PEMANFAATAN POWTOON SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF MEDIA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SDN II KEDUNGDAWA CIREBON
Abstract
ABSTRAK
Masa pandemi covid 19 telah mengganggu proses belajar tatap muka di sekolah. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu perlu peranan media agar siswa tidak jenuh dalam belajar. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah menerapkan powtoon sebagai salah satu alternatif media dalam PJJ di SDN II Kedungdawa Kabupaten Cirebon. Kegiatan PKM dilakukan dengan harapan guru termotivasi mengintegrasikan IT secara maksimal untuk membuat video pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar. Metode dalam kegiatan PKM terdiri dari 4 tahap yaitu observasi, identifikasi masalah, solusi, dan evaluasi. Peserta dalam pengabdian ini sebanyak 28 siswa kelas VI. Hasil pemanfaatan media powtoon diantaranya meningkatkan motivasi siswa, pembelajaran tidak membosankan, dan materi lebih mudah dipahami. Selain itu adanya ketertarikan guru untuk dapat membuat media powtoon sendiri merupakan salah satu indikator keberhasilan PKM yang telah dilakukan. Oleh karena itu sebagai rekomendasi tim akan merancang kegiatan pelatihan pembuatan powtoon yang menarik, variatif dan interaktif sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran bagi guru di SDN II Kedungdawa Kabupaten Cirebon
Kata kunci: powtoon; pembelajaran jarak jauh; media pembelajaran.
ABSTRACT
The Covid 19 pandemic has disrupted the face-to-face learning process in schools. Distance learning is an alternative to overcome this problem. Therefore we need the role of the media so that students are not bored in learning. The purpose of this community service activity is to implement the powtoon as an alternative media in distance learning at SDN II Kedungdawa, Cirebon Regency. PKM activities are carried out with the hope that teachers are motivated to optimally integrate IT to make learning videos that can be used in the learning process. The method in PKM activities consists of 4 stages, namely observation, problem identification, solution, and evaluation. Participants in this activities were 28 students in grade sixth.The results of using powtoon media include increasing student motivation, learning is not boring, and the material is easier to understand. In addition, the teacher's interest in being able to make their own powtoon media is an indicator of the success of the PKM that has been carried out. Therefore, as a recommendation, the team will design training activities for making powtoon that are interesting, varied and interactive as an effort to improve the quality of learning for teachers at SDN II Kedungdawa, Cirebon.
Keywords: powtoon; distance learning; material teaching.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual PowToon tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.
Kurniawati, N. (2020). CREATING LOW-COST ANIMATION VIDEO USING ONLINE PLATFORM: A LEARNING MEDIA USER REVIEW. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education. https://doi.org/10.22146/jpki.53166
Nuswantoro, D., & Dwi Wicaksono, V. (2019). Pengembangan Media Video Animasi Powtoon €Œhakan†Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Hak Dan Kewajiban Siswa Kelas Iv Sdn Lidah Kulon Iv Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 3161–3170.
Oktaviani, L., Mandasari, B., & Maharani, R. A. (2020). IMPLEMENTING POWTOON TO IMPROVE STUDENTS ’ INTERNATIONAL CULTURE UNDERSTANDING IN ENGLISH. 1(1), 19–25.
Pais, M. H. R., Nogués, F. P., & Muñoz, B. R. (2017). Incorporating powtoon as a learning activity into a course on technological innovations as didactic resources for pedagogy programs. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 12(6), 120–131. https://doi.org/10.3991/ijet.v12i06.7025
Pangestu, M. D., & Wafa, A. A. (2018). Pengembangan multimedia interaktif powtoon pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan moneter untuk siswa kelas xi ips di sma negeri 1 singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Purnamasari, Y., Education, E., Program, S., Training, T., & Suryakancana, U. (2013). “ Teaching and Learning English : Current Trends , Issues & Practices ” POWTOON AS DIGITAL MEDIA ALTERNATIVE FOR TEACHER :
Syafitri, A., Asib, A., & Sumardi, S. (2018). An Application of Powtoon as a Digital Medium: Enhancing Students’ Pronunciation in Speaking. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i2.359
Trina, Z., Kamaruddin, T., & Rahmani, D. (2017). Penerapan Media Animasi Audio Visual Menggunakan Software Powtoon untuk Meningkatkan hasil Belajar IPS SMP Negeri 16 Banda Aceh. 2(2), 156–169.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2994
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: