Optimalisasi pembelajaran biologi dengan model-model pembelajaran inovatif: pelatihan guru-guru SMA di Kota Kupang
Abstract
Abstrak
Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa guru biologi di Kota Kupang, termasuk guru biologi SMAN 9 Kota Kupang, diketahui bahwa guru telah mengenal banyak model pembelajaran inovatif dan telah mencantumkannya dalam perangkat pembelajaran yang mereka susun namun dalam pelaksanaan di kelas guru tidak melaksanakannya seperti apa yang tertulis karena guru belum memahami sintaks model-model pembelajaran inovatif dengan baik sehingga masih mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan model-model pembelajaran tersebut sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh mitra, maka tim pelaksana melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan tema pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran biologi berbasis model-model pembelajaran inovatif bagi guru-guru SMA di Kota Kupang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatan pemahaman dan pengetahuan guru-guru biologi di Kota Kupang terkait penyusunan perangkat pembelajaran biologi berbasis model-model pembelajaran inovatif sehingga guru-guru biologi dapat menerapkannya model-model pembelajaran tersebut di dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah yaitu pelatihan, pendampingan, serta monitoring dan evaluasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada Bulan April 2024, dihadiri oleh 34 peserta, dan dilaksanakan di SMA Negeri 9 Kota Kupang. Hasil dari kegiatan pelatihan, terdapat peningkatan pemahaman guru dalam menyusun perangkat pembelajaran biologi berbasis model-model pembelajaran inovatif sebesar 22,83 dengan nilai N-gain 0,21 dan setelah dilakukan kegiatan pendampingan, pemantauan dan evaluasi diketahui bahwa guru-guru biologi dapat melaksanakan sintaks model pembelajaran discovery, inquiry dan problem based learning secara baik dan dapat melaksanakan sintaks model project base learning dengan sangat baik.
Kata kunci: pelatihan; perangkat pembelajaran; model-model pembelajaran inovatif.
Abstract
Based on the results of interviews with several biology teachers in Kupang City, including biology teachers of SMAN 9 Kupang City, it is known that teachers are familiar with many innovative learning models and have included them in the learning tools they compile but in the implementation in the classroom teachers do not implement them as written because teachers do not understand the syntax of innovative learning models well so that they still have difficulty in implementing these learning models according to the characteristics of the subjects they teach Based on the problems faced by partners, the implementation team conducted community service activities with the theme of training in the preparation of biology learning tools based on innovative learning models for high school teachers in Kupang City. The purpose of this activity is to increase the understanding and knowledge of biology teachers in Kupang City related to the preparation of biology learning tools based on innovative learning models so that biology teachers can apply these learning models in learning. The methods used in this activity are training, mentoring, and monitoring and evaluation. This community service activity was carried out in April 2024, attended by 34 participants, and held at SMA Negeri 9 Kupang City. As a result of the training activities, there was an increase in teachers' understanding in preparing learning tools.
Keywords: training; learning tools; innovative learning models.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ba’in, Kurniawan, G. F., Hannan, A. M., Hanifah, F., & Naziya, I. (2023). Optimalisasi Ketrampilan Guru Sejarah dalam Mengembangkan dan Memanfaatkan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9), 2045–2053. https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/index
Direktorat Pembinaan SMA. (2017). Model-Model Pembelajaran.
Elvianasti, M., Irdalisa, I., Yarza, H. N., Ritonga, R. F., & Rikizaputra, R. (2023). Pelatihan Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Terintegrasi HOTS Bagi MGMP Biologi. Surya Abdimas, 7(4), 625–632. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i4.3163
Herianto, A., Sukuryadi, Ibrahim, Mas’ad, Khosiah, Mahsup, Muhardini, S., Setiawan, I., & Junaidin. (2023). Pendampingan Penyusunan Rancangan Pembelajaran Inovatif Abad 21 pada Mahasiswa. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2165–2170.
Hiasa, F., & Agustina, E. (2020). Pelatihan Model-Model Pembelajaran Inovatif untuk Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Anugerah, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i1.1597
Juwati, J., Satinem, S., & Nugroho, A. (2021). Sosialisasi Model Pembelajaran Inovatif Bagi Mahasiswa STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Cemerlang : Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 88–97. https://doi.org/10.31540/jpm.v4i1.1424
Khawani, A., & Rahmadana, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Abad 21 pada Pembelajaran Tematik untuk Menumbuhkan Kreatifitas Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 231–240. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4280
Khodijah Nyayu. (2012). Profesionalisme Guru dalam Penerapan Model-Model Pembelajaran Inovatif pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Professionalism of Teachers in Application of Innovative Learning Models at Pioneering International School. Jurnal Teknodik, 16(3), 255–264.
Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Parama ilmu.
Sadikin, A., Siburian, J., Sembiring, D. A. E. P., Mardiyanti, L., & Mursyd, D. (2023). Pelatihan Model-Model Pembelajaran Inovatif Bagi Guru- Guru di SMA N 2 Muaro Jambi. JUPEMA (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 2(2), 1–5. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17267
Salam, A., Zainuddin, Z., Susilowati, E., Miriam, S., Mastuang, M., Dewantara, D., Haryandi, S., Supriyadi, S., & Rahmatullah, P. (2020). Pelatihan Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Penulisan Karya Ilmiah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1. https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i1.1920
Shamdas, G. B., Bialangi, M., Bialangi, M., Buntu, A., & Buntu, A. (2022). Penyuluhan dan Pendampingan Perancangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Lesson Study pada Guru SMP di Palu. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 86. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4659
Surjowati, R., Wirawati, B., Bardianing Panggalih, W., Tria Shalsadita, R., Yusma Dian Syahputra, B., & Aulia, S. (2024). Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Bagi Guru SMA Negeri 19 Surabaya. Journal of Community Service), 6(4). https://doi.org/10.36312/sasambo.v6i4.2013
Suryani, Y., Jumantini, E., Setiawan, I., Pratiwi, R. T., & Mulyati, S. (2023). Pelatihan Model Pembelajaran Inovatif dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Guru-Guru MGMP IPS SMP Wilayah Singaparna. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 06(02), 201–207.
Tibahary, A. R., & Muliana. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54–64.
Widodo, M., Suyanto, E., Kartika, A., & Meirita, S. (2021). Pelatihan Model-Model Pembelajaran Bagi Guru Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Pesawaran. Jurnal Griya Cendekia, 6(2), 384–389.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.30282
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: