Pendampingan literasi Al-Qur’an dalam kurikulum pendidikan dan pemahaman antarbudaya di SMAN 1 Labuapi
Abstract
Abstrak
SMA Negeri 1 Labuapi Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca, memahami, dan mengamalkan isi Al-Qur'an. Program literasi Al-Quran menumbuhkan budaya membaca Al-Quran di kalangan peserta didik dan didukung oleh kurikulum yang tepat agar berjalan efektif serta mencapai tujuan yang diharapkan. Metode pembelajaran yang bervariasi seperti pembelajaran aktif, diskusi kelompok, dan studi kasus, digunakan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Pendampingan program ini melibatkan integrasi ke dalam kurikulum reguler dan kegiatan ekstrakurikuler. Hasil dari program literasi Al-Qur'an diharapkan dapat menumbuhkan kebiasaan membaca Al-Qur'an dan meningkatkan minat baca peserta didik. Literasi Al-Qur'an juga diharapkan dapat membentuk kecerdasan spiritual siswa. Penelitian ini mengkaji aspek-aspek penting dalam pengembangan kurikulum, seperti tujuan, isi, strategi pembelajaran, sumber daya, dan evaluasi.
Kata kunci: literasi Al-Quran; pemebelajaran; kurikulum
Abstract
SMA Negeri 1 Labuapi, Labuapi District, West Lombok Regency which aims to improve students' abilities in reading, understanding and practicing the contents of the Al-Qur'an. The Al-Quran literacy program fosters a culture of reading the Al-Quran among students and is supported by an appropriate curriculum so that it runs effectively and achieves the expected goals. Various learning methods, such as active learning, group discussions, and case studies, are used to increase student interest and understanding. Implementation of this program involves integration into the regular curriculum and extracurricular activities. The results of the Al-Qur'an literacy program are expected to foster the habit of reading the Al-Qur'an and increase students' interest in reading. Al-Qur'an literacy is also expected to shape students' spiritual intelligence. This research examines important aspects in curriculum development, such as objectives, content, learning strategies, resources, and evaluation.
Keywords: literacy Al-Quran; learning; curriculum.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Doriza, N. R., Yusro, N., & Ristianti, D. H. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM KOKURIKULER TAHSIN DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 REJANG LEBONG. Jurnal Literasiologi, 10(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v10i1.566
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.
Iing Nurhidayat. (2023). Penerapan Program Tahfidz Al-Quran Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Madrasah Aliyah Ar-Rahman Ciamis. Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, Dan Budaya, 5(1), 21–37.
Ikhwanun, M., & Hayudinna, H. G. (2021). Gerakan Literasi Sekolah: Upaya Meningkatkan Literasi Dasar Siswa. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 87–97. https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3919
Ngurah Suragangga, I. M. (2017). MENDIDIK LEWAT LITERASI UNTUK PENDIDIKAN BERKUALITAS. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
Nurhidin, E. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Membaca Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.136
Nurliah Nurliah. (2024). Pengembangan Kurikulum Program Literasi Al-Qur’an Jenjang SMA. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(6), 135–147. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i6.620
Putri, N. A., & Rohman, F. (2024). Evaluasi dampak program literasi al- qur ’ an terhadap penguatan karakter religius siswa sekolah menengah pertama. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 766–778.
Suhadi, S., & Zakariyah, Z. (2021). Implementasi Budaya Literasi Pada Pembelajaran Al Qur`an Hadits di Madrasah Aliyah. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 121–128. https://doi.org/10.31538/cjotl.v1i2.116
Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.30347
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: