Digital marketing: pelatihan dan pendampingan kepada UMKM tenun binaan Desa Nifukani Kabupaten TTS

Irience R. A. Manongga, Klaasvakumok J. Kamuri, Andrias U. T. Anabuni, Yonas F. Riwu

Abstract


Abstrak

Saat ini trategi digital marketing menjadi keharusan bagi UMKM agar meningkatkan daya saing, namun hal tersebut belum dilakukan UMKM tenun binaan desa Nifukani karena masih menggunakan metode pemasaran konsensional yang disebabkan olej keterbatasan literasi digital. Atas masalah tersebut, kegiatan ini bertujuan menigkatkan dan mendampingi kelompok UMKM tersebut agar dapat mengimplementasi strategi digital marketing. Metode yang digunakan adalah pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang bertujuan menjembatani kesenjangan pengetahuan, keterampilan, dan teknologi bagi kelompok UMKM tersebut dalam mengimplementasi strategi digital marketing. Hasil kegiatan menunjukan bahwa kelompok UMKM ini memiliki daya saing berupa kualitas produk, dukungan pemerintah desa dan kepemilikan perangkat teknologi, namun belum mampu mengimplementasi strategi digital marketing karena minimnya pengetahuan digital marketing, sumber daya pendukung, dan keterbatasan program pemberdayaan. Program pelatihan dan pendampingan ini berhasil meningkatkan kemampuan dalam mengimplementasi strategi digital marketing, yang dibuktikan dengan peningkatan penjualan melalui platform digital oleh kelompok UMKM tenun binaan desa Nifkani. Keberlanjutan program memerlukan kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan DUDI untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan, keterampilan dan teknologi, serta memastikan akses sumber daya yang lebih luas.

 

Kata kunci: digital marketing; kain tenun; budaya timor; Nusa Teggara Timur.

 

Abstract

Currently, digital marketing strategies have become a necessity for SMEs to enhance their competitiveness. However, this has not yet been implemented by the weaving SMEs in Nifukani village because they still use conventional marketing methods due to limited digital literacy. Regarding this issue, this activity aims to enhance and assist the UMKM group so that they can implement digital marketing strategies. The method used is the Participatory Action Research (PAR) approach, which aims to bridge the gaps in knowledge, skills, and technology for the MSME group in implementing digital marketing strategies. The results of the activities show that this group of SMEs has competitive advantages in terms of product quality, support from the village government, and ownership of technological devices. However, they have not yet been able to implement digital marketing strategies due to a lack of knowledge in digital marketing, supporting resources, and limited empowerment programs. This training and mentoring program successfully enhanced the ability to implement digital marketing strategies, as evidenced by the increase in sales through digital platforms by the weaving SMEs group fostered by Nifkani village. The sustainability of the program requires collaboration between the government, academics, and the business world to bridge the gaps in knowledge, skills, and technology, as well as to ensure broader access to resources.

 

Keywords: digital marketing; woven fabric; timores cultur; East Nusa Tenggara


Keywords


digital marketing; woven fabric; timores cultur; East Nusa Tenggara

Full Text:

PDF

References


Adeoye, M. A., & Adong, C. (2023). The Power of Precision: Why Your Research Focus Should be SMART? Journal of Education Action Research, 7(4), 569–577. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.69757

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, Helmi. M., Kambau, Ridwan. A., Rahman, Siti. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, Nurhira. A., Junaid, S., Nur, S., Permatasari, Rika. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. http://diktis.kemenag.go.id

Afiyanti, Y. (2008). Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) Sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 52–62.

Bouwman, H., Nikou, S., Molina-Castillo, F. J., & de Reuver, M. (2018). The Impact of Digitalization on Business Models. Digital Policy, Regulation and Governance, 20(2), 105–124. https://doi.org/10.1108/DPRG-07-2017-0039

Budiana, S., & Suwarningdyah, R. R. N. (2014). Strategi Pengembangan Tenun Ikat Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(3), 353–367.

Citriadin, Y. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Suatu Pendekatan Dasar. Sanabil.

Fachrurazi, F. (2024). Pengaruh Penerapan Digital Entrepreneurship pada Pelaku UMKM Terhadap Peningkatan Penjualan. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(3), 908–919. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i3.1400

Ferdiansyah, M. R., & Tricahyono, D. (2023). Identifikasi Faktor-Faktor Penghambat Implementasi Transformasi Digital Pada Umkm (Studi Kasus Hotel Flamboyan Indah). JIMEA : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi, 7(2), 1583–1595.

Haerana, Fatmawati, Asdar, & Fatmawada, S. (2023). Pemberdayaan Masyarakat: Teori dan Praktik. CV. Widina Media Utama.

Handayani, A. D. (2023). Digitalisasi UMKM: Peningkatan Kapasitas melalui Program Literasi Digital. Jurnal Signal, 11(1), 104. https://doi.org/10.33603/signal.v11i1.8213

Handrian Meylano, N., Wilve Baly Woda, Y., Pangestu Mukin, D., Lino Pereira, F., & Evarista Theresia, D. (2025). Penerapan Metode Requirement Engineering dalam Pengembangan Website E-Commerce sebagai Media Promosi dan Pemasaran pada Kelompok UMKM Tenun Ikat. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi (JIMIK), 6(1), 240–251. https://doi.org/https://doi.org/10.35870/jimik.v6i1.1195

Kader, M. A., Prawiranegara, B., Setiawan, R. A. P., Shelyanti, A., & Pratama, M. B. Y. (2024). Digitalisasi UMKM Melalui Literasi Digital dan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kualitas Produk dan Volume Penjualan. Journal of Community Development, 5(2), 349–362. https://doi.org/10.47134/comdev.v5i2.242

Kurnia Lestari, M., & Krisnaningsih, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Online Produk Fashion Pada UMKM di Kota Surabaya. Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(2), 143–159.

Liani, D. (2019). Analisis TOWS Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Pada CV Permadi Karya Mandiri Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 4(2), 200–210. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/438

Maksum, M. A., Maarif, M. S., Syaufina, L., & Zuhriana, D. (2019). Evaluasi Keberlanjutan Program Pengembangan Kapasitas SDM Pengendalian Karhutla Dengan Metode Rapfire. Tata Loka, 21(3), 521–536. https://doi.org/10.14710/tataloka.21.3.521-536

Nain, U. (2023). Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat (I). CV. Adanu Abimata.

Nuraini, S., & Falah, M. A. (2022). Eksistensi Kain Tenun di Era Modern. ATRAT, 10(2), 162–169.

Nursalim, A., Chatra, A., Krishernawan, I., Mas’ud, M. I., Sugianto, E., Kerinci, S. A., Sekolah, ), Ilmu, T., Al-Anwar, E., Universitas, ), Pasuruan, Y., Pertiba, U., & Babel, P. (2023). Peningkatan Kapasitas Umkm Melalui Program Pelatihan Manajemen Dan Pemasaran. Communnity Development Journal, 4(6).

Pakpahan, Helena. T., Kurniasih, S., Haryadi, D. Y., Fauziah, A., Eka, A. Prifmafira. B., Tahir, M. I., Andayani, Q., Facri, A., Sumartono, E., & Budaraga, I. K. (2024). Konsep Pemberdayaan Masyarakat (I, Issue 3). CV. HEI Publishing Indonesia.

Purnawan Owen. (2024). Pengaruh Pelatihan Pemasaran Digital dan Peran Media Sosial Terhadap Pengembangan Umkm Sidoarjo. Jurnal Manajemen, 14(1), 33–47. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/jm.v14i1.8700

Singgalen, Y. A. (2022). Peran Perusahaan Sosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat Untuk Penghidupan Berkelanjutan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 11(2), 257–268. https://doi.org/10.23887/jish.v11i2.43024

Solichah, Merita, R., & Sa’diyah, Dewi. F. (2022). Peran Akademisi Dalam Pemberdayaan Masyaraka tBerbasis Kewirausahaan. Ngaliman: Jurnal Pengabdian Kepada Masayarakat , 1(2), 104–115. https://doi.org/https://doi.org/10.53429/ngaliman.v1i2.617

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (1st ed.). Alfabeta.

Ulfa, S., Erlikasna Br Sinulingga, T., & Sinulingga, J. (2023). Kain Tenun Tradisional: Warisan Budaya dan Industri Kreatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29709–29715. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11780

Usman, F., Syahran, Hidayat, N., Novita, M., & Tunaima, N. (2024). Digitalisasi Pemasaran dan Pemberdayaan UMKM: Upaya Meningkatkan Ekonomi Desa Liagu, Sekatak, Bulungan. Community Engagement & Emergence Journal, 5(3), 387–398. https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: