Pemanfaatan internet sebagai media pemasaran digital pada hasil pertanian
Abstract
Abstrak
Internet merupakan salah satu penunjang keberhasilan suatu bisnis. Di era saat ini hampir semua bisnis memerlukan internet untuk mendukung proses bisnis tersebut. Adapun kegunaan internet yang dikenalkan kepada masyarakat dalam sosialisasi ini adalah media pemasaran digital seperti media sosial. Sosialisasi ini dilakukan di Desa Pancaroba pada tanggal 28 September 2024. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, meningkatkan daya saing produk pertanian, dan juga bisa meningkatkan pendapatan petani. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pelatihan. Kegiatan ini diikuti oleh 40 masyarakat Desa Pancaroba. Evaluasi kegiatan menggunakan dua instrumen yaitu test dan survey tingkat kepuasan kegiatan. Hasil evaluasi berupa pretest dan posttest menunjukan peningkatan pengetahuan peserta sesudah mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebesar 24%. Nilai 24% menunjukan bahwa kegiatan yang dilaksanakan telah memberikan manfaat bagi para peserta. Nilai survey kepuasan peserta yaitu 83%, nilai ini menunjukan peserta sangat puas terhadap kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM).
Kata kunci: internet; pemasaran digital; media sosial
Abstract
The internet is one of the supports for the success of a business. In the current era, almost all businesses need the internet to support the business process. The use of the internet that is introduced to the community in this socialization is digital marketing media such as social media. This socialization was conducted in Pancaroba Village on 28 September 2024. The purpose of this activity is to increase community knowledge and skills, increase the competitiveness of agricultural products, and can also increase farmers' income. The methods used were lectures, discussions, questions and answers, and training. This activity was attended by 40 people from Pancaroba Village. The evaluation of the activity used two instruments, namely a test and a survey of the level of satisfaction with the activity. The evaluation results in the form of pretests and posttests showed an increase in participants' knowledge after participating in community service activities by 24%. A value of 24% indicates that the activities carried out have provided benefits to the participants. The participant satisfaction survey value is 83%, This value shows that participants are delighted with service to society (PKM) activities.
Keywords: internet; digital marketing; social media
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angga, B. A., Johari, M., & Hariono. (2022). Strategi Pemasaran Produk Olahan Rumput Laut dalam Mendukung Pariwisata di Desa Kertasari Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Pariwisata Nusantara (JUWITA), 1(1), 56–63.
Augustinah, F., & Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 4(2), 1-20.
Handika, I.D.S., & Sulistiawati, A. (2021). Penggunaan dan Pemanfaatan Internet untuk Pertanian dan Perannya Terhadap Tingkat Pendapatan Petani (Kasus: Gapoktan Bina Tani Wargi Panggupay Desa Suntenjaya Bandung Barat). Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 5(2),233-255.
Hariyanto, Susanti, P. A., Hadjaat, M., Wasil, M., & Susilawati, A. D. (2023). Meningkatkan Literasi Teknologi di Masyarakat Pedesaan Melalui Pelatihan Digital. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(2), 12–21.
Hidayat, D., Ramli., & Harahap, U,N. (2021). Pemanfaatan Internet Dalam Memasarkan Hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Medan Labuhan. Jurnal Tunas Bangsa, 75-80.
Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Soulusi yang Diterapkan di Indonesia selama Pandemi Covid-19. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi), 24(2), 187-200.
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran. (Edisi 12 Jilid 1 & 2) Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks.
Lestari, R., Putra, Y.I., & Hakiki, M. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Lokal Secara Online Kepada Masyarakat Desa Aburan Batang Tebo Kecamatan Tebo Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-21.
Nastiti, F,E., & Abdu, A.R.N. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. J Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61-66.
Septiani, J., Widaaattullah, H., Akbar, R., & Sudiarto, B. (2021). Pemanfaatan Media Sosial untuk Bisnis Online di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–10.
Sukmasetya, P., Apriyani, H., Wahyuni, T., Wulan, B.S., Nugroho, W., & Ardiyansah, S.H. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. Jurnal Abdimas, 4(3). 322-327
Suprihandari, M. D. (2024). Media Sosial sebagai Jembatan Informasi dan Empowering Petani dan Sistem Pangan Global. 2(6), 309–319.
Zanuar Rifai, & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29555
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: