Pemberdayaan kelompok pengolahan-pemasaran (Poklahsar) dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat nelayan
Abstract
Abstrak
Kegiatan ini dilaksanakan pada Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Ikan Kasiak Badoro, Kota Padang. Kelompok ini berfokus pada pengolahan ikan menjadi ikan kering yang dijual di pasar, perkantoran, dan secara online. Kelompok ini belum bisa memasarkan produknya ke pasar swalayan karena belum memiliki logo merek dan izin PIRT (Produk Industri Rumah Tangga) sebagai syarat untuk memasarkan produk di sana. Kelompok ini juga belum mengetahui cara mengurus PIRT. Untuk pemasaran secara online, kelompok ini memanfaatkan media sosial Facebook untuk menjual produknya namun hanya melalui akun ketua Poklahsar. Pemasaran di media sosial dilakukan hanya sebagai usaha sampingan apabila terjadi kelebihan produk yang dihasilkan. Untuk mengatasi permasalahan mitra, maka dilakukan kegiatan pendampingan dan pelatihan dengan hasil sebagai berikut: (1) Kelompok dapat membuat produk olahan ikan menjadi makanan olahan siap saji atau Frozen Food, (2) Kelompok memiliki pemahaman terkait pendaftaran PIRT, dan (3) Kelompok memiliki keterampilan dalam memasarkan produk secara online.
Kata kunci: nelayan; pemasaran; manajemen.
Abstract
This community service was held at the Kasiak Badoro Processing and Marketing Group in Padang City. This group focuses on processing fish into dried fish sold in markets, offices, and online. The group has not been able to market its product to supermarkets because it does not yet have a brand logo and PIRT (Household Industry Food) permit as a requirement to market products there. The group also does not know how to apply for PIRT. For online marketing, the group uses Facebook social media to sell its products but only through the account of the Poklahsar chairman. To overcome various problems, training and focus group discussions were carried out with the following results: (1) The group can make processed fish products into ready-to-eat processed foods or Frozen Food, (2) The group has an understanding related to PIRT registration, and (3) The group has skills in marketing products online.
Keywords: fishermen; marketing; management.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S., Daud, L., Bunyamin, & Purwanti, R. E. (2020). Pengembangan Dan Pemasaran Online Produk Aneka Olahan Ikan Sebagai Sumber Pendapatan Altenatif Wanita Nelayan Di Masa Pandemi Covid -19 Di Kelurahan Purirano Kota Kendari. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2020) Universitas Widyagama Malang, 02 Desember 202, Ciastech.
Apriliani, D., Mulfiza, F., Nurnidar, N., Kiflah, M., Khalil, M., Liswandi, L., Bungsu, P., Mardhiah, A., Isfanda, I., Nurhayati, N., & Handayani, L. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN LUMPIA IKAN TONGKOL SEBAGAI BENTUK KAMPANYE GEMAR MAKAN OLAHAN IKAN UNTUK MENCEGAH STUNTING SEJAK DINI. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.47647/alghafur.v2i2.1847
Ardiyansyah, J., Budiwati, H., & ... (2021). Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Lele Di Kampung Lele Lumajang. Jobman: Journal of ….
Asmirelda, L., Rahardjo, Y. F., Megawati, N. M. D., Rajagukguk, Y., Octaviani, E. S., & Oktaria, H. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Melalui Inkubator Bisnis Dalam Mengolah Hasil Laut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Batam, 2(1). https://doi.org/10.30871/abdimaspolibatam.v2i1.1342
Dasman, S., & Sasongko, A. T. (2023). PEMANFAATAN MEDIA ONLINE DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN PATIN. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6). https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i6.966
Dewi, N. S. D., Putri, D. A. P. A. G., Wardani, K. D. K. A., & Indrashwara, D. C. (2023). Pendampingan Umkm Desa Sulahan Dalam Eskalasi Kualitas Produk Jajan Upakara Untuk Mendapatkan Izin Edar BPOM. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3). https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1790
Diniarti, N., Cokrowati, N., Setyowati, D. N., & Mukhlis, A. (2020). EDUKASI NILAI GIZI IKAN MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MAKANAN OLAHAN BERBAHAN BAKU IKAN TONGKOL. Abdi Insani, 7(1). https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v7i1.300
Fatah, A., & Lisa, N. P. (2022). Pengembangan Potensi Lokal Pesisir Mengolah Ikan Menjadi Nugget Guna Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Nelayan di Seuneubok Aceh. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.54082/jamsi.250
Guttifera, G., Sari, S. R., Rizki, R. R., & Yovandre, E. (2023). PELATIHAN SERTIFIKASI BALAI BESAR POM DAN HALAL BAGI POKLAHSAR RUMAH LELE ATHALLAH SERTA SIVITAS AKADEMIK UNIVERSITAS SUMATERA SELATAN. Jurnal Abdi Insani, 10(1). https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i1.876
Imron Mawardi, Tika Widiastuti, Yossy Imam Candika, & Muhammad Ubaidillah Al Mustofa. (2022). PENINGKATAN PENDAPATAN NELAYAN TRADISIONAL MELALUI PENDAMPINGAN MANAJEMEN USAHA DAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 6(2). https://doi.org/10.20473/jlm.v6i2.2022.267-276
Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.18
Kurniawan, M. F., Septiawan, D., Andrian, Z., Anggraini, D., Nisa, A. K., Zahira, S. T., Rizqi, A., Kemal Asyidiq, M., Widyastuti, & Pratama, Z. F. (2022). PENDAMPINGAN PERIZINAN PIRT DAN SERTIFIKASI HALAL PRODUK BAKPIA DAN MAKANAN RINGAN PELAKU UMKM DUSUN LOPATI, TRIMURTI, SRANDAKAN, BANTUL. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 6(2). https://doi.org/10.35326/pkm.v6i2.3231
Lestary, T. T., Laily, A., Permatasari, A. E., Kebidanan, J., Kesehatan, I., & Tarakan, B. (2022). Pelatihan Pembuatan Makanan Tambahan dari Olahan Ikan dalam Upaya Pencegahan Stunting di Desa Sesua Kabupaten Malinau. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1).
Maro’ah, S. (2016). Pemasaran Produk Olahan Ikan Laut Ukm Kenjeran Surabaya Berbasis Marketing Mix Syariah. Jurnal Balance, XIII(2).
Ningrum, R. A., Kinasih, K. N., Asrin, D. I., Ayu, A. A., Sari, E. D. Y., Kusuma, N. M., Quamilla, J. V., & Yuliani, M. G. A. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM SOSIALISASI PENGOLAHAN DAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN AIR TAWAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT TERHADAP PEREKONOMIAN DI DESA TAPEN KECAMATAN TAPEN KABUPATEN BONDOWOSO. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 5(1). https://doi.org/10.20473/jlm.v5i1.2021.158-166
Nugraha, J. P., & Suseno, D. A. N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Bandeng di Tengah Pandemi Covid-19 Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM di Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Transformasi: Jurnal Studi Agama Islam, 14(2).
Purtina, A., Sonedi, S., & Syarif, A. (2022). Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Unggulan Olahan Hasil Ikan bagi Masyarakat Desa Wisata Ujung Pandaran. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3). https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5816
Putra, A. B. N. R., Ulfatin, N. U., Wahyuni, W. W., & Sumarli, S. (2022). PEMBINAAN EKONOMI KREATIF UMKM DESA SUMBERDEM MELALUI PENDAMPINGAN NIB, SERTIFIKASI HALAL DAN BPOM. Prosiding Hapemas, 3(1).
Riniwati, H., Wati, L. A., Waluyo, E., Wardani, M. P., & Sofiati, D. (2020). Model Optimasi Distribusi Pemasaran Produk Olahan Ikan Lele. Journal of Economic and Social of Fisheries and Marine, 8(1).
Sholeh, Q. N., Syarief, R., Suwandi, R., & Hidayat, T. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Olahan Ikan Beku di PT XYZ. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 25(2). https://doi.org/10.17844/jphpi.v25i2.38833
Sofia, L. A., & Yunita, R. (2021). Perluasan pasar produk olahan ikan patin melalui perbaikan kemasan dan promosi daring. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1). https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.11860
Wahyudi, T., Refi Pratiwi, Intan Puspanita, Asih Machfuzhoh, Muhamad Fakhrudin, Muhammad Abduh, & Galih Ginanjar Saputra. (2023). Dissemination of Halal Certification, BPOM and Tax Reporting to Malingping Fish Meatball UMKM. Kreativasi : Journal of Community Empowerment, 1(4). https://doi.org/10.33369/kreativasi.v1i4.26227
Yusuf, M., & Wisnujati, A. (2022). PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN LELE MENJADI PRODUK FROZEN FOOD BERNILAI EKONOMI DUSUN PANDES BANTUL YOGYAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.44.891
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29044
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: