Pelatihan penggunaan model pembelajaran PBL berbasis kearifan lokal huköm adat laôt pada guru SD
Abstract
Abstrak
Kelompok kerja guru merupakan wadah kegiatan professional guru yang beranggotakan guru-guru dari sekolah di dalam gugus terkait. SD di Kecamatan Baitussalam Kab. Aceh Besar memiliki KKG Guru Kelas, yaitu KKG Gugus SD Negeri Lambada Klieng. Gugus ini terdiri dari delapan(8) sekolah imbas yaitu: (a) SD Negeri Lambada Klieng; (b) SD Negeri Kuta Pasie; (c) SD Negeri 1 Klieng; (d) SD negeri 2 Klieng; (e) SD Negeri Deah Rungkom; (f) SD Negeri Kajhu; (g) SD Negeri Labuy; (h) SD Negeri Monsinget. Salah satu masalah utama guru dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya kompetensi pedagogical content knowledge (PCK) guru dalam pengintegrasian kearifan lokal ke pada pembelajaran, guru masih banyak yang belum paham tentang kearifan lokal khususnya huköm adat laôt. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagodical content knowledge (PCK) guru khususnya pada Gugus SD Negeri Lambada Klieng melalui pelatihan dan pendampingan lapangan. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri Lambada Klieng dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui pendampingan dengan metode berikut: penyuluhan, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi, serta keberlanjutan program. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru mampu menerapkan dan membuat kegiatan pembelajaran dengan model PBL-HL berorientasi SSI; dan Meningkatnya kompetensi pedagogical content knowledge (PCK) guru di KKG SD Negeri Lambada Klieng.
Kata kunci: PBL; kearifan lokal; SSI; PCK.
Abstract
A teacher work group (KKG) is a group for professional teachers’ activities. The members of the group are the teachers from related clusters. Elementary Schools in Baitussalam Subdistrict, Aceh Besar District has a KKG for Classroom Teachers, that is KKG Cluster SD Negeri Lambada Klieng. This Cluster has eight school, they are: (a) SD Negeri Lambada Klieng; (b) SD Negeri Kuta Pasie; (c) SD Negeri 1 Klieng; (d) SD Negeri 2 Klieng; (e) SD Negeri Deah Rungkom; (f) SD Negeri Kajhu; (g) SD Negeri Labuy; (h) SD Negeri Monsinget. One of the problems teachers face in teaching learning is the lack of teachers’ pedagogical content knowledge (PCK) in integration of local wisdom in learning. Many teachers still do not understand the local wisdom, especially huköm adat laôt. This activity aims to improve the teachers’ pedagogical content knowledge (PCK) especially Cluster SD Negeri Lambada Klieng, through workshop and assistance. This activity was carried out at SD Negeri Lambada Klieng with 25 participants. The community service is conducted through mentoring with the following methods: counseling, workshops, application of technology, assistance, evaluation, and program sustainability. The results of this community service are: the teachers can implement and create the teaching learning process by using SSI-Oriented PBL-HL model; and the teachers’ pedagogical content knowledge (PCK) Cluster SD Negeri Lambada Klieng improves.
Keywords: PBL; local wisdom; SSI; PCK
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustang, A., Bastiana, & Agustang, D. M. P. (2022). Pkm sosialisasi metode project based learning (pjbl) berorientasi kearifan lokal di UPT SD negeri 219 Mabbiring Pulu Kabupaten Bone. Jurnal Pengabdian Masyarakat Peternakan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.59585/sosisabdimas.v1i1.14
Aththibby, A. R., Lubis, S. P. W., & Ardiyanti, Y. (2019). Tpack as innovation of learning science laboratory of Indonesia. 6th International Conference on Educational Research and Innovation, 330(Iceri 2018), 135–138. https://doi.org/10.2991/iceri-18.2019.27
Deswita, P., Zamista, A. A., Asrar, A., Fajri, S., Kurnia Illahi, R., Hidayatul, M., Lubis, P., & Pratama, R. (2023). Assistingthe development of integrated science learning tools based on PjBL: Fostering students’ pancasila character in the merdeka curriculum. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1584–1596. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i6.16171
Drani, A., & Susanti, N. (2022). Penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal Aceh Barat pada materi teks deskripsi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii-a MTSN 1 Aceh Barat tahun pelajaran 2021/2022. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 170–179. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.466
Hadi, K. (2017). Pengembangan model problem-based learning berbasis kearifan lokal pada materi keanekaragaman hayati Kelas x. BIOnatural, 4(2), 42–52.
Hadi, K., & Dazrullisa. (2018). Pengembangan bahan ajar biologi berbasis kearifan lokal. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2018, 822–828.
Legarano, H. A. A., & Natajaya, N. (2014). Evaluasi pelaksanaan kegiatan kkg SD gugus ii Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, 5, 1. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/1249
Lubis, S P W, Suryadarma, I., Paidi, & Jatmiko. (2022). Local wisdom-based science learning model in Indonesia (Meta-Analysis). The Changing Role of Knowledge and Living Sustainability in ASEAN Community, August, 266–279. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/int.v1i1.2541
Lubis, Silvi Puspa Widya, Suryadarma, I. G. P., & Paidi. (2022). Pedoman Penggunaan Model PBL-HL Berorientasi Socio-scientific issues. In Repository.Ummetro.Ac.Id (Issue September). CV Laduny Alifatama. https://repository.ummetro.ac.id/files/artikel/3852.pdf
Lubis, Silvi Puspa Widya, Suryadarma, I. G. P., Paidi, & Yanto, B. E. (2022). The effectiveness of problem-based learning with local wisdom oriented to socio-scientific issues. International Journal of Instruction, 15(2), 455–472. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15225a
Pajriah, S., & Suryana, A. (2020). Pendampingan model problem-based learning (pbl) berbasis kearifan lokal masyarakaat kampung Dokdak bagi guru di SMA N 1 Baregbeg Kabupaten Ciamis. Abdimas Galuh, 2(2), 99–108. https://doi.org/10.25157/ag.v5i2.11670
Ramdiah, S., Abidinsyah, A., Royani, M., Husamah, H., & Fauzi, A. (2020). South Kalimantan local wisdom-based biology learning model. European Journal of Educational Research, 9(2), 639–653. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.639
Rasyid, H. Al. (2017). Fungsi kelompok kerja guru bagi pengembangan keprofesionalan guru sekolah dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 24(2), 143–150.
Sari, E. N., Miriam, S., & Suyidno, S. (2023). Developing students’ scientific literacy skills in driving schools through the use of local wisdom-based physics lesson e-module. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 11(1), 9. https://doi.org/10.20527/bipf.v11i1.14095
Sukirman, S. (2020). Efektivitas kelompok kerja guru (kkg) dalam peningkatan kompetensi guru. Indonesian Journal of Education Management & …, 4(1), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4385
Sumargono, Sukanto, I., & Suroto. (2020). Pelatihan pengembangan bahan ajar tematik berbasis literasi kearifan lokal untuk guru SD se Kota Metro. Jurnal Sumbangsih, 1(1), 58–63. https://doi.org/10.23960/jsh.v1i1.10
Suryawati, E., Suzanti, F., Zulfarina, Putriana, A. R., & Febrianti, L. (2020). The implementation of local environmental problem-based learning student worksheets to strengthen environmental literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 169–178. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892
Swaraswati, Y., Liftiah, Sari, W. A., Budiningsih, T. E., Mabruri, M. I., Sulistyawati, Y., & Khusna, L. A. (2023). Pelatihan peningkatan kompetensi profesional guru SD Nasima Semarang menuju sekolah ramah anak. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1687–1695. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v716.16198
Torro, S., Kasim, N., & Awaru, A. O. T. (2021). Implementasi model problem based learning berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(2), 197–202. https://doi.org/10.29210/020211137
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30182
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: