Peran mahasiswa KKN plus dalam peningkatan manajemen pesantren dan pendidikan teknologi digital untuk santri
Abstract
Abstrak
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Plus di Pondok Pesantren Kebon Jambu Al Islamy bertujuan untuk meningkatkan kapasitas manajerial pesantren dan literasi digital santri serta pengurusnya. Pesantren ini, yang berlokasi di Cirebon, menghadapi tantangan dalam pengelolaan dan digitalisasi, terutama karena keterbatasan sumber daya dan pengetahuan teknologi. Program ini melibatkan 10 mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan sebagai pelaksana utama. Mitra sasaran terdiri dari santri dan pengurus pesantren. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui berbagai metode, termasuk pelatihan, diskusi, pendampingan, praktik, dan lokakarya. Beberapa program utama meliputi pendampingan manajemen sumber daya manusia, pengelolaan keuangan berbasis teknologi, lokakarya perencanaan karier, dan pembuatan SANIBOT, robot sabun otomatis berbasis Arduino. Evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan manajerial dan literasi digital para peserta. Lebih dari 80% peserta melaporkan peningkatan keterampilan pada bidang yang dilatih, sedangkan SANIBOT memberikan solusi praktis yang mendukung kebersihan di pesantren. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis partisipasi efektif dalam mengatasi kendala manajerial dan teknologi di pesantren. Program ini memiliki potensi untuk direplikasi dan dikembangkan lebih lanjut di pesantren lain guna mendukung transformasi pendidikan berbasis pesantren di era digital.
Kata kunci: kuliah kerja nyata; kapasitas manajerial; literasi digital; pesantren.
Abstract
The Community Service Program Plus at the Kebon Jambu Al Islamy Islamic Boarding School aimed to enhance the managerial capacity of the pesantren and the digital literacy of its students and administrators. Located in Cirebon, this pesantren faces challenges in management and digitalization, primarily due to limited resources and technological knowledge. The program involved 10 students from the Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan as the primary executors. Targeted partners included students and pesantren administrators. The activities were conducted using various methods, including training sessions, discussions, mentoring, hands-on practices, and workshops. Key programs included human resource management mentoring, technology-based financial management, career planning workshops, and the creation of SANIBOT, an automatic soap-dispensing robot powered by Arduino. Evaluation results indicated significant improvements in managerial capabilities and digital literacy among the participants. Over 80% of participants reported enhanced skills in their respective fields, while SANIBOT provided practical solutions for maintaining cleanliness at the pesantren. The results of this program demonstrate that participatory approaches effectively address managerial and technological challenges in the pesantren. This program has the potential to be replicated and further developed in other pesantren to support the transformation of Islamic education in the digital era.
Keywords: real work lecture; managerial capacity; digital literacy; boarding school.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alisalman, M. (2022). Pembelajaran Partisipatif Sebagai Metode dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.48572
Arrahman, R., & Bella, C. (n.d.). RANCANG BANGUN PINTU GERBANG OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO UNO R3. In Portaldata.org (Vol. 2, Issue 2).
Dinata, R. O., Said, H. S., & Lestari, T. U. (2023). WORKSHOP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PESANTREN DI PONDOK PESANTREN MODERN AS SURUUR KABUPATEN BANDUNG. Prosiding COSECANT : Community Service and Engagement Seminar, 2(2). https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i2.18657
Harmathilda, H., Yuli, Y., Hakim, A. R., & Supriyadi, C. (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA MODERN : ANTARA TRADISI DAN INOVASI. Karimiyah, 4(1), 33–50. https://doi.org/10.59623/karimiyah.v4i1.51
Helga Ardiansyah, I. N., Ainul Muiz, H., Rokhim, R., & Ma, Z. (2024). Strategi Pendampingan dalam Pengembangan Lembaga BIMBEL. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.47077/Ta
Junaidi, K., & Hitami, M. (2024). Strategi Pembinaan Guru ….173. Instructional Development Journal (IDJ, 1, 173–184. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ
Karimah, U., Mutiara, D., Rizki, R., & Farhan, M. (2023). Pondok Pesantren dan Tantangan: Menyiapkan Santri Tangguh di Era Society. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 42. https://doi.org/10.30659/jspi.6.1.42-59
Krisdiyanto, G., Elvina Sahara, E., & Mahfud, C. (2019). SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DAN TANTANGAN MODERNITAS. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(01), 11–21.
Li, K., Zhu, A., Zhao, Song, Liu, & Jiabei. (2024). Utilizing Deep Learning to Optimize Software Development Processes. Journal of Computer Technology and Applied Mathematics, 1(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.11084103
Muthmainnah, Y. (2024, September 18). KKN Plus, Ruang Perjumpaan Muhammadiyah-NU. Https://Mediaindonesia.Com/Opini/701904/Kkn-plus-Ruang-Perjumpaan-Muhammadiyah-Nu.
Norman, E., Paramansyah, A., Pahlawati, E., & Mutaqim, I. (2024). PENGUATAN SISTEM MANAJEMEN BERBASIS TEKNOLOGI DI PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN. PANDALUNGAN, 03. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v3i1.1928
Nuraeni, R., Pattiasina, P. J., & Ulfah, A. (2022). Peran Literasi Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 659. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1045
Sahidin, S., Alam, S., Program Studi Teknik Elektro, A., Muhammadiyah Parepare, U., & Jenderal Ahmad Yani, J. K. (2021). MESIN CUCI TANGAN OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR PROXIMITY DAN DFPLAYER MINI BERBASIS ARDUINO UNO Informasi Artikel (Vol. 1, Issue 1). http://jurnal.umpar.ac.id/indeks/jmosfet▪1
Sepriano, & Ardiyansa, M. (2022). MEMBUAT BLOG PRIBADI MENJADI. JUISIK, 2(2). http://journal.sinov.id/index.php/juisik/indexHalamanUTAMAJurnal:https://journal.sinov.id/index.php
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29394
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: