Implementasi kurikulum merdeka: inovasi pembelajaran digital berbasis videografi dalam MGMP kimia di Kabupaten Bireun

Isna Rezkia Lukman, Agus Muliaman, Siraj Siraj, Almunawarah Almunawarah, Ajeng Rizka Ananta

Abstract


Abstrak

Pendidikan merupakan pilar utama dalam kehidupan manusia saat ini, dimana setiap manusia dituntut untuk memiliki kemampuan dalam berpikir dan membangun kualitas yang baik sesama manusia terutama dalam daya saing.  Pengabdian ini mengatasi kelemahan pada literatur sebelumnya dengan merumuskan tiga tujuan khusus: 1) Menyediakan strategi pembelajaran berbasis videografi yang sesuai untuk diferensiasi; 2) Meningkatkan kompetensi guru dalam menghasilkan konten videografi interaktif di MGMP Kimia Kabupaten Bireun; 3) Mengembangkan model evaluasi yang mengukur efektivitas videografi dalam meningkatkan pemahaman konsep kimia abstrak. Pengabdian ini dilakukan di Universitas Malikussaleh dan SMAN 1 Bireuen mulai dari September sampai November 2024. Adapun tahapan pengabdian menggunakan metode FGD (Focus Group Discussion) dalam sosisalisasi, pelatihan model project based learning dengan 3 pertemuan, penerapan pelatihan menggunakan strategi blended learning dan hybrid learning. Kemudian pendampingan yang dilakukan dalam 3 sesi menggunakan strategi blended learning dan yang terakhir adalah evaluasi untuk meninjau hasil pengabdian. Hasil yang didapatkan yaitu peserta MGMP mendapatkan respon positif dalam mempelajari seluruh materi pengaturan kamera hingga mampu mempraktikan secara langsung penggunaan kamera dalam pembelajaran diferensiasi. . Secara keseluruhan, penerapan pembelajaran digital berbasis videografi dalam Kurikulum Merdeka ini menunjukkan hasil yang positif, dengan tercapainya peningkatan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran yang adaptif dan relevan, serta mengoptimalkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep kimia yang abstrak.

 

Kata kunci: kurikulum merdeka; pembelajaran digital; videografi.

 

Abstract

Education is a fundamental pillar in human life today, where every individual is required to possess the ability to think critically and build good quality relationships with others, especially in terms of competitiveness. This service addresses the gaps in previous literature by formulating three specific objectives: 1) To provide a videography-based learning strategy suitable for differentiation; 2) To enhance teachers' competence in producing interactive videography content within the MGMP Kimia in Kabupaten Bireun; 3) To develop an evaluation model that measures the effectiveness of videography in improving the understanding of abstract chemistry concepts. This community service program was conducted at Universitas Malikussaleh and SMAN 1 Bireuen from September to November 2024. The implementation stages followed a structured approach, starting with a Focus Group Discussion (FGD) for socialization, followed by training sessions on the Project-Based Learning model over three meetings. The training was implemented using blended learning and hybrid learning strategies. Subsequently, mentoring was conducted in three sessions utilizing a blended learning approach. Finally, an evaluation was carried out to assess the outcomes of the community service program. The results indicate that the MGMP participants received positive feedback while learning all aspects of camera settings, eventually being able to directly practice using the camera in differentiated learning. Overall, the implementation of videography-based digital learning in the Kurikulum Merdeka has shown positive results, with an increase in teachers' competence in managing adaptive and relevant learning and optimizing students' understanding of abstract chemistry concepts.

 

Keywords: digital learning; kurikulum merdeka; videography.


Keywords


digital learning; kurikulum merdeka; videography.

Full Text:

PDF

References


Agustiana, D. M., Malik, M., Rumiati, S., & Pardede, S. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2), 522–533. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/citizenshipvirtues/article/view/1869

Alhafiz, N. (2021). Analisis profil gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), 1133–1142. https://bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/1203

Aprima, D. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101. http://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/2960

Bogen, E., Schlendorf, C., Nicolino, P., & Morote, E. (2019). Instructional Strategies in Differentiated Instruction for Systemic Change. Journal for Leadership and Instruction, 18(2), 18–22. https://eric.ed.gov/?id=EJ1235692

Flynn-Wilson, L., & Reynolds, K. (2021). Student responses to virtual synchronous, hybrid, and face-to-face teaching/learning. International Journal of Technology in Education, 4(1), 46–56. https://doi.org/10.46328/ijte.43

Hasmawati, H., & Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 197–211. https://multidisipliner.org/index.php/ijim/article/view/20

Hidayati, R., & Eriyanti, F. (2023). Differentiated Learning Technology on Science Education to Students Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(Spesial Issue), 1017–1022. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9iSpecialIssue.6479

Khurshid, A., TAN, D., & TAN, G. (2024). Catalysing Growth: State of ASEAN University Innovation and Entrepreneurship: Report 2024. https://ink.library.smu.edu.sg/iie_research/8/

Melisa, M. (2024). Analisis Kesiapan Guru dalam Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 3(1), 443–962. https://doi.org/10.56436/mijose.v3i1.304

Munawwaroh, M., Khoirul Amirullah, M., Azmi, M., Alfani, U., Nisa’, K., & Sa’idah, N. (2024). Efektivitas Penerapan Media Audio Visual terhadap Pengaruh Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 286–290. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6969

Puspitoningrum, E., Ningtyas, K., Resya, P., Yunita, E., & Pratiwi, R. (2024). Penerapan E-Learning Sebagai Sumber dan Media Belajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 197–205. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2912

Putri, S., & Prafitasari, A. N. (2023). Analisis Impelementasi Konsep Pembelajaran Diferensiasi Dalam Mata Pelajaran Biologi Pada Era Digital 4.0 di Kelas X. Jurnal Pendidikan IPA, 6(1). https://www.academia.edu/download/110565101/13076.pdf

Tri Wibowo, A., Nuvitalia, D., & Wakhyudin, H. (2023). Analisis Gaya Belajar Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri Sendangmulyo 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3878-3890. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1227

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10066

Yuridka, F., & Nazaruddin, N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Era Masyarakat 5.0. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 210-220. https://doi.org/10.31602/jt.v6i2.16281




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: