Sosialisasi cerita panji sebagai materi cerita rakyat di SMP Kota Kediri
Abstract
Abstrak
Cerita Panji, sebagai bagian dari kearifan lokal Kediri, memiliki nilai historis dan moral yang penting untuk dilestarikan. Namun, kurangnya pengetahuan siswa SMP Kota Kediri tentang cerita Panji mendorong perlunya upaya sosialisasi dan integrasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pengabdian ini menguraikan kegiatan pengabdian yang berfokus pada sosialisasi cerita Panji kepada guru-guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Kediri. Kegiatan ini dilakukan pada Selasa, 17 Desember 2024, bertempat di SMP Plus Rahmat Kota Kediri, dengan peserta berjumlah 50 orang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan tahapan yang meliputi persiapan, sosialisasi, diskusi, evaluasi, dan monitoring. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru mampu mengintegrasikan cerita Panji secara inovatif dalam pembelajaran, meningkatkan keterampilan literasi siswa sekaligus memperkenalkan nilai-nilai budaya lokal. Meski menghadapi tantangan waktu yang terbatas, kegiatan ini membuka peluang besar untuk pelestarian budaya lokal melalui pendidikan sastra yang kreatif dan relevan. Dengan demikian, sosialisasi cerita Panji tidak hanya memperkaya pembelajaran Bahasa Indonesia, tetapi juga memperkuat identitas budaya generasi muda.
Kata kunci: cerita panji; cerita rakyat; pembelajaran sastra; sosialisasi
Abstract
Panji stories, as part of Kediri local wisdom, have historical and moral values that are important to preserve. However, the lack of knowledge of Kediri City junior high school students about Panji stories encourages the need for socialization and integration efforts in Indonesian language learning. This service outlines a service activity that focuses on the socialization of Panji stories to teachers who are members of the Kediri City Junior High School Indonesian Language MGMP. This activity was carried out on Tuesday, December 17, 2024, at SMP Plus Rahmat Kediri City, with 50 participants. This research uses descriptive qualitative methods, with stages including preparation, socialization, discussion, evaluation, and monitoring. The results of the activity showed that teachers were able to integrate Panji stories innovatively in learning, improving students' literacy skills while introducing local cultural values. Despite the challenges of limited time, this activity opens up great opportunities for the preservation of local culture through creative and relevant literary education. Thus, the socialization of Panji stories not only enriches Indonesian language learning, but also strengthens the cultural identity of the younger generation.
Keywords: panji story; folklore; literature learning; socialization
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Faradilla, A., Lapasere., & Rizal., Wahyuni., P. (2024). Peran Guru terhadap Keterampilan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Aulia. Jurnal Basicedu, 8(4), 3426–3435. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Fitri, H., Izzatin, M., & Ferryansyah, F. (2019). Pengembangan Buku Saku Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar pada Materi Bilangan. Mathematics Education And Application Journal (META), 1(1), 8-18.
Kharis, A., Permana, A., Purba, E. S., Fuadah, R. Y., Angraeni, S. S., & Aryani. (2021). Penguatan Literasi Melalui Cerpen Dan Dongeng. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(02), 66–71.
Lestari, W., Kusumaningsih, W., Nikmah, U. (2024). Analisis Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkan Literasi Budaya melalui Pembelajaran Pantun. Jurnal Basicedu, 8(4), 3312–3321. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Retorika, 9, 158–163.
Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815
Muharromah, W & Syah, E. (2024). Nilai Budaya pada Kanal YouTube Dongeng Kita sebagai Implikasi Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 2477–2143.
Nurlaela, C., & Qadriani, N. (2021). Realisme Magis dalam Novel Natish Persembahan Terakhir Karya Khrisna Pabichara. Desember, 4(2), 137–162. http://journal.fib.uho.ac.id/index.php/cakrawalalistra10.33772/cakrawalalistra.v4i2.1407
Peuuma, M. D., Pranoto, A., & Damayanti, R. (2023). Pembelajaran Sastra Yang Menarik Dan Menyenangkan. Sarasvati, 4(2), 190. https://doi.org/10.30742/sv.v4i2.2615
Pingge, H. D. (2017). KEARIFAN LOKAL DAN PENERAPANNYA DI SEKOLAH CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk provided by Jurnal STKIP Weetebula. Jurnal Edukasi Sumba, 01(02), 128–135.
Purwati, S. (2018). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca dan Menghafal Surah Pendek. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4(1), 173–187.
Puspitoningrum, E. (2023). Sastra Anak: Pedoman Guru dalam Bersastra Anak. Penerbit Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Puspitoningrum, E. (2024). Eksistensi Nilai Personal dalam Cerita Rakyat Kearifan Lokal Kediri (Kajian Sastra Anak). Jurnal Ilmiah FONEMA: Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 19–41.
Puspitoningrum, E., Waryanti, E., Sasongko, S. D., Pitoyo, A., Rahmayantis, M. D., Lailiyah, N., Ilham, C., Putra, R., Eka, R., Pitaloka, W., Kurniawan, D. R., Studi, P., & Pembelajaran, P. (2023). Pelatihan Implementasi Paradigma Pembelajaran Bahasa Indonesia Terkini Bagi Guru Mgmp Bahasa Indonesia Kota Kediri. Communnity Development Journal, 4(6), 11347–11352.
Stevani, A. M., Nugraheni, N., Semarang, U. N., Semarang, K., & Tengah, J. (2024). Optimalisasi Literasi Digital untuk Mencapai Pendidikan Berkualitas Menuju Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Sustainable, 2(4), 216–222. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/1944/2017
Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5050
Waryanti, E. (2015). Pembelajaran sastra berbasis karakter. Ilmiah Buana Bastra: Bahasa, Susastra, Dan Pengajaranya, 2(2), 156–164.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29255
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: