Sosialisasi model pendidikan perdamaian untuk menanamkan nilai karakter disiplin positif siswa di SDN 15 Mataram

Dian Eka Mayasari, Almaidah Purnamasari Arif, Amanda Ihza Putri, Nurhayati Nurhayati, Desvina Sastrawati, Wiliwirman Wiliwirman, ST Hardianti, Dimas Dimas

Abstract


Abstrak

Sosialisasi Pendidikan Perdamaian dilaksanakan bertujuan untuk membantu kepala sekolah, guru, dan siswa dalam menciptakan lingkungan sekolah yang inklusi, ramah anak dan membanngun karakter disiplin positif di SD Negeri 15 Mataram. Metode yang digunakan adalah sosialisasi berbasis pelatihan interaktif. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di SD Negeri 15 Mataram, diadakan pada tanggal 17 Februari 2025, selama 1 hari yang dihadiri oleh 23 orang yang terdiri dari, kepala sekolah, guru dan mahasiswa PLP 1 FKIP UMMAT. Pembahasan materi yang disampaikan dengan tema “Disiplin Positif Untuk Pendidikan Perdamaian di Era Merdeka Belajar” bermanfaat untuk menciptakan budaya damai di sekolah dan menankan karaktek disiplin positif untuk guru dan siswa. Melalui kegiatan ini, diharapkan guru dapat lebih memahami peran mereka dalam membentuk kebiasaan disiplin siswa, baik dalam lingkungan sekolah maupun kehidupan sehari-hari. Output kegiatan ini meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan strategi penguatan karakter disiplin, serta adanya perubahan positif pada perilaku siswa dalam aspek kedisiplinan, seperti kepatuhan terhadap aturan sekolah, ketepatan waktu, dan tanggung jawab terhadap tugas. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan karakter di SD Negeri 15 Mataram.

 

Kata Kunci: sosialisasi pendidikan perdamaian; karakter; disiplin positif; SDN 15 Mataram

 

Abstract

Socialization of Peace Education is carried out with the aim of helping school principals, teachers, and students in creating an inclusive, child-friendly school environment and fostering a positive discipline character at SD Negeri 15 Mataram. The method used is socialization based on interactive training. The activity was conducted at SD Negeri 15 Mataram on February 17, 2025, for one day, attended by 23 participants, consisting of the school principal, teachers, and PLP 1 FKIP UMMAT students. The material presented under the theme "Positive Discipline for Peace Education in the Era of Independent Learning" is beneficial in creating a culture of peace in schools and instilling positive discipline character for teachers and students. Through this activity, it is expected that teachers will better understand their role in shaping students' discipline habits, both in the school environment and in daily life. The output of this activity includes an increased understanding and skills of teachers in implementing character-strengthening strategies for discipline, as well as positive changes in students' behavior in terms of discipline aspects, such as adherence to school rules, punctuality, and responsibility for tasks. Thus, this community service activity contributes to improving the quality of character education at SD Negeri 15 Mataram.


Keywords: peace education socialization; character; positive discipline; SDN 15 Mataram.


Keywords


peace education socialization; character; positive discipline; SDN 15 Mataram.

Full Text:

PDF

References


Koesoema, A. D. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Lickona, T. (2019). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar & Baik. Bandung: Nusamedia.

Pemerintah Republik Indonesia (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301.

Pemerintah Republik Indonesia (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586.

Rozi, F. (2012). Model Pendidikan Karakter dan Moralitas Siswa di Sekolah Islam Modern; Studi pada SMP Pondok Pesantren Selamat Kendal. Semarang: IAIN Walisongo.

Syarbini, A. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter; Panduan Lengkap Mendidik Karakter Anak di Sekolah, Madrasah, dan Rumah. Jakarta: Prima Pustaka.

Wiyani, N. A. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD; Konsep, Praktik, dan Strategi. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: