Ibu sebagai komponen penting dalam pemasyarakatan berkendara yang aman: penyuluhan safety riding for MOM (berkendara yang aman) pada Ibu-ibu PKK Kelurahan Ngijo, Gunungpati, Kota Semarang
Abstract
Abstrak
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ketertiban dalam berkendara berkaitan dengan tingkat pendidikan, ketrampilan dalam mengendarai kendaraan, dan kesadaran dalam berlalu lintas. Stigma di masyarakat menuduh pengendara yang tidak tertib umumnya adalah wanita terkhusus kaum ibu. Sementara ibu adalah guru pertama dan utama bagi anak-anaknya maka asumsinya orang tua (ibu) yang baik dalam berkendara maka akan didapatkan pula anak-anak yang baik dalam berkendara. Berdasar latar belakang di atas, maka sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi diadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk penyuluhan Safety Riding for MOM (berkendara yang aman) yang dilakukan oleh beberapa dosen Teknik Mesin UNNES kepada ibu-ibu PKK Kelurahan Ngijo, Gunungpati, Kota Semarang. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah dan praktek. Sebagai simpulan, para peserta sangat antusias dan memahami materi yang disampaikan, ditandakan dengan terjawabnya 73% secara benar posttest dalam game dan dikategorikan serapan materi cukup baik.
Kata kunci: penyuluhan; safety riding; PKK; Kelurahan Ngijo
Abstract
Several studies have stated that orderliness in driving is related to the level of education, skills in driving vehicles, and awareness in traffic. Stigma in society accuses unruly drivers are generally women, especially mothers. While mothers are the first and foremost teachers for their children, the assumption is that parents (mothers) who are good at driving will also produce children who are good at driving. Based on the background above, as a manifestation of the tri dharma of higher education, a community service activity was held in the form of counseling on Safety Riding for MOM (safe driving) which was carried out by several UNNES Mechanical Engineering lecturers to PKK mothers in Ngijo Village, Gunungpati, Semarang City. This activity was carried out using lecture and practice methods. In conclusion, the participants were very enthusiastic and understood the material presented, indicated by 73% of the posttest answers being answered correctly in the game and categorized as quite good material understanding.
Keywords: counseling; safety riding; PKK; Ngijo Village
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariwibowo, R. (2013). Hubungan antara umur, tingkat pendidikan, pengetahuan, sikap terhadap praktik safety riding awareness pada pengendara ojek sepeda motor di Kecamatan Banyumanik. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 2(1), 18819.
Azizah, M. H. (2016). Faktor yang berhubungan dengan perilaku keselamatan berkendara (safety riding) pada mahasiswa (studi pada mahasiswa FMIPA UNNES angkatan 2008-2015). Universitas Negeri Semarang.
Fadila, A. (2017). Tingkat Kesadaran Berlalu Lintas Pengendara Sepeda Motor Di Surabaya Selatan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(03).
Juwita, F., & Hanzahri, I. (2022). Peningkatan Pemahaman Safety Riding Kendaraan Bermotor Bagi Ibu-Ibu di Kelurahan Langkapura, Kota Bandar Lampung. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 176–184.
Kaniazalia. (2022, December 5). Otak Laki Laki vs Otak Perempuan, Apa Bedanya? Https://Kumparan.Com/Kaniazalia/Otak-Laki-Laki-vs-Otak-Perempuan-Apa-Bedanya-1zMYfFM1HHA.
Kumala, T., Anggraini, R., & Saleh, S. M. (2022). Analisis Perilaku Pengendara Sepeda Motor terhadap Kesadaran dalam Berkendara pada Jalan Laksamana Malahayati Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Journal of The Civil Engineering Student, 4(3), 253–259.
Liu, S., Seidlitz, J., Blumenthal, J. D., Clasen, L. S., & Raznahan, A. (2020). Integrative structural, functional, and transcriptomic analyses of sex-biased brain organization in humans. Proceedings of the National Academy of Sciences, 117(31), 18788–18798.
Muhammad, D. A., & Maulana, A. (2024, January 17). Sepeda Motor Jadi Penyumbang Kecelakaan Tertinggi Sepanjang 2023 . Https://Otomotif.Kompas.Com/Read/2024/01/17/071200015/ Sepeda-Motor-Jadi-Penyumbang-Kecelakaan-Tertinggi-Sepanjang-2023#google_vignette.
Muryatma, N. M. (2018). Hubungan antara faktor keselamatan berkendara dengan perilaku keselamatan berkendara. Jurnal Promkes, 5(2), 155.
Philip, F. J., Permanasari, E., & Anjani, A. D. (2023). Edukasi Perilaku Berkendaraan Aman Kepada Generasi Z SMP Seruni Putih Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 506–515.
Pratiwi, H. E., & Sari, M. M. K. (2023). Tingkat Disiplin Berlalu Lintas Remaja Milenial Di Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(2), 510–524.
Rabiman, R., & Handoyono, N. A. (2019). Kesadaran Berlalu Lintas Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(2), 27–44.
Setianingrum, A., & Setiowati, E. A. (2021). Hubungan antara kesadaran diri ibu pengendara sepeda motor dengan kepatuhan dalam berlalu lintas di kampung Kebonharjo Semarang. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.
Setiyarini, A. (2014). Analisis Budaya Berkendara Sepeda Motor Dalam Perspektif Gender Di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Srisantyorini, T., Alpiani, A. M., Saputra, N., Bahri, S., & Sudin, M. (2021). Kesadaran Pengendara Terhadap Perilaku Aman Dalam Berkendara (Safety Riding) Sepeda Motor Pada Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan “X” di Kota Tangerang Selatan. AN-NUR: Jurnal Kajian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat, 1(2), 201–214.
Verawati, K., Rahmayanti, H., & Costa, A. (2023). Peningkatan Kesadaran Tentang Berlalu Lintas di Jalan Raya Kepada Guru Dan Siswa/I di SMK Yapinuh Pantai Sederhana, Kec. Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 57–66.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30556
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: