Pelatihan design grafis menggunakan Canva berbasis fitur AI untuk literasi digital di Madrasah Aliyah Nurul Basmalah Baros
Abstract
Abstrak
Tim Dosen dan Mahasiswa Informatika Fakultas Sains Universitas Sultan Maulana Hasanuddin Banten telah melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan di MA Nurul Basmalah Baros guna menjawab permaslahan mitra yakni belum optimalnya penggunaan fitur AI pada desain grafis. Tujuan PkM ini untuk membantu siswa mengenal, mendesign, dan menggunakan fitur AI dengan menggunakan Canva sebagai Tools dalam membuat sebuah desain literasi digital. PkM dilakuka dalam bentuk Pelatihan dengan Peserta pelatihan ini ialah siswa kelas XII MA Nurul Basmallah Baros. Tiga tahapan kegiatan PkM ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Survei kepuasan dilakukan menggunakan kuesioner, hasilnya menunjukkan bahwa PkM berjalan dengan baik dan dismbut baik oleh mitra. Sesuai dengan hasil survei yang diisi langsung oleh mitra yang terdiri dari indikator kesesuaian materi dengan kebutuhan mitra, serta kejelasan dan kemudahan memahami materi memperoleh 70% Sangat setuju dan 30% setuju, pelayanan Tim PkM dan kebermanfaatan teknologi bagi mitra memperoleh persentase yang sama yakni 80% Sangat setuju dan 20% setuju, waktu pelaksanaan kegiatan memperoleh persentase 65% Sangat setuju dan 35% setuju, serta rencana pelaksanaan tindak lanjut kegiatan memperoleh persentase 90% Sangat setuju dan 10% setuju.
Kata kunci: design grafis; AI; Canva; literasi digital
Abstract
The Informatics Lecturer and Student Team of the Faculty of Science, Sultan Maulana Hasanuddin University, Banten, has carried out Community Service (PkM) at MA Nurul Basmalah Baros to answer the partner's problem, namely the less than optimal use of AI features in Canva graphic design. The purpose of this PkM is to help students recognize, design, and use AI features using Canva as a tool in creating a digital literacy design. PkM is carried out in the training with the participants were class XII students of MA Nurul Basmalah Baros. The three stages of this Pk M activity include the preparation stage, the implementation stage, and the reporting stage. A satisfaction survey was conducted using a questionnaire, the results showed that PkM went well and was well received by partners. In accordance with the results of the survey filled out directly by partners consisting of indicators of the suitability of the material to the needs of partners, as well as the clarity and ease of understanding the material obtained 70% Strongly agree and 30% agree, the service of the PkM Team and the usefulness of technology for partners obtained the same percentage, namely 80% Strongly agree and 20% agree, the time of implementation of the activity obtained a percentage of 65% Strongly agree and 35% agree, and the plan for implementing follow-up activities obtained a percentage of 90% Strongly agree and 10% agree.
Keywords: graphic design; AI; Canva; digital literacy
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, R., Suprianto, D., Malang, K., Informatika, J. T., & Malang, P. N. (2018). Pelatihan Desain Grafis Dan Fotonovela Untuk Warga Desa Ngembal Kec. Wajak Kab. Malang Graphic And Photonovela Design Training For Citizens Of Ngembal Village, Wajak Malang District. 1(3), 219–226. https://doi.org/10.24198/kumawula.v1i3
Al-Kansa, B. B., Iswanda, M. L., Kamilah, N., & Herlambang, Y. T. (2023). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pola Hidup Manusia. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2966–2975. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.682
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108
Baharizqi, S. L., Muhtar, T., Herlambang, Y. T., Prasetya, F., Fahrozy, N., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Elementary School Journal Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Kompetensi Pedagogik Di Era Society 5.0: Sebuah Tinjauan Dalam Perspektif Pedagogik Kritis. 13(1), 2407–4937. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.46286
Dewojati, R. K. W. (2009). Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan. Imaji Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 7(2), 175–182.
Febriyanti, R. H., & Sundari, H. (2023). Penerapan Penggunaan Platform Materi Video Animasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Daring. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 227. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.10215
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., Ramadhany, Z., & Putri, K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1).
Kominfo, A. (2023). Status Literasi Digital di Indonesia 2022.
Muarif, M. F., Syafrizal, R., Ulum, M., & Raka Pratama, S. (2024). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Fisika Berbasis Sensor dan Mikrokontroler di SMK Pelita Persada Kota Tangerang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1674–1685. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.24157
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. http://www.tempo.co/read/news/2010/12/23
Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya (Vol. 1, Issue 1).
Putra, D. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 88–93. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.17
Rosenberg, M. Jeffrey. (2001). E-learning : strategies for delivering knowledge in the digital age. McGraw-Hill.
Rusydi. (2017). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Warta, 53.
Suryadi, S. (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Informatika: Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 3(3), 9–19.
Sutjipto. (2016). Pengembangan Kurikulum Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Kumunikasi, Suatu Gagasan. Kwangsan, 4(2), 119–137.
Yanti, Sumiarsih, M., Sutisna, A., Rusdja, A. P., & S, Y. (2024). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Siswa Smk Tarbiyatul Aulad Menggunakan Software Corel Draw. Abdi Makarti, 3(1), 17–24.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.28877
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: