Peningkatan kompetensi branding: literasi desain label kemasan untuk optimalisasi produk kewirausahaan siswa SMAN 8 Surabaya
Abstract
Abstrak
Kemampuan dalam literasi desain, khususnya dalam pembuatan label kemasan, menjadi aspek penting dalam mendukung branding dan pemasaran produk kewirausahaan siswa. Label kemasan yang menarik dan informatif dapat meningkatkan daya saing produk serta memperkuat identitas merek di pasar. Seiring dengan perkembangan industri kreatif dan digital, keterampilan desain grafis semakin diperlukan, terutama bagi siswa yang ingin mengembangkan usaha mandiri. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan yang berfokus pada literasi desain label kemasan guna membekali siswa dengan keterampilan teknis dan wawasan strategis dalam membangun citra produk yang profesional. Kegiatan ini ditujukan bagi siswa kelas 12 di SMAN 8 Surabaya yang memiliki minat dalam bidang kewirausahaan dan desain. Metode penelitian yang digunakan menggunakan snowball throwing dengan tiga aktifitas kegiatan seperti observasi, kegiatan inti (sosialisasi dan pendampingan), dan Evaluasi ( pre test, post test, dan kurasi ide bisnis). Melalui pendekatan berbasis proyek, siswa diberikan pemahaman mengenai prinsip desain label kemasan yang efektif, elemen visual dalam branding, serta teknik digital dalam pembuatan desain kemasan yang menarik dan fungsional menyesuaikan kebutuhan produk. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi branding siswa dalam merencanakan perancangan desain label kemasan yang sesuai dengan target pasar. Luaran produk yang dihasilkan juga berupa prototipe desain kemasan sesuai dengan kebutuhan dari lima ide bisnis yang dirancang desain kemasannya dari hasil kompetisi ide bisnis BMC peserta. Dengan demikian, siswa tidak hanya mampu menciptakan produk yang lebih kompetitif, tetapi juga memiliki kesiapan dalam menghadapi tantangan industri kreatif di era digital guna memperkuat enterpreneur skill siswa kelas 12.
Kata kunci: literasi desain; branding; label kemasan; kewirausahaan; pemasaran.
Abstract
The ability in design literacy, especially in making packaging labels, is an important aspect in supporting branding and marketing of students' entrepreneurial products. Attractive and informative packaging labels can increase product competitiveness and strengthen brand identity in the market. Along with the development of the creative and digital industries, graphic design skills are increasingly needed, especially for students who want to develop independent businesses. Therefore, training is needed that focuses on packaging label design literacy to equip students with technical skills and strategic insights in building a professional product image. This activity is intended for grade 12 students at SMAN 8 Surabaya who are interested in entrepreneurship and design. The research method used is snowball throwing with three activity activities such as observation, core activities (socialization and mentoring), and evaluation (pre-test, post-test, and curation of business ideas). Through a project-based approach, students are given an understanding of the principles of effective packaging label design, visual elements in branding, and digital techniques in creating attractive and functional packaging designs that suit product needs. The results of this activity are expected to improve students' branding competence in planning packaging label designs that are in accordance with the target market. The product output produced is also in the form of a prototype packaging design according to the needs of the five business ideas whose packaging designs are designed from the results of the BMC business idea competition participants. Thus, students are not only able to create more competitive products, but also have the readiness to face the challenges of the creative industry in the digital era in order to strengthen the entrepreneurial skills of class students. students.
Keywords: design literacy; branding; packaging labels; entrepreneurship; marketing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Irianto, O., Poerwandar Asmaningrum, H., Maulana Rachman, A., Budiasto, J., Hyronimus Ama Longgy, D., & Gregorius Nado, J. (2024). PENINGKATAN KOMPETENSI BRANDING PRODUK: PELATIHAN DESAIN LOGO DAN KEMASAN UNTUK GENERASI ENTERPRENEUR MUDA. Jurnal Lantera Widya , 6(1), 47–52. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/lenterawidya/article/view/1298
Israr, A. A., & Kamariah, N. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK MELALUI PERANCANGAN DESAIN KEMASAN BARU PADA UMKM WARCOK. ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 1(2), 204–222. https://doi.org/10.33509/admit.v1i2.2357
Mahfirah, T. F., Rahmi, Haneul, Haura, T., & Putri, C. A. (2023). PELATIHAN PRODUCT BRANDING SEBAGAI OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN BAGI UMKM. Sarwahita, 20(02), 131–141. https://doi.org/10.21009/sarwahita.202.2
Neliwati, N., Wahyuni Siregar, R., & Raihan Nasution, W. (2021). Implementasi Pembelajaran Arah Mata Angin Melalui Metode Snowballing Throwing Pada Siswa Kelas 6 SD Negeri 014716 Simondong Kecamatan Sei Suka Kabupeten Batu Bara. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.56114/maslahah.v2i1.141
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers. John Wiley & Sons.
Putri, G. R., Lubis, R. F., Arsil, F., Sitorus, T. M., Zulhamidi, Z., & Siregar, R. S. (2023). Teknologi Desain Kemasan Dalam Upaya Peningkatan Value Added Produk Usaha Kecil dan Menengah. Journal of Industrial Community Empowerment, 2(1), 24. https://doi.org/10.52759/jice.v2i1.191
Setyawati, A. , Islami, P. Y. N. , Anwar, R. N. , Nani, L. D. , Pertiwi, W. N. B. , Pujiastuti, E. E. , Marewa, J. B. , Putra, R. S. , Febrianty, S. M. , Vidyanata, D. , Rosharita., Rane, M. K. D. , & Irmal, S. B. C. ,. (2024). Kewirausahaan pada Era Digital: Vol. Vol. 1. (Ed. A. Sudirman, Ed.; 1st ed.,). Eureka Media Aksara.
Shahwar, D. e, Ashfaq, F., & Khan, M. (2024). The Impact of Visual Packaging Design on Perceived Food Product Quality and Brand Preference with Moderating Effect of Gender. Bulletin of Business and Economics (BBE), 13(1). https://doi.org/10.61506/01.00260
Suhardi, S., & Nurazizah, A. (2024). PENYULUHAN LITERASI DIGITAL MELALUI SOSIALISASI PADA ANAK-ANAK DI SDN 007 MUARA KAMAN. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 30. https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i1.49433
Suminto, M. A., & Arifianto, P. F. (2024). Perancangan E-Catalog Ardent Signature Sebagai Media Pemasaran Digital Produk Kursi Kantor Premium. Nirmana, 24(1), 60–71. https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.60-71
Suminto, M. A., Setiyoko, N., Dewanto, T. H., Afandi, H. R., Yuandi, S. R., Herlambang, Y., Pratama, C., Kaila, S., Hermansyah, D., Zakariya, M., Ridwan, A., & Suryani, T. (2024). Pelatihan siswa & guru jurusan desain komunikasi visual SMK Negeri 1 Surabaya membuat animated sticker dan memasarkannya secara digital. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1342–1352.
Suwarno, S., & Gautama, J. (2022). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PHOTOSTOCK DI SMA BODHI DHARMA MENGGUNAKAN FRAMEWORK SCRUM. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1344. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10393
Teece, D. J. (2018). Business models and dynamic capabilities. (1 ed., Vol. 51). Long range planning.
Wisnu Putra Wijaya, H. G. S. (1970). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE ILLUSTRATOR BERBASIS TUTORIAL KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA. TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.36312/teacher.v2i1.346
Xu, X. (2022). Packaging Design Method of Modern Cultural and Creative Products Based on Rough Set Theory. Mathematical Problems in Engineering, 2022, 1–11. https://doi.org/10.1155/2022/2140075
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30177
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: