Pengenalan logika dan algoritma pemrograman sebagai projek penguatan profil pelajar pancasila siswa sekolah dasar

Yuli Purwati, Faris Labib Najmuddin, Mohamad Aqil Bafaqih, Khoirun Nisa

Abstract


Abstrak

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah program belajar lintas disiplin untuk mencari solusi masalah di sekitar. Proyek ini menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek, memberikan kesempatan belajar tanpa formalitas, struktur fleksibel, kegiatan interaktif, dan keterlibatan langsung dengan lingkungan. SD Qita Purwokerto mempunyai beberapa jenis ektrakulikuler salah satunya adalah ektrakulikuler TIK. Saat ini materi diberikan baru seputar penggunaan Microsoft Word, Power Point dan animasi sederhana. Ektrakulikuler TIK berpotensi untuk menerapkan projek pelajar pancasila dengan mengenalkan logika dan algoritma pemrograman. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memperkenalkan, menjelaskan, dan mengoperasikan materi logika dan algoritma pemrograman menggunakan splikasi scratch dan platform hour of code. Dengan metode belajar yang berbasis permainan, siswa diperkenalkan pada konsep logika dan algoritma melalui kegiatan yang menyenangkan. Metode pelatihan yang digunakan adalah penyampaian materi, demontrasi dan praktikum. Peserta pelatihan adalah siswa SD Qita Purwokerto yang mengikuti ekstrakulikuler TIK yang berjumlah 23 orang. Kegiatan pelatihan ini diawali dengan tahap persiapan yang mencakup koordinasi terkait kebutuhan pelatihan dan peserta pelatihan. Tahap kedua yakni mengenalkan platform scratch dan hour of code sebagai media untuk belajar logika dan algoritma pemrograman atau coding. Tahap ketiga yaitu membuat game dengan scratch dan hour of code. Tahapan terakhir pelatihan adalah evaluasi yang mengukur capaian kegiatan pelatihan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta dapat mengikuti kegiatan dengan penuh antusias. Selanjutnya, peserta juga dapat memenuhi beberapa indikator ketercapaian kegiatan pelatihan antara lain memahami jenis-jenis platform belajar coding secara online dan mampu menyesaikan soal membuat game sederhana, pelatihan coding juga dilakukan kembali di beberapa pertemuan saat ekstakulikuler TIK berlangsung di sekolah menggunakan scratch. Indikator tersebut menunjukkan bahwa tujuan pelaksanaan pelatihan dapat tercapai dengan baik.

 

Kata kunci: algoritma dan pemrograman; koding; pembelajaran berbasis projek; scratch; hour of code.

 Abstract

The Pancasila Student Profile Strengthening Project is a cross-disciplinary learning program to find solutions to problems around. This project uses a project-based learning approach, providing learning opportunities without formality, flexible structures, interactive activities, and direct involvement with the environment. Qita Purwokerto Elementary School has several types of extracurricular activities, one of which is ICT extracurricular activities. Currently, the material provided is only about the use of Microsoft Word, Power Point and simple animations. ICT extracurricular activities have the potential to implement Pancasila student projects by introducing logic and programming algorithms. The purpose of this community service activity is to introduce, explain, and operate logic and programming algorithm materials using the scratch application and the hour of code platform. With a game-based learning method, students are introduced to the concept of logic and algorithms through fun activities. The training methods used are material delivery, demonstration and practicum. The training participants were 23 students of Qita Purwokerto Elementary School who took part in the ICT extracurricular activity. This training activity began with a preparation stage that included coordination regarding training needs and training participants. The second stage was to introduce the scratch and hour of code platforms as media for learning logic and programming algorithms or coding. The third stage is to create a game with scratch and hour of code. The last stage of training is an evaluation that measures the achievement of training activities. The results of the training show that participants can follow the activities with enthusiasm. Furthermore, participants can also meet several indicators of achievement of training activities, including understanding the types of online coding learning platforms and being able to solve questions about creating simple games, coding training is also carried out again in several meetings when ICT extracurricular activities take place at school using scratch. These indicators show that the objectives of implementing the training can be achieved well.

 

Keywords: algorithms and programming; coding; project-based learning; scratch; hour of code.


Keywords


algorithms and programming; coding; project-based learning; scratch; hour of code.

Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. (2021). Panduan pengembangan projek peguatan profil pelajar pancasila jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Kemendikbudristek, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Erba Lutfina, & Anindya Khrisna Wardhani. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Pemrograman Berbasis Blok Bagi Anak. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 107–111.

Hartanti, T., & Yahfizham. (2023). Pengaruh Penerapan Algoritma Pemrograman Pada Kurikulum Merdeka. Journal Of Informatics And Busisnes, 01(03), 76–79.

Hidayat Jatmika, A., Arimbawa, I. W. A., Zubaidi, A., Wirarama W.W, I. G. ., & Zafrullah M, A. (2020). Pengenalan Logika dan Algoritma Pemrograman Menggunakan Program Aplikasi Komputer Scratch Bagi Siswa Usia Tingkat Dasar di SD Negeri Model Mataram. Jurnal PEPADU, 1(3), 307–314. https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v1i3.114

Iskandar, S. F. R., & Raditya, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Project-Based Learning Berbantuan Scratch. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya, 2013, 167.

Mardhiah, F., Yuli, F., Dini, N., Sugeng, P., & Memen, A. (2023). Implementasi Fun Learning Dengan Hour of Code Untuk Meningkatkan Minat Belajar Coding Pada Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1).

Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85. https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098

Mumtaziah Hasina Qiamu, N. W. A. M. (2020). Menstimulasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Anak-Anak dalam Menunjang Kebutuhan Abad Ke-21 melalui Pembelajaran Pemrograman Sederhana. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Prasti, D., Rusdi, M. I., & Putri, I. K. (2022). Coding For Kids. ABDIMAS LANGKANAE JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(2), 170–180. https://pusdig.web.id/index.php/abdimas/index

Prasvita, D. S., Santoni, M. M., & Muliawati, A. (2024). Implementasi Kurikulum Pemrograman Komputer di Sekolah M.I. Jami’atul Khair Ciledug Tangerang. BIDIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 9–19. https://doi.org/10.31849/bidik.v4i2.19171

Putra, A. R. A., Lidinillah, D. A. M., & Nuryadin, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pemrograman Berbantuan Scratch pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 911–920.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rizal, Y., Deovany, M., & Andini, A. S. (2022). Kepercayaan Diri Siswa Pada Pelaksanaan Projek. Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 46–57.

Santoso, B. A. (2014). Hour of Code, Belajar Coding Satu Jam. https://www.codepolitan.com/blog/hour-of-code-belajar-coding-satu-jam/

Triambodo, Y., Putro, M., & Astuti, R. (2022). Penerapan Scratch dalam Pembelajaran Coding Siswa Sekolah Dasar. 4, 1–21.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: