Pemberdayaan dhuafa melalui wirausaha galon: implementasi praktis nilai surah Al-Ma'un
Abstract
Program pemberdayaan ekonomi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dhuafa melalui penyediaan modal usaha mikro berbasis kebutuhan lokal. Mitra sasaran adalah nenek Tusiarti, seorang lansia dhuafa berusia 72 tahun, yang diberikan modal usaha berupa galon air mineral. Program dilaksanakan di Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, oleh 4 mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan. Metode pelaksanaan meliputi tahap persiapan (identifikasi kebutuhan dan perencanaan usaha), pelaksanaan (penyerahan modal usaha dan diskusi pengelolaan), serta evaluasi (monitoring dan penilaian dampak). Hasil program menunjukkan peningkatan ekonomi mitra dengan omset rata-rata Rp50.000 per hari dari penjualan 1-2 galon air minum. Program ini memberikan dampak positif secara sosial dan ekonomi, dengan pelanggan yang merasa terbantu berkat fleksibilitas dan aksesibilitas usaha ini. Kesimpulannya, model ini berpotensi diterapkan pada individu dhuafa lainnya dengan penyesuaian kebutuhan lokal. Saran untuk pengembangan meliputi penguatan logistik dan pemasaran.
Kata kunci: Pemberdayaan ekonomi; usaha mikro; kaum dhuafa; kesejahteraan sosial.
Abstract
This economic empowerment program aims to improve the well-being of underprivileged communities (the dhuafa) by providing micro-business capital based on local needs. The target partner is Mrs. Tusiarti, a 72-year-old underprivileged elderly woman, who was provided with business capital in the form of mineral water gallons. The program was carried out in Cirendeu Village, Ciputat Timur District, South Tangerang City, by four students from the Information Systems Study Program at Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan. The implementation method consisted of three stages: preparation (needs identification and business planning), execution (capital provision and business management discussions), and evaluation (monitoring and impact assessment). The results show an economic improvement for the partner, with an average daily revenue of Rp50,000 from selling 1-2 gallons of drinking water. This program has had a positive social and economic impact, as customers find the business flexible and easily accessible. In conclusion, this model has the potential to be applied to other underprivileged individuals with adjustments based on local needs. Recommendations for further development include strengthening logistics and marketing strategies.
Keywords: economic empowerment; micro business; the dhuafa; social welfare.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, N., Ramdhani, A., Purwita, S. N., Maulana, M. R., & Dzaljad, R. G. (2024). PEMBERDAYAAN KELUARGA DHUAFA KEPADA IBU ISA UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DAN EKONOMI KELUARGANYA. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4).
Assyha Ramadanty, A. (2022). Strategi Pemberdayaan untuk Kesejahteraan dan Kemandirian Kaum Dhuafa. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 8(2), 249–261.
Djibran, M., Andiani, P., Nurhasanah, D., & Mokoginta, M. (2023). Analisis Pengembangan Model Pertanian Berkelanjutan yang Memperhatikan Aspek Sosial dan Ekonomi di Jawa Tengah. Jurnal Multidisiplin West Science, 2, 847–857. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i10.703
Fatwitawati, R. (2018). PENGELOLAAN KEUANGAN BAGI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KELURAHAN AIRPUTIH KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. SEMBADHA, 1, 225–229. https://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/sembadha/article/view/376
Harahap, M., Bilgies, A., Nurjanah, S., Syamsuri, & Wijayanto, G. (2024). Pengembangan Branding Lokal Berkelanjutan: Mempromosikan Produk Unggulan dan Pariwisata Daerah melalui Pemasaran Berbasis Komunitas. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(2), 644–653. https://doi.org/10.33379/icom.v4i2.4208
Hidayat, A. Y., & Azhar, Z. (2022). 13308-24696-2-PB. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 4, 65–74. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/epb/article/view/13308/5127
Munfaqiroh, S., Andiani, L., & Syadeli, M. (2020). Peningkatan Kualitas Usaha Melalui Pelatihan Manajemen dan Strategi Pemasaran. ABM-Mengabdi, 7, 70–76.
Park, K., Haura, E. B., Leighl, N. B., Mitchell, P., Shu, C. A., Girard, N., Santiago Viteri, ;, Han, J.-Y., Kim, ; Sang-We, Chee, ;, Lee, K., Sabari, J. K., Alexander, ;, Spira, I., Yang, ; Tsung-Ying, Kim, ; Dong-Wan, Ki, ;, Lee, H., Sanborn, R. E., … Cho, B. C. (2021). Amivantamab in EGFR Exon 20 Insertion-Mutated Non-Small-Cell Lung Cancer Progressing on Platinum Chemotherapy: Initial Results From the CHRYSALIS Phase I Study. J Clin Oncol, 39, 3391–3402. https://doi.org/10.1200/JCO.21
Rahman, A. U., & Baihaqy Utina, A. (2023). Implementasi Akad Istishna’ Pada Usaha Depot Air Minum (Studi Kasus Depot Air Minum isi Ulang “TALUHU AMALIA” Desa Ayula Timur. In Juni (Vol. 2, Issue 1).
Ramadanty, A. A. (2023). STRATEGI PEMBERDAYAAN KAUM DHUAFA MELALUI PROGRAM PELATIHAN KOMPUTER OLEH YAYASAN RINDANG INDONESIA DI KELURAHAN JATIRAHAYU KOTA BEKASI. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Risqi, A., & Nasution, S. (2021). Identifikasi Permasalahan Penelitian. In ALACRITY : Journal Of Education (Vol. 1, Issue 2). http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity
Sintia Bolung, D., Manaroinsong, J., & Artha Malau, N. (2022). Analisis Dampak Kemiskinan terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Desa Kawiley Kecamatan Kauditan pada Masa Pandemi. In Jurnal Equilibrium (Vol. 3, Issue 2). https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/equilibrium
Susena, E. B. (2024). KONSEP KESALEHAN SOSIAL DALAM SURAH AL-MA’UN (Studi Komparasi Dalam Tafsir Al-Misbah Dan Tafsir Al-Azhar) [INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONOROGO]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/28780/1/Etheses%20Bima%20Susena.pdf
Wibowo, A., Lestari, E., & Sugihardjo. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penguatan Modal Sosial dan Peran Stakeholder dalam Pembangunan Desa Wisata di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Penyuluhan, 20(01), 149–164. https://doi.org/10.25015/20202446684
Winkey Pradana, N., & Sumiyana. (2023). Analisis Kebutuhan UMKM Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Penalaran Hierarki Maslow Secara Organisasional. In ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal (Vol. 11, Issue 3).
Yolanda, C. (2024). PERAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI INDONESIA. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2, 170–186.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29396
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: