Pemberdayaan perempuan dalam mengembangkan usaha rumahan melalui added value ikan bulan di Gampong Kuala Langsa, Kota Langsa

Andika Putriningtias, Fiddini Alham, Hanisah Hanisah, Teuku Muhammad Faisal, Fauziah Azmi

Abstract


Abstrak

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan pada Bulan Agustus sampai September 2023. PKM ini bertujuan untuk menghasilkan produk olahan ikan, hingga tahap pemasaran. Indikatornya adalah kontribusi perempuan dalam peningkatan pendapatan keluarga. Mitra yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) serta Karang Taruna Gampong. Metode yang dilakukan adalah pendekatan sosial, pelaksanakan kegiatan, evaluasi dan monitoring. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah terciptanya kreatifitas masyarakat Gampong Kuala Langsa, khususnya perempuan dalam menciptakan sebuah produk olahan ikan bulan. Dimana dari hasil olahan ini dapat meningkatkan nilai atau harga jual ikan bulan tersebut dan dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan skill anggota mitra terhadap pentingnya packaging dan branding suatu produk. Serta peningkatan daya kreatifitas mitra untuk mengembangkan suatu bahan menjadi suatu produk olahan yang memiliki nilai tambah sehingga dapat menambah pendapatan keluarga.

 

Kata kunci: ikan bulan; kuala langsa; nugget; pemberdayaan; Perempuan; usaha rumahan.

 

Abstract

This Community Service (PKM) activity was carried out from August to September. This PKM aims to produce processed fish products, up to the marketing stage. The indicator is the contribution of women in increasing family income. Partners who are the target of this activity are Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) and Gampong Youth Organization. The methods used are social approach, activity implementation, evaluation and monitoring. The result of this PKM activity is the creation of creativity in the community of Gampong Kuala Langsa, especially women in creating a processed moon fish product. Where from these processed results can increase the value or selling price of the moon fish and can help improve the family economy. The result of this activity is an increase in the knowledge and skills of partner members on the importance of packaging and branding a product. As well as increasing the creativity of partners to develop an ingredient into a processed product that has added value so that it can increase family income.

 

Keywords: moon fish; kuala langsa; nuggets; empowerment; women; home-based business.


Keywords


moon fish; kuala langsa; nuggets; empowerment; women; home-based business.

Full Text:

PDF

References


BPS. (2016). Langsa Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kota Langsa.

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 8(2), 181–191.

Mulyadi, O. G. (2015). Pengaruh Merek Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM. Ekonologi : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1).

Normina, H. (2014). Masyarakat Dan Sosialisasi. Ittihad, 12.

Paramita, A., & Kristiana, L. (2013). Teknik Focus Group Discussion Dalam Penelitian Kualitatif. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(2), 117–127.

Pratiwi, L., Somantri, Y. F., & Lestari, S. P. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan : Strategi Penentuan Harga Pokok Produksi Dan Strategi Promosi Pada Industri Rumahan. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31604/jpm.v4i2.366-371

Utami, T. (2021). The Government’s Prevention Efforts on Violence Against Women Human Rights Perspective. UNIFIKASI : Jurnal Ilmu Hukum, 8(2), 244–252. https://doi.org/10.25134/unifikasi.v8i2.4994




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: