Komunikasi bencana melalui game interaktif: solusi kreatif untuk meningkatkan kesadaran risiko dalam upaya mitigasi bencana

Muhammad Hilmy Aziz

Abstract


Abstrak

Komunikasi bencana merupakan aspek krusial dalam upaya mitigasi dan respons terhadap bencana, terutama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap risiko serta tindakan yang harus diambil. Seiring perkembangan teknologi, pendekatan inovatif seperti game interaktif mulai digunakan sebagai media komunikasi bencana yang efektif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap situasi darurat melalui edukasi berbasis game interaktif. Metode pelaksanaan yang digunakan mencakup edukasi interaktif dalam bentuk pelatihan dan praktik langsung penggunaan game simulasi kebencanaan. Mitra sasaran dalam kegiatan ini adalah SMA Bahrul Ulum, Sekapuk Gresik, tepatnya pada siswa kelas 2 SMA dengan total peserta sebanyak 50 orang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan game interaktif tidak hanya meningkatkan keterlibatan dan antusiasme peserta, tetapi juga mampu menyampaikan pesan kebencanaan secara efektif dan mudah dipahami dibandingkan dengan metode konvensional. Temuan ini mengindikasikan bahwa game interaktif memiliki potensi besar untuk diintegrasikan dalam strategi komunikasi bencana guna memperluas jangkauan edukasi dan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat.

 

Kata kunci: komunikasi bencana; game interaktif; mitigasi; edukasi; kesiapsiagaan masyarakat.

 

Abstract

Disaster communication is a crucial aspect of disaster mitigation and response efforts, especially in raising public awareness of risks and actions to be taken. Along with technological developments, innovative approaches such as interactive games are starting to be used as effective disaster communication media. This community service activity aims to increase community understanding and preparedness for emergency situations through interactive game-based education. The implementation method used includes interactive education in the form of training and hands-on practice of using disaster simulation games. The target partner in this activity is Bahrul Ulum High School, Sekapuk Gresik, which comprises 2nd-grade high school students with a total of 50 participants. The activity results show that using interactive games increases participants' involvement and enthusiasm and conveys disaster messages effectively and efficiently compared to conventional methods. This finding indicates that interactive games have great potential to be integrated into disaster communication strategies to expand the reach of education and improve community preparedness.

 

Keywords: disaster communication; interactive games; mitigation; education; community preparedness.


Keywords


disaster communication; interactive games; mitigation; education; community preparedness.

Full Text:

PDF

References


Agustian, Y., Rejeki, D. S., & Agustine, M. (2023). Kampanye Sadar Bencana Melalui Media Infografis Kebencanaan. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(6), 801-807. https://journal.ppmi.web.id/index.php/JPKI2/article/view/169

Ayub, S., Kosim, K., Gunada, I. W., & Handayani, E. P. (2020). Kesadaran kebencanaan pada perilaku kesiapsiagaan siswa. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 6(2), 267-271. https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/3026

Aziz, M. H. (2024a). Komunikasi Bencana Berbasis Digital. Communicator Sphere, 4(1), 57-73. https://communicatorsphere.org/index.php/communicatorsphere/article/download/111/38/468

Aziz, M. H., & Putri, R. D. (2024b). Effective Disaster Communication Strategy at the East Java Regional Disaster Management Agency. Journal of Social Dynamics and Governance, 1(1), 51-63. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jsdg/article/view/35589

Aziz, M. H., Ariadi, S., & Arif, L. (2025). Economic Strengthening After the COVID-19 Pandemic Disaster Through Internet E-Commerce: SDG Study for Economic Growth After Pandemic Disaster. Journal of Lifestyle and SDGs Review, 5(3), e04632-e04632. https://sdgsreview.org/LifestyleJournal/article/view/4632

Bachri, S., Hidiyah, T. M., Hakiki, A. R. R., Putri, N. R. C., & Prastiwi, M. R. H. (2024). Meningkatkan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Snake Board Edu-Game. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 9(2), 209-217. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jpm/article/download/10605/4609/35398

Bustomi, B., Sukardi, I., & Astuti, M. (2024). Pemikiran Konstruktivisme Dalam Teori Pendidikan Kognitif Jean Piaget Dan Lev Vygotsky. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16376-16383. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/37551

Dyah, T. NR., & Pinuji, P. (2023). Mitigasi bencana pada bencana hidrometeorologi di Indonesia. In Proceeding Science and Engineering National Seminar (Vol. 8, No. 1, pp. 144-148). Available: https://conference.upgris.ac.id/index.php/sens/article/view/4994

Habsy, B. A., Malora, P. I., Widyastutik, D. R., & Anggraeny, T. A. (2024). Teori Jean Piaget vs Lev Vygotsky dalam Perkembangan Anak di Kehidupan Bermasyarakat. TSAQOFAH, 4(2), 576-86. https://ejournal.yasin-alsys.org/tsaqofah/article/view/2325

Hanifah, U. N., & Pratiwi, A. (2020). Gambaran kecemasan anak dengan post traumatic stress disorder sebagai dampak bencana alam angin puting beliung. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 173-184. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1732991&val=14616&title=Description%20of%20Children%27s%20Anxiety%20with%20Post%20Traumatic%20Stress%20Disorder%20as%20the%20Impact%20of%20Natural%20Disasters%20Tornado

Henny, L., Thorncroft, C. D., Hsu, H. H., & Bosart, L. F. (2021). Extreme rainfall in Taiwan: Seasonal statistics and trends. Journal of Climate, 34(12), 4711-4731. https://www.researchgate.net/publication/350097314_Extreme_Rainfall_in_Taiwan_Seasonal_Statistics_and_Trends

Jati, D. G. P., Wijaya, W., & Setiawan, B. W. (2023). Pembelajaran Hybrid Literasi Informasi Geografis Dan Respon Tanggap Bencana Dengan Simulasi Peran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkarya, 2(01), 01-10. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/abdimasberkarya/article/view/484

Khotimah, K., & Agustini, A. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 11-20. https://jurnal.staithawalib.ac.id/index.php/altahdzib/article/view/196

Lubis, L.H., Zulkarnain, R., Erviana, Y., Agustini, A., Lita, L., Prasetiyo, E., Mukhlishin, H., Binsa, U.H., Rahmat, A.D., Rogahang, S.S. & Nahriyah, S.A. (2024). Perkembangan Kognitif Anak: Memahami Tahap-tahap Perkembangan Kognitif Anak. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(01). https://jurnal.mifandimandiri.com/index.php/penerbitmmd/article/view/75

Mustikajati, A. S. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Upaya Edukasi Kebencanaan (Analisis Isi Twitter@ BPPTKG tentang (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Priantoro, A. U., Rahmat, H. K., Prihantoro, A., Dragon, B., & Wahyuningtyas, A. (2024). Peningkatan Pemahaman Ancaman Bencana di Kabupaten Subang pada Saka SAR Kabupaten Subang Melalui Edukasi Mitigasi Bencana. Jurnal Relawan dan Pengabdian Masyarakat REDI, 2(1), 1-6. https://jurnalrelawan.id/index.php/JRI/article/view/25

Sa'adah, L., Mahendri, W., Alwi, J., Ansori, M.R.M.R., Syafa’ah, A.F., Firosulhaq, M., Alfatih, A.D. & Huda, S.A.A. (2024). Detektor Banjir Dan Edukasi Kesadaran Bencana Banjir Desa Bakalan Rayung Kudu Jombang. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 136-141. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_if/article/view/5117

Saputra, P. H., Gustalika, M. A., & Putra, A. W. (2024). Game Edukasi Simulasi Mitigasi Bencana Hidrometeorologi Dengan Metode Game Development Life Cycle. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 11(3). https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/8112

Suherman, M. M., Melinda, C., Aulia, A., Fadya, T., & Kamilya, S. (2024). Dampak Trauma Pasca Gempa Cianjur pada Psikis Anak Sekolah Dasar Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 5(2), 253-259. https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/hawa/article/view/4722

Suratmin, S., Purnomo, J., Faisal, M.H., Kurnila, N., Kamil, F., Ravi, A., Aida, N., Harahap, S.P.R., Muttaqin, K., Iswandi, A. & Kalsum, S.U. (2025). Membangun Generasi Tanggap Bencana: Edukasi dan Kesiapan Siswa. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 5(1), 1-7. https://jurnal.politap.ac.id/index.php/literasi/article/view/1720

Tsai, M. H., Chang, Y. L., Shiau, J. S., & Wang, S. M. (2020). Exploring the effects of a serious game-based learning package for disaster prevention education: The case of Battle of Flooding Protection. International journal of disaster risk reduction, 43, 101393. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S2212420919300214 https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2019.101393

Yulda, A., Fajar, N., & Utama, F. (2017). Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap perilaku buang air besar di jamban pasca pemicuan di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Batu. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(2). https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/263

Zulfa, V. A., Widyasamratri, H., & Kautsary, J. (2022). Mitigasi Bencana Berdasarkan Tingkat Risiko Bencana Tanah Longsor. Jurnal Kajian Ruang, 2(2), 154-169. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kr/article/view/26532




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: