Penerapan model inverted class sebagai upaya peningkatana kualitas pembelajaran matematika untuk mahasiswa baru di Jurusan Fisika Universitas Lampung

Ayu Aprilia, Gurum Ahmad Pauzi, Amir Supriyanto, Ahmad Faruq Abdurrahman, Syafriadi Syafriadi, Pulung Karo-karo, Suprihatin Suprihatin

Abstract


Abstrak

Matematika merupakan fondasi utama dalam penyelesaian berbagai masalah dalam bidang ilmu fisika. Namun, banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengusasai konsep-konsep dasar matematika sehingga menganggu prestasi akademik mahasiswa. Pengabdian ini bertujuan mengimplementasi metode inverted class untuk melihat bagaimana keberhasilannya dalam menyelesaikan permasalahan ini. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada minggu ke 3 dan 4 bulan Januari 2025. Kegiatan ini  dibagi menjadi menjadi tiga kegiatan yaitu persiapan kegiatan, pelaksanan kegiatan di kelas serta evaluasi keberhasilan dengan sasaran 55 mahasiswa baru Fisika Unila. Dalam masa persiapakan disusun modul interaktif, menarik dan modern. Lalu dilakukan test pemahaman awal konsep matematika dengan hasil 42,9%. Selanjutnya dilakukan 2 kali pembelajaran dengan inverted class. Pada tahap evaluasi diperoleh peningkatan pemahaman mahasiswa menjadi 60.5%. Dengan tambahan kesan positif terhadap pelaksanaan kegiatan dan modul yang diberikan. Pengabdian ini berhasil menunjukkan bahwa inverted class dapat menjadi solusi untuk mencarik pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep sekaligus melatih kemandirian belajar mahasiswa. 

 

Kata kunci: fisika; inverted class ; mahasiswa baru; pemahaman matematika

 

Abstract

However, many students struggle to grasp basic mathematical concepts, which negatively impacts their academic performance. This community service program aims to implement the Inverted Class method to evaluate its effectiveness in addressing this issue. The program activities were carried out in 3th dan 4th weeks of January 2025. This program was divided into three stages: preparation, classroom implementation, and evaluation of its success, involving 55 first-year physics students at Universitas Lampung. During the preparation phase, an interactive, engaging, and modern module was developed. An initial test was conducted to assess students' understanding of basic mathematical concepts, yielding an average score of 42.9%. The implementation phase involved two Inverted Class learning sessions. In the evaluation phase, the students' understanding improved significantly, with an average score increase to 60.5%. Additionally, students provided positive feedback on the learning process and the module used. This program successfully demonstrated that the Inverted Class method can serve as an effective approach to improving conceptual understanding while fostering students' independent learning skills.

 

Keywords: inverted class; first-year students; physics; mathematical understanding; independence


Keywords


inverted class; first-year students; physics; mathematical understanding; independence

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, N. (2019, Maret). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) (hlm. 1071–1076). Universitas Singaperbangsa Karawang.

Ardiana, N. A., & Wijayanto, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10.

Atikah, N., Akriani, W., & Isran, D. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 3(1), 45–56.

Nissa, I. C. (2022). Kemampuan Matematika Dasar Mahasiswa Fisika Ditinjau dari Mathematical Procedural Skills, Conceptual Understanding, dan Algorithmic Problem Solving. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(3), 443–450.

Darmawati, N. W. S. (2022). Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia Berbasis Flipped Classroom pada Era Digital dengan Pemanfaatan Google Classroom. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(2), 168–177.

Gusti, I. P., & Suharta, P. (2016). Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Pemecahan Masalah Matematika Real. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 10(2), 137–146.

Kamil, F. (2023). Matematika Sebagai Fondasi Kritis dalam Menaklukkan Tantangan Soal Fisika. JEAS (Journal of Educational and Applied Science), 1(1), 1–6. https://doi.org/10.30739/jeas.v1i1.2486

Latifah, U., & Rindaningsih, I. (2023). Implementasi Flipped Classroom dalam Mendukung Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. Jurnal Papeda, 5(2), 156–165.

Monoarfa, I., Arbie, A., & Nuayi, W. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 11(1), 117–131. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.25509

Sabirin, M., Fitria, A., & Ningsih, S. (2016). Profil Kemampuan Matematika Dasar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 29–42.

Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(1), 36–43. https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.30000

Rahman, R. (2022). Efektivitas Penerapan Flipped Classroom dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 25–32.

Sukri, H., & Fatah, D. A. (2020). Rancang Bangun Model Pembelajaran Flipped Classroom sebagai Solusi Peningkatan Daya Belajar Mandiri Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Edutic, 6(2), 52–59.

Suryani, M. L., & Wulandari, A. A. A. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemanjuan, 5(1), 45–55.

Suseno, N., Riswanto, R., Aththibby, A. R., Alarifin, D. H., & Salim, M. B. (2021). Model Pembelajaran Perpaduan Sistem Daring dan Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotor. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 42–50. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3169




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: