Pelatihan pembuatan konten kreatif untuk pengembangan objek wisata kawasan usaha di Lasiana

Yosefina K. I. D. D. Dhae, Yuri S. Fa’ah, Marianus S. Neno, Lazarus Djehamat, Efandri Agustian

Abstract


Abstrak

Kelurahan Lasiana merupakan salah satu kelurahan yang sebagian daerahnya adalah daerah pesisir yang berhadapan langsung dengan teluk kupang dan sering disebut sebagai kelurahan pesisir yang wisata unggulannya adalah pantai. Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan, salah satu masalah utama adalah kurangnya partisipasi masyarakat khususnya para pemuda dalam pengembangan objek wisata dan kawasan usaha di sekitar objek wisata. Pada kenyataannya,  pengembangan objek wisata tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun juga menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk para pemuda yang ada di sekitar lokasi wisata. Dengan demikian Program Kemitraan Masyarakat ini ialah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat sekitar khususnya para pemuda tentang konsep pengembangan pariwisata dan pengembangan objek wisata di kelurahan Lasiana melalui kegiatan promosi dalam bentuk pembuatan konten digital. Metode yang digunakan berupa ceramah dan diskusi tentang konsep pengembangan wisata dan promosi kawasan usaha sekitar Lasiana melalui konten digital. Peserta dalam kegiatan ini ialah Para pemuda Kelurahan Lasiana khususnya Pemuda Gereja Genesaret Danai Ina Lasiana sebanyak 25 orang. Luaran dari kegiatan ini adalah terbangunnya pengetahuan dan pemahaman serta kesadaran pemuda untuk berpartisipasi aktif dalam mengembangkan objek wisata dan promosi kawasan usaha di sekitar objek wisata melalui pembuatan konten digital.

 

Kata kunci: pariwisata; pantai lasiana; partisipasi masyarakat; konten; digital;pemuda.

 

Abstract

Lasiana Village is one of the villages where part of the area is a coastal area directly facing Kupang Bay with the beach as the main tourism attraction. Based on the initial observations, one of the main problems is the lack of community participation, especially the youth, in the development of tourist attractions and business areas around tourist attractions. The development of tourist attractions is not only the responsibility of the government but also the responsibility of all parties. Thus, this Community Partnership Program is to provide knowledge and understanding to the youth, about the concept of tourism development in Lasiana village through promotional activities in the form of digital content creation. The method used were lectures and discussions with material about the concept of tourism development and the promotion of business areas around Lasiana through digital content. Participants in this activity were the youth of Lasiana Village, especially the Youth of the Genesaret Danai Ina Lasiana Church as many as 25 people. The output of this activity is the development of knowledge and understanding as well as youth awareness to actively participate in developing tourist attractions and promoting business areas around tourist attractions through the creation of digital content.

 

Keywords: tourism; lasiana beach; community participation; content; digital; youth


Keywords


tourism; lasiana beach; community participation; content; digital; youth

Full Text:

PDF

References


Andika, R. (2023). Jurnal Kepariwisataan Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 17((2)), 156–345.

Ardani, S. P., & Widiya Lestari Harahap. (2024). Strategi Konten Kreatif Untuk Meningkatkan Engagement Umkm Di Social Media. Jurnal Rupa Matra, 2(2), 136–143. https://doi.org/10.62375/jdkv.v2i2.228

Ashaab, D., Yamin, E., Salma, F., Noor, J., Salsabila, I., Khairani, J. N., … Ilmu, F. (2024). Dampak Pariwisata dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Wisata Karangrejo melalui Community Based Tourism ( CBT ). 14(September), 108–123.

Aziz, M. H. (2022). Model Pariwisata Digital dalam Pengembangan Pariwisata Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2279. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2246

capcut.com. (2024). Cupcut.pdf.

Dhae, Y., Bunga, M., Ndoen, W., & Foenay, C. (n.d.). Tourism development strategy in South Central Timor ( TTS ) regency , East Nusa Tenggara Province ( NTT ), Indonesia. 03(04), 412–428.

Ernawati, H., & Hananto, K. (2023). Pariwisata Digital: Perspektif dan Agenda Riset Masa Depan. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 17(2), 144–156.

Hanum, F. (2020). Konsep Smart Tourism sebagai Implementasi Digitalisasi di Bidang Pariwisata. Tornare, 2(2), 14–17. https://doi.org/10.24198/tornare.v2i2.25787

Hidayah, N. (2019). Pemasaran Destinasi. Bandung: Alfabeta.

INDONESIA.GO.ID. (2019). Wisata Indonesia di Mata Dunia.

Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media. Business Horizons, 54(3), 241–251.

Muntinga, D. G., Moorman, M., & Smit, E. G. (2011). Introducing COBRAs. Journal of Advertising, 30(1), 13–46.

Nurmalina, R., & Astuti, E. P. (1970). Analisis Preferensi dan Kepuasan Konsumen terhadap Beras di Kecamatan Mulyorejo Surabaya Jawa Timur (The Analysis of Preferences and Customer Satisfaction on Rice in Mulyorejo District, Surabaya, East Java). Jurnal Sains Terapan, 1(1), 42–53. https://doi.org/10.29244/jstsv.1.1.42-53

Sumiasih, K. (2018). Peran BUMDes Dalam Pengelolaan Sektor Pariwisata ( Studi di Desa Pakse Bali , Kabupaten Klungkung ). 565–585. https://doi.org/10.24843/JMHU.2018.v07.i04.p10

Tiara Dita Puspita, & Vivaldy Ismail. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Digital Tourism Sebagai Promosi Pariwisata. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 19(1), 10–23. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v19i1.262




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: