Integrasi aplikasi PHET simulation dengan menggunakan metode gasing sebagai implementasi kurikulum merdeka

Muhammad Iman Darmawan, Shofwatunnida Septarini, Hadian Mandala Putra, Istajir Adi Gunawan, Yogi Istamil Ali Majdi

Abstract


Abstrak

Pembelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang mendapatkan perhatian penuh, karena dalam penerapannya terdapat berbagai kendala baik guru, siswa maupun sarana dan prasarana yang ada disekolah. Oleh karena itu perlu vaariasi model pembelajaran yang diterapkan dengan bantuan media yang baik dan tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran fisika. Tujuan pengabdian ini meningkatkan minat belajar fisika dengan integrasikan aplikasi PHET dengan metode gasing. Pengabdian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lombok Timur dengan di uji cobakan pada kelas XII MIA sejumlah 90 orang siswa pada uji skala besar dan 10 orang siswa pada uji coba terbatas. Dengan mengunakan metode saintifik. hal ini dibuktikan dengan analisis data nilai pembelajaran fisika dengan aplikasi PHET pada uji coba terbatas skor rata -rata baik sedangkan yang di integrasikan dengan metode gasing Analisis data yang digunakan adalah hasil prestasi belajar yang diukur melalui pre-test dan pos-test pada kelas pengujian. Hasil pre-test  dari kelas diuji gain score guna mengetahui efektifitasnya serta Implementasi metode gasing dengan aplikasi PHET dapat meningkatkan minat, aktifitas dan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Lombok Timur.

 

Kata kunci: aplikasi PHET; fisika; kurikulum merdeka; metode gasing.

 

Abstract

Physics learning is a subject that gets full attention, because in its application there are various obstacles both teachers, students and facilities and infrastructure in schools. Therefore, it is necessary to vary the learning model applied with the help of good and appropriate media to be applied in physics learning. The purpose of this service is to increase interest in learning physics by integrating the PHET application with the gasing method. This service was carried out at Madrasah Aliyah Negeri 1 Lombok Timur by being tested on class XII MIA with 90 students in a large-scale test and 10 students in a limited trial. By using the scientific method. this is evidenced by the analysis of physics learning value data with the PHET application in the limited trial, the average score is good while the one integrated with the gasing method The data analysis used is the results of learning achievement measured through pre-tests and post-tests in the testing class. The pre-test results from the class were tested for gain scores to determine their effectiveness and the implementation of the gasing method with the PHET application can increase the interest, activity and learning achievement of students at Madrasah Aliyah Negeri 1 Lombok Timur.

 

Keywords: PHET application; physics; independent curriculum; top method.


Keywords


aplikasi PHET; fisika; kurikulum merdeka; metode gasing.

Full Text:

PDF

References


Anisa, V. M., & Astriani, D. (2022). Implementation of PhET simulation with discovery learning model to improve understanding of dynamic electricity concepts. Jurnal Pijar Mipa, 17(3), 4–301. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i3.3438

Desrianti Sahida. (2022). Pengaruh Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Dasar 1 Stkip Muhammadiyah Sungai Penuh. Edu Research, 3(1), 12–20. https://doi.org/10.47827/jer.v3i1.67

Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. D. (2015). Penerapan Media Simulasi Menggunakan PhET ((Physics Education And Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Pendidikan Fisika, 3, 74–82.

Faizah, S. R. (2012). Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Gasing (Gampang, Asyik, Dan Menyenangkan) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Man 1 Purwodadi Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Materi Pokok Gerak. IAIN Walisongo

Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2017). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9–14.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasan konsep dan kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

I Dewa Putu Subamia, “Pelatihan Keterampilan Dasar Laboratorium (Basic Laboratory Skill) Bagi Staf Laboratorium IPA SMP Se-Kabupaten Buleleng,” Widya Laksana, vol. 1, no. 2, pp. 1–13, 2012.

Khuril A., Zakiyah Izza A. (2024). IMPLEMENTASI SIMULASI INTERAKTIF PHET DALAM PEMBELAJARAN MUATAN PADA BENDA DI SMP TINJAUAN TERHADAP EFEKTIVITASI SISWA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 9 No 2. 3185-3200.

Maiyena, S., & Imamora, M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Konstruktivisme untuk Kelas X SMA. Journal of Teaching and Learning Physics, 5(1), 01–18.

Nurfathoanah, N. (2017). Implementasi Metode Pembelajaran GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Polongbangkeng Utara. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(3), 351-361.

Pada, M., Di, B., Tinjauan, S. M. P., & Efektivitas, T. (2024). 1 , 2 1,2. 09.

Permendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014,” Permendikbud, pp. 1–12, 2018.

Purwari, Y. (2020). Pendekatan Saintifik dengan Metode Gasing pada Pembelajaran Fisika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(1), 7. https://doi.org/10.29210/02507jpgi0005

Rafiqah,. Ambaotang, (2015). Efektivitas metode gasing terhadap pemahaman konsep materi perubahan [eserta didik SMP Negeri 4 Satap. Jurnal Pendidikan fisika Vol 3, No 2- 2015.121-123.

Setiadi, R., & Muflika, A. A. (2015). EKSPLORASI PEMBERDAYAAN COURSEWARE SIMULASI PhET UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(2), 258. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i2.270

SHELEMO, A. A. (2023). No Titleیلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Zainudin, Z. (2017). Pengembangan E-Learning Fisika Menggunakan Phet (Physics Educational Technology) Pada Materi Pokok Dinamika Gerak Lurus Berbasis Keterampilan Berfikir Kritis. Jurnal Pena Sains, 4(1), 22. https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2777




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: