Pelatihan penggunaan aplikasi canva untuk meningkatkan kreatifitas dalam menyusun media pembelajaran inovatif

Nuradiyah Adiyah Yuliastri, Rohyana Fitriani, Moh Alwi Ashari, Zaotul Wardi

Abstract


Abstrak

Pelatihan penggunaan aplikasi Canva bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam memanfaatkan teknologi desain grafis guna menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Dalam era digital, pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi menjadi kebutuhan mendesak bagi pendidik agar dapat menyampaikan materi secara inovatif dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2024 di Laboratorium PG-PAUD Universitas Hamzanwadi dengan melibatkan 20 peserta. Pelatihan ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu kajian kebutuhan, koordinasi dengan pihak terkait, pelaksanaan pelatihan, observasi, serta evaluasi hasil kegiatan. Metode yang digunakan mencakup sesi teori dan praktik, di mana peserta memperoleh pemahaman dasar tentang prinsip desain visual, penggunaan fitur Canva, serta penerapan elemen grafis yang sesuai untuk bahan ajar anak usia dini. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan guru PAUD dalam mendesain materi pembelajaran yang kreatif, seperti poster edukasi, worksheet, infografis, serta kartu belajar interaktif. Evaluasi melalui kuesioner terhadap peserta mengungkapkan bahwa 92% dari mereka merasakan manfaat besar dari pelatihan ini dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi pembelajaran. Selain itu, hasil desain yang dihasilkan oleh peserta mencerminkan pemanfaatan optimal Canva dalam mendukung perkembangan kognitif, bahasa, dan motorik anak-anak PAUD. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya berkontribusi pada pengembangan profesionalisme guru, tetapi juga meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di tingkat PAUD.

 

Kata kunci: canva; pendidikan anak usia dini; media pembelajaran; desain grafis.

 

Abstract

Training on the use of the Canva application for Early Childhood Education (PAUD) teachers aims to improve their skills in utilizing graphic design technology to create more interesting and effective learning. In the digital era, the use of technology-based learning media is an urgent need for educators to be able to deliver material innovatively and in accordance with the characteristics of early childhood. This community service activity was carried out in October 2024 at the PG-PAUD Laboratory of Hamzanwadi University involving 20 participants. This training consists of several stages, namely needs assessment, coordination with related parties, implementation of training, observation, and evaluation of activity results. The methods used include theory and practical sessions, where participants gain a basic understanding of visual design principles, the use of Canva features, and the application of graphic elements appropriate for early childhood teaching materials. The training results showed a significant increase in the skills of PAUD teachers in designing creative learning materials, such as educational posters, worksheets, infographics, and interactive learning cards. Evaluation through a questionnaire to participants revealed that 92% of them felt great benefits from this training in improving creativity and innovation in learning. In addition, the design results produced by participants reflect the optimal use of Canva in supporting the cognitive, language, and motor development of PAUD children. Thus, this training not only contributes to the development of teacher professionalism, but also increases the effectiveness of the learning process at the PAUD level.

 

Keywords: canva; early childhood education; learning media; graphic design.


Keywords


canva; early childhood education; learning media; graphic design.

Full Text:

PDF

References


Afifaroh, W. N. A. (2022). Implementasi Worksheet Angka Untuk Pengenalan Matematika Permulaan Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 5(2), 1–10.

Ahmad, R. M. (2024). -Efektivitas Pelatihan Integrasi Canva dan Chat GPT sebagai Media Pembelajaran bagi Pendidik di kota Kupang. Journal of Education Research, 5(2), 1081–1088.

Aminah, S. (2024). MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DI PAUD: MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KINERJA GURU. Berajah Journal, 4(9), 1599–1612.

Delvia, L. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Reciprocal Teaching Pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel Siswa SMP.

Fadilah, N. U. (2019). Media Pembelajaran. Kemenag, 1000, 1–6.

Hijrah, L., Arransyah, M. F., Putri, K., Arija, N., & Putri, R. K. (2021). Pelatihan penggunaan Canva bagi siswa di Samarinda. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 98.

Jamil, K. (2019). Evaluasi Program Pelatihan Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru (Studi Kasus SMA Lazuardi GIS Depok).

Kartiko, A., Rokhman, M., Priyono, A. A., & Susanto, S. (2024). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Servant Kepala Madrasah. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 1–14.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].

Lutfi, L. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI RA HASANUSSHOLIHAT TANGERANG. Jurnal Tahsinia, 4(2), 288–299.

Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50–56.

Nuraeni, L., Jumiatin, D., & Westhisi, S. M. (2022). Penyuluhan model pembelajaran inovatif paud holistik integratif melalui aplikasi canva untuk guru paud. Abdimas Siliwangi, 5(2), 338–348.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Puspitasari, E., & PIAUD, M. (2018). Alat Permainan Edukatif Anak Usia Din. Guepedia.

Rahmi, N., & Ekasasmita, W. (2023). Pelatihan Pembuatan Worksheet dengan Aplikasi Canva untuk Pembelajaran Era 4.0. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 9–17.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.

Sakdullah, M. (2021). Pengaruh self efficacy tehadap academic resilience pada mahasiswa psikologi angkatan 2020 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Situmorang, R., & Iriani, T. (2022). E-mentoring, salah satu alternatif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1).

Usman, U., Amran, M., Alfatih, A. N., Syarif, N. Q., & Iyan, I. (2024). Pelatihan Penguatan Kapasitas Guru Taman Kanak-Kanak dan Kelompok Bermain untuk Penanganan Stunting Anak Usia Dini di Kabupaten Barru. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 907–913.

Wahyuni, S., & Haryanti, N. (2024). Optimalisasi kompetensi guru dalam pengembangan pembelajaran berdiferensiasi berbasis media digital. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 142–154.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: