Vertical garden sebagai solusi optimalisasi lahan di Sangkhom Islam Wittaya School Thailand

Dyah Panuntun Utami, Isna Windani, Istiko Agus Wicaksono, Uswatun Hasanah, Didik Widiyantono, Arta Kusumaningrum

Abstract


Abstrak

Sangkhom Islam Wittaya School salah satu sekolah di Thailand yang memiliki lahan cukup luas. Lahan ditanami berbagai jenis tanaman hias sehingga lingkungan asri dan nyaman. Namun demikian ada beberapa area sekolah yang tampak kosong dan belum dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) sehingga terasa panas. RTH dapat dibangun dengan vertical garden yang akan memberikan keindahan secara visual dan manfaat ekologis. Kenyamanan lingkungan sekolah akan meningkatkan motivasi dan kosentrasi belajar siswa. Tujuan pengabdian masyarakat adalah 1) memberikan pengetahuan tentang optimalisasi lahan sekolah, 2) memberikan pengetahuan tentang vertical garden sebagai solusi untuk meningkatkan kenyamanan sekolah. Peserta adalah siswa tingkat Menengah Atas dengan jumlah 40 orang. Metode pelaksanaan kegiatan adalah penyuluhan dilanjutkan dengan diskusi dan evaluasi. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan antusias peserta cukup tinggi, peserta memahami dampak posistif vertical garden, namun tidak semua peserta menyatakan kesediaan mempraktekkan vertical garden di rumah atau di sekolah. Hal ini karena kekhawatiran terkait biaya, perawatan intensif, dan pemasangan instalasi yang rumit. Perlu kerjasama antara direktur, guru dan sisiwa jika akan membangun vertical garden di Sangkhom Islam Wittaya School.

 

Kata kunci: vertikal garden; optimalisasi lahan

 

Abstract

Sangkhom Islam Wittaya School is one of the schools in Thailand which has quite a large area of land. The land is planted with various types of ornamental plants so that the environment is beautiful and comfortable. However, there are several school areas that look empty and have not been used as green open space (RTH) so they feel hot. RTH can be built with a vertical garden which will provide visual beauty and ecological benefits. The comfort of the school environment will increase student motivation and concentration in learning. The aim of community service is 1) to provide knowledge about optimizing school land, 2) to provide knowledge about vertical gardens as a solution to improve school comfort. Participants were 40 Upper Intermediate level students. The method of implementing activities is counseling followed by discussion and evaluation. The results of community service showed that participants' enthusiasm was quite high, participants understood the positive impact of vertical gardens, but not all participants expressed a willingness to practice vertical gardens at home or at school. This is due to concerns regarding cost, intensive maintenance and complicated installation. Cooperation between directors, teachers and students is needed if you want to build a vertical garden at Sangkhom Islam Wittaya School

 

Keywords: vertical garden; land optimization


Keywords


vertical garden; land optimization

Full Text:

PDF

References


Alfaatihah, M. S., Permanasari, M. D., Sudrajat, A. G., Kurniatillah, A., Shavira, M. H., & Afiff, D. K. (2021). Modular Vertical Garden Sebagai Solusi Praktis Urban Gardening Institut Teknologi Nasional. Jurnal Rekayasa Hijau, 5(3), 207–217. https://doi.org/10.26760/jrh.v5i3.207-217

Arsil, Yantoro, & Sari, R. (2018). Analisis Iklim Sekolah Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 30–56. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6753

Davis, M. M., Espinosa, A. L. V., & Ramirez, F. R. (2019). Beyond Green Façades: Active Air-Cooling Vertical Gardens. Smart and Sustainable Built Environment, 8(3), 243–252. https://doi.org/10.1108/SASBE-05-2018-0026

Farhana, F. Z. (2020). Pengaruh Pembelajaran Di Ruang Terbuka Hijau Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 2(2), 102–106. https://ejournal.upi.edu/index.php/jtkp

Félix, M. J., Santos, G., Barroso, A., & Silva, P. (2018). The Transformation of Wasted Space In Urban Vertical Gardens With The Contribution Of Design To Improving The Quality Of Life. International Journal for Quality Research, 12(4), 803–822. https://doi.org/10.18421/IJQR12.04-02

Hidayatulloh, M. K. Y., Fauziyah, N., Fikriyah, W., Ummah, R., & Habibullah, A. (2022). Budidaya Tanaman Vertikultur Sebagai Upaya Pengoptimalan Ketahanan Pangan Rumah Tangga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(1), 29–37. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i1.136

Indriani, H., Rafida, A. N., Khasanah, M., & Handziko, R. C. (2020). Vertical Garden Sebagai Solusi Degradasi Ruang Terbuka Hijau dan Edukasi Santri Wahid Hasyim Yogyakarta (Vertical Garden As A Green Open Space Degradation Solution And Santri Education The Islamic Boarding School Wahid Hasyim Yogyakarta). Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan, 4(1), 94–101. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp

Khotjiah, L., Wijayanti, A. M., Melani, A., Ramadhani, B. M., Permana, M. D., Alief, M. N., Rismawati, Fitrianaldi, A., Prasetiadji, A., Miskiyah, A., & Chairunisa, F. (2020). Optimalisasi Potensi Lingkungan Melalui Pembuatan Vertical Garden dan Pengolahan Limbah Organik (Optimizing Environmental Potential Through Vertical Garden Manufacturing and Organic Waste Treatment). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(Edisi Khusus), 20–28. https://journal.ipb.ac.id/index.php/pim/article/view/35415/21492

Kospa, H. S. D., Mutaqin, Z., Imron, & Hanani, A. D. (2020). Upaya Peningkatan Kualitas Lingkungan Sekolah Dasar Melalui Perbaikan Ruang Terbuka Hijau Dan Pembuatan Biopori. Prosiding SEMSINA, 21–26. https://doi.org/10.36040/semsina.vi.2944

Kusminingrum, N. (2016). Efektivitas Reduksi Polusi Udara dengan Metode Vertical Garden (The Effectiveness of Air Pollution Reduction with Vertical Garden Method). Jurnal Jalan Jembatan, 33(2), 102–114.

Rahman, M. R., Pratiwi, A. D. Y., Mardiati, A. U., Ideatami, D., Udlhi, L. R., Hakim, L. A. R., Putri, P. A., Ariyaningsih, P., Purnamasari, S. A., Ummami, Y., & Rohyani, I. S. (2021). Budidaya Tanaman Hortikultura Menggunakan Metode Vertikultur dan Vertical Garden Sebagai Alternatif Usaha Pemanfaatan Lahan Masyarakat Kelurahan Sekarteja. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 114–119. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.690

Syahrani, L. P. W., Farikha, K. N., Muazulfa, L. T. I., Nisa, W. K., Arumawan, D., & Sunarhadi, R. M. A. (2024). Inovasi Hijau Vertikal Garden di Lingkungan Sekolah: Solusi Mengurangi Dampak Perubahan Iklim. KIAT Journal of Community Development, 3(2), 67–75. https://www.researchgate.net/publication/386546905_Inovasi_Hijau_Vertikal_Garden_di_Lingkungan_Sekolah_Solusi_Mengurangi_Dampak_Perubahan_Iklim

Tafahomi, R., Nkurunziza, D., Benineza, G. G., Nadi, R., & Dusingizumuremyi, R. (2024). The Assessment of Residents’ Perception of Possible Benefits and Challenges of Home Vertical Gardens in Kigali, Rwanda. Sustainability, 16(9), 1–17. https://doi.org/10.3390/su16093849

Tanjung, A. H., Imani, C. S., Kurnia, D. P., Fahrezi, F. A., & Oktaviana, T. A. (2023). Vertical Garden Solusi lahan Ketersediaan Lahan Sempit di Desa Genengan, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Penguatan Ketahanan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal Sebagai Antisipasi Menanggulangi El Nino, 1–7. https://proceeding.uns.ac.id/pengabdianfp/article/view/355

Waskitaningsih, N., Dewi, I. K., Febriani, Y., Sutini, D. P. T., Alif, M. S., & Febriansyah, C. D. (2024). Pemberdayaan Guru dan Siswa SMPN 3 Bogor dalam Pemanfaatan Lahan Sempit Sebagai Ruang Hijau. KENDURI Jurnal Pengabdian Masyarakat, 04(02), 82–94. https://doi.org/10.62159/kenduri.v4i2.1213

Widianti, E. (2022). Pemanfaatan Lahan Perkotaan Dengan Vertikal Garden dan Wall Garden Pada KWT Sanggrahan Umbulharjo Bantul. IBSE Jurnal Pengabdian Masyarakatnya, 1(1), 12–16. https://doi.org/10.62708/ibsejpm.v1i1.15

Widiastuti, R., Prianto, E., & Budi, W. S. (2014). Evaluasi Termal Dinding Bangunan dengan Vertikal Garden. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 1(1), 1–12. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/228/106

Widodo, W. (2016). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, Dan Pembelajaran Bermakna Di Sekolah Dasar. Ar Risalah Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 14(2), 2016. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/issue/view/75

Yahya, R. O. A., Arifin, H. S., & Perdinan. (2024). Vertical Garden Identification and Plant Species Diversity of Urban Green Space in Banda Aceh City, Indonesia. Journal of Natural Resources and Environmental Management, 14(3), 534–544. https://doi.org/10.29244/jpsl.14.3.534




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.30464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: