Edukasi siswa SMAN 1 Tarakan, melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan aquascape
Abstract
Abstrak
Didalam dunia pendidikan, kemampuan berpikir kreatif siswa perlu dikembangkan agar dapat bersaing didunia kerja dimasa depan. Saat ini penerapan Kurikulum Merdeka dapat dilakukan melalui pembelajaran proyek. Salah satu bentuk proyek yang dapat dilakukan oleh siswa khususnya dari Jurusan IPA adalah pembuatan Aquascape. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan edukasi terkait konsep eksosistem melalui pembuatan aquascape sederhana. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMAN 1 Tarakan, dan diikuti oleh siswa-siswi kelas 2 Jurusan IPA sebanayk 40 siswa pada bulan Agustus Tahun 2024. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan pelatihan melalui praktek langsung dalam membuat aquascape mulai dari merancang konsep, menyiapkan alat bahan, penataan aquascape dan pemeliharaan. Melalui kegiatan ini siswa telah mampu membuat aquascape sederhana dengan konsep ekosistem bawah air yang terdiri dari organisme ikan dan tumbuhan yang hidup bersama dan komponen abiotiknya berupa air, tanah dan bebatuan.
Kata kunci: aquascape; aquatic; budidaya; ekosistem
Abstract
In the world of education, students' creative thinking skills need to be developed in order to compete in the world of work in the future. Currently, the implementation of the Independent Curriculum can be done through project learning. One form of project that can be done by students, especially from the Science Department, is making Aquascapes. The purpose of this activity is to provide education related to the concept of ecosystems through the creation of simple aquascapes. This community service activity was carried out at SMAN 1 Tarakan, and was attended by 40 students from class 2 of the Science Department in August 2024. The method used was socialization and training through direct practice in making aquascapes starting from designing concepts, preparing tools and materials, arranging aquascapes and maintenance. Through this activity, students have been able to create a simple aquascape with the concept of an underwater ecosystem consisting of fish and plant organisms that live together and the abiotic components are water, soil and rocks.
Keywords: aquascape; aquatic; aquaculture; ecosystem
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anaswara, SJ., Rafeekher, M., & Hasna, PM. (2023). Aquascaping: A Review. Department of Floriculture and Landscaping, College of Agriculture, Kerala Agricultural University, Vellayani, Thiruvananthapuram-695 522, Kerala, India. doi10.18805/ag.R-2651.
Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong.
Espada, M., Navia, JA., Rocu, P., & Gómez-López, M. (2020). Development of the learning to learn competence in the university context: Flipped classroom or traditional method? Research in Learning Technology, 28. https://doi.org/10.25304/rlt.v28.2251.
Ismarani. 2012. Potensi Senyawa Tannin dalam Menunjang Produksi Ramah Lingkungan. CEFARS : Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, 3(2): 46-55.
Kurniawan. (2020). Layouting : How to Layout an Aquascape Like a Pro. 8-9. Tersedia di https://bit.ly/2SZ0dEW . Diakses pada 30 Juni 2024.
Mardiana, TY., Linayati, N., Oktaviani, BD., Madusari, MZ., Yahya, BH., Wiradana, H., Asyari, M., & Pamungkas, AB., (2024). Pelatihan Pembuatan Aquascape pada Siswa PKBM Baiturahman Desa Api-api Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. JUPENGEN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Multi Disiplin, 1(1), 3063-6450.
Nasir, M., & Khalil, M. (2016). Pengaruh penggunaan beberapa jenis filter alami terhadap pertumbuhan, sintasan dan kualitas air dalam pemeliharaan ikan mas (Cyprinus carpio). Acta Aquatica, 3(1), 33-39.
Rakhmawati, F. (2022). New habits of urban communities amidst the COVID-19 pandemic. COMSERVA Indonesian Journal of Community Services and Development 1(10): 700–705.
Saira, Ajmal, F., & Hafeez, M. (2021). Critical review on flipped classroom model versus traditional lecture method. International Journal of Education and Practice, 9(1). https://doi.org/10.18488/journal.61.2021.91.128.140
Syamsudin., Hapidin, A., & Ahyani, H. (2021). Answering Model Transformational Leadership Private Higher Education in Era 4.0 Menjawab Model Kepemimpinan Transformasional Pendidikan Perguruan Tinggi Swasta di Era 4.0. Jurnal Nahdlatul Fikr, 3(1), 9– 29.
Sumadi., Hendratno., Alipuddin., H, Nengrum., Asmidar., & Y. Eva. (2023). Pelatihan Pembuatan Aquarium Mini kepada Siswa Siswi SMAN 2 Padangpanjang. Jurnal Abdimas, 4(6), 574-580. http://abdidas.org/index.php/abdidas.
Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widjaja, T. (2015). Aquascape: Pesona Taman Dalam Akuarium, AgroMedia Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29820
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: