasi di SDN 1 Sepit
Abstract
Abstrak
Pojok baca berperan penting dalam menciptakan budaya membaca yang konsisten. Melalui pojok baca, siswa didorong untuk terlibat dalam kegiatan membaca setiap hari, baik secara mandiri maupun bersama teman-teman. Kebiasaan ini secara perlahan akan membentuk minat baca yang lebih kuat penelitian ini bertujuan untuk memupuk kebiasaan membaca di kalangan siswa melalui implementasi pojok baca sebagai bagian dari Gerakan Literasi Sekolah di SDN 1 Sepit. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan pada siswa kelas 6, dengan melibatkan kepala sekolah, wali kelas, guru Bahasa Indonesia, dan 35 siswa sebagai subjek. Pojok baca dikelola oleh guru dan siswa, bertujuan untuk memperkenalkan sumber bacaan yang menarik guna menciptakan lingkungan belajar yang mendukung peningkatan pengetahuan dan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pojok baca menjadi inovasi yang efektif dalam menciptakan suasana baru yang kondusif bagi pembiasaan membaca di sekolah. Dukungan dari pemangku kepentingan, termasuk guru dan orang tua, berperan penting dalam menumbuhkan minat baca siswa. Kesimpulannya, implementasi pojok baca memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan minat baca dan perkembangan literasi siswa di SDN 1 Sepit.
Kata kunci: siswa; guru; pojok baca; SDN 1 sepit
Abstract
The reading corner plays an important role in creating a consistent reading culture. Through the reading corner, students are encouraged to be involved in reading activities every day, both independently and with friends. This habit will slowly form a stronger interest in reading, this study aims to foster reading habits among students through the implementation of reading corners as part of the School Literacy Movement at SDN 1 Sepit. This qualitative descriptive research was conducted on grade 6 students, involving the principal, homeroom teacher, Indonesian teacher, and 35 students as subjects. The reading corner is managed by teachers and students, aiming to introduce interesting reading resources to create a learning environment that supports the improvement of students' knowledge and critical thinking skills. The results of the study show that the reading corner is an effective innovation in creating a new atmosphere that is conducive to reading habits in schools. Support from stakeholders, including teachers and parents, plays an important role in fostering students' interest in reading. In conclusion, the implementation of the reading corner contributes significantly to the increase in reading interest and literacy development of students at SDN 1 Sepit
Keywords: student; teacher; readning corner; SDN 1 sepit
Keywords
References
Azhaar, P. S., & Bataha, K. (2023). Peningkatan Literasi Siswa SDN 3 Singotrunan Melalui Program 30 Menit Giat Membaca. 3(2), 288–299.
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 102–113.
Kurniawan, W., Anam Sutopo, & Minsih. (2021). Implementasi Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i1.31
Mansyur, U., Rusdiah, R., Taufik Hidayat, & Aulia Annisa. (2024). Penggunaan Pojok Baca dalam Mengoptimalkan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2630–2638. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3300
Nuraini, Z., & Amaliyah, N. (2024). Peran Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Jurnal Kependidikan, 13(3), 2789–2800.
Panjaita, I., Kuntarto, E., & Pamela, I. S. (2023). Peran guru dalam meningkatkan minat baca siswa. 08, 1039–1051.
Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Setiawati, S., & Mahmud, M. E. (2020). Studi Analisis Program Pojok Baca Dalam Menstimulasi Minat Baca Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Tahun Ajaran 2019-2020. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 85–98. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2311
Susetiyo, A., Yuanita, D. I., & Nisa, R. (2023). Implementasi Reading Corner Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Ibtida’, 04(02), 189–197. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida/article/view/581%0Ahttps://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida/article/download/581/591
Tristina, G., Putri, U., Utami, R. E., Agustini, F., & Badriyah, S. (2024). SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN BUGANGAN 01 KOTA SEMARANG. 5(5), 5383–5391.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–343. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.28783
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: