Peningkatan keterampilan menulis artikel ilmiah mahasiswa melalui pelatihan berbasis artificial intelligence
Abstract
Abstrak
Penulisan artikel ilmiah merupakan keterampilan esensial bagi mahasiswa yang perlu dikembangkan secara sistematis. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan berbasis Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah mahasiswa. Pelatihan ini dilaksanakan secara intensif selama satu hari dengan metode penyampaian materi dan tutorial, yang kemudian diikuti dengan pendampingan dan kerja mandiri selama satu bulan. Dalam masa pendampingan, peserta diberikan kesempatan untuk melakukan revisi, konsultasi, dan submisi artikel ilmiah ke jurnal nasional terakreditasi SINTA 2-4. Analisis terhadap tanggapan peserta menunjukkan bahwa mayoritas aspek pelatihan, seperti pemanfaatan AI dalam menemukan topik penelitian, menyusun bagian artikel ilmiah, serta pembuatan tabel dan bagan, mendapatkan penilaian sangat baik. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa penggunaan AI secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan menulis akademik mahasiswa. Keberhasilan pelatihan ini dibuktikan dengan jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan, yakni sebanyak 25 artikel yang siap dipublikasikan. Dengan demikian, AI terbukti menjadi alat bantu yang efektif dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas publikasi ilmiah mahasiswa.
Kata kunci: artificial intelligence; artikel ilmiah; keterampilan menulis; pelatihan; publikasi ilmiah.
Abstract
Writing scientific articles is an essential skill for students that needs to be developed systematically. This community service aims to analyze the effectiveness of Artificial Intelligence (AI)-based training in improving students' scientific article writing skills. This training is carried out intensively for one day with material delivery and tutorial methods, which are then followed by mentoring and independent work for one month. During the mentoring period, participants were given the opportunity to revise, consult, and submit scientific articles to SINTA 2-4 accredited national journals. Analysis of participants' responses showed that the majority of training aspects, such as the use of AI in finding research topics, compiling sections of scientific articles, and making tables and charts, received very good ratings. The results of this community service show that the use of AI significantly contributes to improving students' academic writing skills. The success of this training is evidenced by the number of scientific articles produced, namely 25 articles that are ready to be published. Thus, AI is proven to be an effective tool in increasing the productivity and quality of student scientific publications.
Keywords: artificial intelligence; scientific articles; scientific publication training; writing skills
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprillah, W., Tabrani, M., Fitriani, E., & Suhardi. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence Menggunakan Canva Dalam Meningkatkan Kreatifitas Digital Era Modern Pada Siswa Didik Yayasan Sekar Mandiri Ta ’ awun. Prawara Jurnal Abdimas, 3(4), 126–131.
Fakhri, M. M., Rifqie, D. M., Asriadi, Ismail, A., Isma, A., & Fadhilatunisa, D. (2024). Peningkatan Literasi Digital dan Menulis Artikel Ilmiah Guru dengan Memanfaatkan Artificial Intelligence. Jurnal Sipakatau Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 30–39.
Gunawan, Fathoroni, Astini, B. N., Herayanti, L., & Suranti, N. M. Y. (2024). Peningkatan Keterampilan Penulisan Artikel Ilmiah Melalui Pelatihan Barbantuan Artifial Intelligence. Indonesian Journal of Education and Community Services, 4(1), 17–23.
Ilham, I. (2024). Needs Analysis of Project-Based Learning Model in Writing Paragraphs from EFL Students’ Perspectives. Journal of Languages and Language Teaching, 12(1), 282. https://doi.org/10.33394/jollt.v12i1.9215
Ilham, I., Hudri, M., Irwandi, I., Rahmaniah, R., Ismail, H., & Hidayati, H. (2023). Pendampingan Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak Di Panti Asuhan Muhammadiyah Mataram. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1440. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14714
Ilham, Irwandi, Ayun, Z. Q., & Wida, S. (2025). Project-Based Learning Model with Blended Learning in Academic Writing: A Need Analysis. JOLTT: Journal of Languages and Language Teaching, 13(1), 306–317.
Ilham, Irwandi, Fira, Shaqila, C., Wida, S., Rahmaniah, R., … Bafadal, M. F. (2024). Pendampingan bahasa inggris guiding bagi anggota pokdarwis desa Medana kecamatan Tanjung kabupaten Lombok Utara. Selaparang:Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2563–2570.
Ilham, Irwandi, Ismail, H., Bafadal, F., Hudri, M., Hidayati, & Rahmaniah, R. (2023). Pendampingan bahasa inggris yang menyenangkan bagi siswa SMPN di pinggiran kota mataram. Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2995–3001.
Nugroho, I. S., Hidayati, D. N., Yafi, M. A., & Wahyuningsih, D. D. (2023). Pelatihan penulisan artikel ilmiah, penggunaan aplikasi pencarian sumber referensi dan manajemen referensi pada mahasiswa. Ganesha: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 194–200.
Prasetyo, D., Susilawati, M., Hanim, S. A., Fitrianita, I., Ma’mun, A. H., & Ahmad, Z. (2024). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbantu aplikasi mendeley dan turnitin untuk publikasi internasional terindeks scopus. Community Development Journal, 5(6), 11023–11026.
Pratama, A., & Sulistiyo, U. (2024). A Systematic Review of Artificial Intelligence in Enhancing English Foreign Learners ’ Writing Skills. PPSDP International Journal of Education, 3(2), 170–181.
Riyono, A., Kanzunnudin, M., & Ma’mun, N. (2023). Identitas Akademik dan Kapital manusia Mahasiswa Program Doktor: Kajian Naratif di Perguruan Tinggi Swasta. Wahana Didaktika, 21(1), 41–55.
Rohman, M., Kurniawan, W., Nawawi, M. L., & Yana, H. H. (2024). Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 185–198.
Roman-acosta, D. (2024). Potential of artificial intelligence in textual cohesion , grammatical precision , and clarity in scientific writing. LatIA, 2(110). https://doi.org/10.62486/latia2024110
Supiarmo, M. G., Listantia, N., Karoluslina, Sakaroni, R., Primajati, G., & Ningthias, D. P. (2024). Pelatihan Guru: Cara Cepat dan mudah menulis artikel Ilmiah Berstandard Jurnal Nasional Bereputasi Menggunakan Artificial Intelligence. JPIMI: Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 3(2), 108–114. https://doi.org/10.29303/jpimi.v3i2.5970
Wijaya, A. P., & Pramono, S. E. (2023). Pelatihan Peningkatan Kualitas Publikasi Penelitian Bagi Mahasiswa Program Studi Doktor Manajemen Kependidikan di Universitas Negeri Semarang. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 3(01), 44–52.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29630
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: