Pelatihan media pembelajaran virtual lab menggunakan PhET simulation pada materi konsentrasi di SMAN 3 Kota Serang

Ade Irmadiki Agipa, Shobri Shobri, Roza Ruspita, Muhamad Fajar Muarif, Afnan Ridzka Putri Wirardi, Siti Ilsa Nurhaliza, Selly Intansya

Abstract


Abstrak

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dilakukan oleh Tim Dosen Fakultas Sains Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten di SMAN 3 Kota Serang yang bertujuan untuk menanamkan pemahaman dan konsep praktikum virtual menggunakan PhET simulation pada materi Konsentrasi. Peserta pelatihan ini adalah siswa kelas XII SMAN Kota Serang. Tahapan kegiatan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Kegiatan PkM berjalan lancar dan disambut baik oleh mitra. Hal ini dilihat dari hasil survey yang diisi langsung oleh mitra yang terdidi dari enam indikator kepuasan mitra. Berdasarkan survey terdapat 45% siswa/mitra sangat setuju, 51% setuju dan 4% tidak setuju terhadap pernyataan pada 6 indikator kepuasaan mitra, sementara sangat tidak setuju terhadap 6 indikator kepuasan mitra terdapat 0%. Apabila dilihat pada respon mitra setuju dan sangat setuju maka diperoleh jumlah 96%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini dikatakan berhasil karena lebih dari dari 90% mitra merespon baik kegiatan ini.

 

Kata Kunci: virtual lab; PhET simulation; konsentrasi.

 

Abstract

Community Service (PkM) was carried out by the Lecturer Team at the Faculty of Science, Sultan Maulana Hasanuddin State Islamic University, Banten at SMAN 3, Serang City, which aims to instill understanding and concepts of virtual practicum using PhET simulation in Concentration material. Participants in this training are class XII students at SMAN Kota Serang. The activity stages are the preparation stage, implementation stage and reporting stage. PkM activities ran smoothly and were well received by partners. This can be seen from the results of a survey filled out directly by partners consisting of six indicators of partner satisfaction. Based on the survey, 45% of students/partners strongly agreed, 51% agreed and 4% disagreed with the statement on the 6 indicators of partner satisfaction, while 0% strongly disagreed with the 6 indicators of partner satisfaction. If we look at the partner responses agreeing and strongly agreeing, the figure is 96%, so it can be concluded that this activity was said to be successful because more than 90% of partners responded well to this activity.

 

Keywords: virtual lab; PhET simulation; concentration.


Keywords


virtual lab; PhET simulation; concentration.

Full Text:

PDF

References


Abdjul, T., Nova, D., & Ntobuo, E. (n.d.). Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. In Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) (Vol. 7).

Ajredini, F., Izairi, N., & Zajkov, O. (2013). Real Experiments versus Phet Simulations for Better High-School Students’ Understanding of Electrostatic Charging. In European J of Physics Education (Vol. 5).

Arfika, N. (2024). Penggunaan Laboratorium Virtual PhET sebagai Media Pembelajaran IPA pada Siswa kelas V SD Negeri 050611 Aman Damai. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 631–637.

Astuti, I. A. D., & Handayani, S. (2018). Penggunaan Virtual Laboratory berbasis PhET Simulation Untuk Menentukan Konstanta Wien. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.2487

Aviana, R., & Fatichatul Hidayah, F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 30–33.

Dedi Holden Simbolon, & Eka Kartika Silalahi. (2023). Virtual Laboratory-Based Physics Learning “PhET Simulation” to Improve Student Learning Activities. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 461–468. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i3.61001

Lestari, L., Aprilia, L., Fortuna, N., Cahyo, R. N., Fitriani, S., Mulyana, Y., & Kusumaningtyas, P. (2023). Review: Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.15008

Maharani, S., Muliyono, S., & Putri, E. R. (2022). Kaitan Konduktivitas Listrik Dengan Konsentrasi Larutan Garam Dapur. Progressive Physics Journal, 3(2), 2722–7707. http://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/ppj/indexHalaman|157

Marpaung, R. R., Aziz, N. R. N., Purwanti, M. D., Sasti, P. N., & Saraswati, D. L. (2021). Penggunaan Laboratorium Virtual PhET Simulation sebagai Solusi Praktikum Waktu Paruh. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(2), 110–118. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i2.12213

Muarif, M. F., Syafrizal, R., Ulum, M., & Raka Pratama, S. (2024). Pelatihan pembuatan alat peraga pembelajaran fisika berbasis sensor dan mikrokontroler di SMK Pelita Persada kota Tangerang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1674–1685.

Qomariyah, N., Wirawan, R., Hiden, Minardi, S., & Hudha, L. S. (2022). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Fisika untuk Madrasah Aliyah (MA). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 103–106. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.1373

Raini, Y. (2020). Simulasi PhET sebagai Media Pembelajaran pada Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik di SMA Taruna Terpadu Bogor. Hasil Penelitian Dosen Universitas Ibn Khaldun Bogor, 64–78. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/prosiding/index

Rizal, C., Fachri, B., Pengetahuan Alam, I., & Islam Al Ulum Terpadu, S. (2023). Pembelajaran Dengan Media PhET Simulator Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (Juribmas), 2(2), 206–210. https://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas

Ruspita, R., Irmadiki Agipa, A., Ilsa Nurhaliza, S., & Intansya, S. (2024). Pelatihan pembuatan struktur kimia menggunakan software chemdraw bagi siswa SMA Daar El-Qolam 2 kabupaten Tangerang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1111–1120.

Setiyo Wibowo, W., Maryanto, A., Nurohman, S., & Rahmawati, L. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Phet Interactive Simulations sebagai Sarana Praktikum Dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru MGMP IPA MTS Kabupaten Sleman. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(2), 142. https://doi.org/10.21009/sarwahita.202

Silahuddin, A., Misbahul, S., Gumawang, U., Desa, B. J. I., Merah, T., Belitang, K., Raya, M., Oku, K., & Sumatera-Selatan, T. P. (2022). Pengenalan Klasifikasi, Karakteristik, dan Fungsi Media Pembelajaran MA Al-Huda Karang Melati. Idaaratul’Ulum (Jurnal Prodi MPI), 4(2), 162–175.

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278

Theasy, Y., Bustan, A., Nawir, M., & Kunci, K. (2021). Penggunaan Media Laboratorium Virtual PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika. VARIABEL, 4(2), 39–45.

Warsiki, A. A. P. (2023). PhET Interactive Simulations Berbasis Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Asam Basa. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 133–140. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60456

Yaqutu Burhani, S. N., Hakim, A., Hadisaputra, S., & Burhanuddin, B. (2022). Analisis Media Pembelajaran PhET Simulations Berbasis Laboratorium Virtual Terhadap Minat Belajar Kimia Selama Masa Pandemi COVID-19. Chemistry Education Practice, 5(2), 193–201. https://doi.org/10.29303/cep.v5i2.3062




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.28885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: