Sosialisasi dan pendampingan sertifikasi halal untuk UMKM dalam meningkatkan daya saing usaha

Riyan Andni, Syukri Fathudin Achmad Widodo, Eki Candra, Lana Nisrina Nabila, Sattar Sattar

Abstract


Abstrak

UMKM memiliki peran strategis dalam meningkatkan perekonomian melalui penyerapan tenaga kerja dan peningkatan daya saing produk melalui legalitas. Sertifikasi halal menjadi kebutuhan penting dalam memberikan kepercayaan dan perlindungan konsumen sekaligus membuka peluang besar bagi UMKM menembus pasar internasional. Tingginya peluang pasar halal tidak sebanding dengan kenyataan dilapangan, ditemukan masih banyak UMKM yang belum tersertifikasi karena kurang informasi, minim kesadaran, dan belum memahami prosedur pengajuan. Pengabdian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) dengan langkah persiapan, sosialisasi, pendampingan pengajuan sertifikasi halal, dan evaluasi untuk meningkatkan daya saing UMKM. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman UMKM tentang sertifikasi halal, mendukung legalitas produk, dan memperkuat daya saing di pasar. Tujuan kegiatan ini mendorong UMKM proaktif memastikan standar halal, menciptakan peluang pasar, dan mendukung ekonomi halal berkelanjutan. Hasil menunjukkan UMKM memahami pentingnya label halal dalam memberikan perlindungan konsumen dan meningkatkan kepercayaan, mampu mengidentifikasi bahan baku serta proses produksi yang sesuai standar halal, dan menyadari bahwa sertifikasi halal dapat memperkuat daya saing produk mereka. Implikasinya, UMKM menjadi lebih proaktif menjaga standar halal, memperluas akses pasar, dan mendukung keberlanjutan ekonomi halal di tingkat lokal maupun global.

 

Kata kunci: sosialisasi; pendampingan; sertifikasi halal; daya saing UMKM

 

Abstract

MSMEs have a strategic role in improving the economy through workforce absorption and increasing product competitiveness through legality. Halal certification is an important need in providing consumer trust and protection while opening up great opportunities for MSMEs to penetrate the international market. The high halal market opportunities are not comparable to the reality in the field, it was found that there are still many MSMEs that have not been certified due to lack of information, minimal awareness, and do not understand the application procedure. This service uses the PAR (Participatory Action Research) method with preparation steps, socialization, assistance in submitting halal certification, and evaluation to increase the competitiveness of MSMEs. The purpose of this service is to increase MSMEs' understanding of halal certification, support product legality, and strengthen competitiveness in the market. The purpose of this activity is to encourage MSMEs to be proactive in ensuring halal standards, creating market opportunities, and supporting a sustainable halal economy. The results show that MSMEs understand the importance of halal labels in providing consumer protection and increasing trust, are able to identify raw materials and production processes that comply with halal standards, and realize that halal certification can strengthen the competitiveness of their products. The implication is that MSMEs become more proactive in maintaining halal standards, expanding market access, and supporting the sustainability of the halal economy at the local and global levels.

 

Keywords: socialization; mentoring; halal certification; competitiveness of MSMEs


Keywords


socialization; mentoring; halal certification; competitiveness of MSMEs

Full Text:

PDF

References


Al-Mahmood, Omar A., and Angela M. Fraser. (2023). ‘Perceived Challenges in Implementing Halal Standards by Halal Certifying Bodies in the United States’ edited by I. A. Odetokun. PLOS ONE 18(8):e0290774. doi: 10.1371/journal.pone.0290774.

Asmawati, Asmawati, Dina Soes Putri, and Adi Gunawan. (2024). ‘Sosialisasi Program Sertifikasi Halal Gratis Bagi Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil’. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 8(2):1781. doi: 10.31764/jmm.v8i2.21303.

Djakfar, Inayatillah, and Isnaliana Isnaliana. (2021). ‘Model Pendampingan Pengurusan Sertifikasi Produk Makanan Halal bagi UMKM dalam Mendukung Banda Aceh Menjadi Kota Wisata Halal’. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat 5(1):80–88. doi: 10.30656/jpmwp.v5i1.2742.

Efendy, Diandra Kusuma, Dian Yuniardi, Fira Amanda, M. Mikfha Hatari, Shepia Shalsabila Putri, and Syaiful Rijal. (2022). ‘Sosialisasi Dan Pendampingan Sertifikasi Halal Menggunakan Aplikasi SiHalal Pada UMKM Di Desa Salo Palai’.

Gunawan, Setiyo, Raden Darmawan, Lailatul Qadariyah, Hakun Wirawasista, Rauf Firmansyah, Mochammad Ainun Hikam, Indriana Purwaningsih, and Mohammad Fandy Ardhilla. (2020). ‘Pendampingan Produk UMKM di Sukolilo menuju Sertifikasi Halalan Thayyiban’. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 4(1).

Hamidatun, Hamidatun, and Shanti Pujilestari. (2022). ‘Pendampingan Penerapan Sistem Jaminan Produk Halal di UMKM Sayap Ayam Krispi Kota Bekasi’. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia 2(2):609–16. doi: 10.54082/jamsi.302.

Hermanto, Nandang, Pungkas Subarkah, Alya Khansa Dzakkiyah, and Ragil Wilujeng. (2023). ‘Pelatihan Pembuatan Website Bagi Perangkat Desa Dan Karang Taruna Untuk Digitalisasi Desa Karangsalam Lor Banyumas’. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7(2):1385. doi: 10.31764/jpmb.v7i2.14823.

Ibrahim, Hendra, and Nisya Fauziah. (2023). ‘Peran Dan Strategi Peningkatan Sertifikasi Halal Dalam Ekspor Produk Halal Di Pasar Internasional’. Jurnal Minfo Polgan 12(2):2567–71. doi: 10.33395/jmp.v12i2.13311.

Latifah, Luluk, Muhammad Anas, and Andre Ridho Saputro. (2023). ‘Pendampingan Proses Produk Halal (Pph) Hingga Penerbitan Sertifikasi Halal Dengan Aplikasi Si-Halal Melalui Mekanisme Halal Self Declare Pada Pelaku Usaha Bumbu Hikmah’. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat 2(03):59–67. doi: 10.58471/pkm.v2i03.1972.

Moerad, Sukriyah Kustanti, Sri Pingit Wulandari, Mutiah Salamah Chamid, and Eka Dian. (2021). ‘Sosialisasi Serta Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM di Kabupaten Sidoarjo’.

Muslimin, Afif Ikhwanul. (2020). ‘Pemberdayaan masyarakat untuk merintis kampung Inggris di Desa Kalipakem Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang’. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 16(1):27–42. doi: 10.20414/transformasi.v16i1.2144.

Nadya, Alissa Qotrun, Ahmad Ridho Hafidz, Aynul Latifa, and Shofil Fikri. (2023). ‘Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM Desa Pondokagung Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang’. 1.

Pardiansyah, Elif, Muhammad Abduh, and Najmudin. (2022). ‘Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Dengan Skema Self-Declare Bagi Pelaku Usaha Mikro di Desa Domas’. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat Indonesia 1(2):101–10. doi: 10.56303/jppmi.v1i2.39.

Prabowo, Sulistyo, Azmawani Abd Rahman, Suhaimi Ab Rahman, and Asnarulkhadi Abu Samah. (2015). ‘Revealing Factors Hindering Halal Certification in East Kalimantan Indonesia’. Journal of Islamic Marketing 6(2):268–91. doi: 10.1108/JIMA-05-2014-0040.

Putria, Syah Amelia Manggala, and Safaah Restuning Hayati. 2021. ‘Pendampingan Umkm Al-Maidah Catering Jogja: Sertifikasi Halal Dan Pengelolaan Keuangan’. 2.

Rachma, Nur Chusna Adisa, and Diana Hertati. (2022). ‘Pendampingan Sertifikat Halal Pada Umkm Sektor Kuliner Di Kelurahan Penjaringansari Kecamatan Rungkut Kota Surabaya’. Journal of Engineering 3(1).

Rachman, Abdul, Mochammad Hasan Bishri, Nabilah Muthi’ahfatin, Nabila Henrieka, Suci Puryani, Ibnu Hajar, Fery Septiawan, Siti Nur Setiyati, Virna Amelia, Niken Julianti, and Mesya Nurul Maulida. (2023). ‘Pendampingan Sertifikasi Halal Pada Umkm Produk Minuman Sehat Rorese Khas Serdang Kulon Tangerang’.

Rachman, Abdul, Sunardi Sunardi, Aisyah Defy R. Simatupang, Shofiah Tidjani, and Martavevi Azwar. (2023). ‘Pendampingan Proses Produk Halal Dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) Bagi Pelaku UMKM Kedu Emas Tangerang’. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia) 8(1):1–8. doi: 10.33366/japi.v8i1.4558.

Rahman Syahputra, Haji Mustaqim, and Rosita Septiani. (2024). ‘Sosialisasi Pendalaman Kiat Sukses Ukm Mandiri Di Kelurahan Sembulang, Kecamatan Galang’. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina 3(1):38–43. doi: 10.36352/j-pis.v3i1.680.

Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. (2020). ‘Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat’. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(1):62. doi: 10.37905/aksara.6.1.62-71.2020.

Rizkhie, Viga Esa, and Eka Farida. (2024). ‘Pendampingan Pengajuan Perizinan Pengurusan Sertifikasi Halal Sebagai Legalitas Produk UMKM Emiro’. I-Com: Indonesian Community Journal 4(1):118–24. doi: 10.33379/icom.v4i1.3930.

Saputera, Mochammad Maulidie Alfiannor, Rahmiati Rahmiati, and Novian Adhipurna. (2024). ‘Pemberdayaan UMKM dalam Digitalisasi Marketing dan Branding Melalui Pendaftaran Merek Dagang’. Jurnal Pengabdian Masyarakat Panacea 2(2):133. doi: 10.20527/jpmp.v2i2.12813.

Shahnia, Citra, Dudi Permana, Sri Harini, Endri Endri, and Mutia Wahyuningsih. (2024). ‘The Effect of Halal Awareness, Halal Certification, and Social Servicecafe on Purchase Intention in Indonesia: The Mediating Role of Attitude’. International Review of Management and Marketing 14(3):97–104. doi: 10.32479/irmm.16186.

Shokhikhah, Nur Shaikhut Toharotus, Riska Putri Aprillia, Alfina Rahma Sabila, Azi Alfi Janah, and Namira Nurma Anjani. (2023). ‘Pendampingan Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Pengurusan Sertifikasi Halal Melalui Program SEHATI’. 1(3).

Sup, Devid Frastiawan Amir. (2023). ‘Pendampingan Proses Produk Halal (PPH) dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) pada Produk Muskan Cake’. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):75–86. doi: 10.54437/annafah.v1i1.1038.

Syufa’at, Enjen Zaenal Mutaqin, Abu Dharin, and Mutholaah. (2024). ‘Implementation of Chse Certificate for Tourism Object Management in Banyumas (Halal Tourism Perspective)’. Revista de Gestão Social e Ambiental 18(9):e05544. doi: 10.24857/rgsa.v18n9-069.

Ulfin, Ita, Lienggar Rahadiantino, Yatim Lailun Ni’mah, and Hendro Juwono. (2021). ‘Sosialisasi Halal dan Pendampingan Sertifikasi Halal untuk UMKM Kelurahan Simokerto’.

Wahyuni, Hana Catur, Puspita Handayani, and Titis Wulandari. (2023). ‘Pendampingan Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM’.

Wijoyo, Handoyo, Mohammad Saiful Anam, and Bagus Isyanto. (2023). ‘Implementation Halal Certification for Creative Economy Business Actors in the Food and Beverage Sub-Sector’.

Yasir, Jibria Ratna, Ilham Ilham, and Kalsum Padli. (2022). ‘Pengaruh Modal, Digitalisasi Informasi dan Kreativitas terhadap Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah di Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo’. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business 4(1):23–36. doi: 10.24256/kharaj.v4i1.2846.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: