Pelatihan pengelolaan media digital website untuk membangun branding sekolah pada SMA Bukit Barisan Kota Padang
Abstract
Abstrak
SMA Bukit Barisan merupakan sekolah swasta di kota Padang yang masih kurang dalam pemanfaatan media digital website untuk mempromosikan citra positif kepada masyarakat luas. Pemanfaatan media digital website sebagai alat komunikasi dan informasi menjadi penting dalam konteks administrasi sekolah. Website bukanlah hanya sebagai alat administrasi tetapi juga sebagai platform komunikasi yang sangat efektif antara sekolah, orang tua, siswa dan masyarakat. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan 1) Memberikan pelatihan bagi Tenaga Administrasi Sekolah dan guru agar dapat meningkatkan softskill digitalisasi sehingga mampu mengelola website sekolah dengan menyediakan berbagai informasi terkini terkait keunggulan sekolah dan dikemas dengan tampilan yang menarik. 2) Meningkatkan kemampuan guru dalam menulis artikel berita yang akan di publikasikan pada website sekolah. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh guru dan staf yang berjumlah 20 orang. Pelatihan ini terdiri dari beberapa sesi yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pelatihan terdapat perubahan dalam peningkatan kemampuan guru dan staf dalam peningkatan skill mengelola website dan menulis artikel berita yang diperoleh dari hasil posttest dan kuesioner yang telah dikerjakan. Disimpulkan bahwa 70% guru dan staf sekolah telah meningkat kompetensinya dalam pengelolaan website yang diukur melalui post-test yang diberikan kepada mereka terkait penulisan artikel dan pengungagahan yang dilakukan masing-masing individu ke dalam website sekolah.
Kata kunci: pengelolaan; media digital website; branding sekolah
Abstract
SMA Bukit Barisan is a private school in Padang that still lacks the utilization of digital media websites to promote a positive image to the wider community. The use of digital media websites as a tool for communication and information has become important in the context of school administration. The website is not just an administrative tool but also a highly effective communication platform between the school, parents, students, and the community. This Community Service Program aims to 1) Provide training for School Administration Staff and teachers to enhance their digitalization soft skills, enabling them to manage the school website by providing various up-to-date information related to the school's strengths, presented in an attractive format. 2) Improving teachers' ability to write news articles that will be published on the school website. This training was attended by all 20 teachers and staffs. The training consisted of several sessions, namely observation, materials, and evaluation. The training results show changes in the improvement of teachers' and staff's abilities in enhancing skills to manage websites and write news articles, as obtained from the posttest results and questionnaires that have been completed. It was concluded that 70% of teachers and school staff have improved their competence in website management as measured by the post-test given to them regarding article writing and uploading by each individual to the school website.
Keywords: media digital; website; school branding
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfia Purwandari, D. (2024). STRATEGI MEMBANGUN SCHOOL BRANDING GUNA MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH SMP NEGERI 281 JAKARTA. Lentera: Multidisciplinary Studies, 2(3). https://lentera.publikasiku.id/index.php
Cahyasari, D., Anthonio, M. A., Hadibrata, L., & Arifin, A. (2024). SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Optimalisasi pelayanan publik melalui pembangunan ulang website desa: integrasi media informasi dan promosi.
Deddiliawan Ismail, A., Farida Jamil, A., Kunci, K., Humas, M., Sekolah, K., & SMK Muhammadiyah, W. (2018). MANAJEMEN HUMAS SMK MUHAMMADIYAH 9 WAGIR UNTUK MENINGKATKAN KREDIBILITAS SEKOLAH. 2(1).
Fahmi, A., & Windasari. (2022). PERAN WEBSITE SEBAGAI SARANA BRANDING SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(2), 330–340.
Hamsia, W., Setiyawan, R., Khasanah, S. U., Roisiah, R. R., & Firdaus, A. N. (2023). Digital Marketing dalam Penguatan Branding Sekolah bagi Pengelola Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 7 Surabaya (Vol. 2, Issue 1).
Ilhami, M., & Sufarnap, E. (2023). PENGEMBANGAN WEBSITE UNTUK PESANTREN DARUL MUNAWWARAH AL-MADANI DI KABUPATEN DELI SERDANG. 7.
Kusumaningtyas, K., Nugroho, E. D., & Priadana, A. (2021). Penerapan dan pendampingan pengelolaan website sekolah di SMP Negeri 4 Jombang. Kacanegara Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 195–202.
Mustika. (2020). STRATEGI MEMBANGUN SCHOOL BRANDING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SEKOLAH DI SMK DR. SOETOMO SURABAYA. Jurnal Manajerial Bisnis, 4(1), 11–19. https://doi.org/10.37504/jmb.v4i1.278
Puspaningtyas, M., Tri Azizah, F., & Didakus Ranggus, H. P. (2022). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Branding Sekolah Adiwiyata SDN Pandanrejo 02 (Vol. 3, Issue 2).
Rachmat, S. N., Haes, E., Puspitadewi, A. A., Ayu, G., Wirasanti, P., & Abubakrin, K. P. (2022). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PERANCANGAN VIDEO BRANDING DESA WISATA CAU BELAYU KABUPATEN TABANAN. 6(1).
Saat Ibnu Waqfin, M., Komari, M., Andriani, R., Muhibuddin, A., Wahab Habsullah, K. A., A Wahab Hasbullah, U. K., Tumbuhan, P., & Brawijaya, U. (2021). Strategi Branding untuk Membangun Identitas Brand dalam Meningkatkan Pemasaran di Desa Bandarkedungmulyo Jombang (Vol. 2, Issue 1).
Sumowono, M., Peningkatan, :, Sekolah, K., Teknologi, B., Mardliyah, S., Aska Pratama, A., & Wijayatiningsih, T. D. (2023). Pelatihan Pembuatan Website pada Guru-Guru SMA (Vol. 4, Issue 2). https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/418
Sunarti; Bafadal, A. S., & Cahyo Widyo Sulistyo, M. (2022). PEMBUATAN DAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN WEBSITE RESMI MUSEUM BRAWIJAYA SEBAGAI DISEMINASI MEMORI KOLEKTIF DAN NILAI-NILAI NASIONALISME. https://profit.ub.ac.id
Susanti, E., Sutanta, E., Yanwastika Ariyana, R., Cahyo, N., & Khasanah, R. (2022). PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL BPMP YOGYAKARTA. 6. https://bpmpjogja.kemdikbud.go.id/.
Susilo, M. J. (2022). STRATEGI BRANDING SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN ANIMO SISWA DAN AWARENESS MASYARAKAT. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 12(1), 1–6.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29179
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: