Literasi sistem pembayaran digital sebagai strategi pencegahan konsumerisme di kalangan pelajar SMA
Abstract
Abstrak
Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan signifikan dalam sistem pembayaran, termasuk di kalangan generasi muda yang kini akrab dengan transaksi nontunai. Namun, kemudahan akses ini turut meningkatkan risiko perilaku konsumtif yang tidak terkontrol. Kegiatan edukasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda mengenai sistem pembayaran digital serta dampaknya terhadap perilaku keuangan, sebagai langkah preventif terhadap konsumerisme sejak dini. Sasaran kegiatan ini adalah pelajar SMA Katolik Frateran Surabaya, dengan total peserta sebanyak 24 orang. Metode pelaksanaan adalah service learning, yang meliputi pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta, penyampaian materi mengenai sistem pembayaran digital dan anti konsumerisme, serta permainan "Family 100" yang dirancang untuk menguji pengetahuan peserta mengenai materi yang telah disampaikan. Selain itu, sesi tebak-tebakan juga digunakan untuk memperdalam pemahaman peserta dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Materi yang disampaikan mencakup pengenalan sistem pembayaran digital dan strategi mengelola keinginan konsumsi di era digital. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan dalam pemahaman pelajar terhadap pentingnya pengelolaan keuangan dan penggunaan sistem pembayaran secara bijak. Edukasi ini berhasil memotivasi peserta untuk lebih kritis dalam menghadapi godaan konsumerisme digital, sejalan dengan tujuan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2021–2025.
Kata kunci: generasi muda; konsumerisme; sistem pembayaran digital
Abstract
The development of digital technology has driven significant changes in payment systems, especially among the younger generation familiar with cashless transactions. However, this ease of access increases the risk of uncontrolled consumer behavior. This educational activity aims to provide young people with an understanding of digital payment systems and their impact on financial behavior as a preventive measure against consumerism. The target of this activity is students from SMA Katolik Frateran Surabaya, with 24 students. The implementation method includes a pre-test and post-test to measure improvement in students' understanding, presentation of material on digital payment systems and anti-consumerism, and the "Family 100" game designed to test students’ knowledge. In addition, a guessing game session deepens participants' understanding in a fun, interactive way. Topics covered include an introduction to digital payment systems and strategies for managing consumption desires in the digital era. The results show an increase in students' understanding of financial management and the wise use of payment systems. This activity successfully motivated students to be more critical of digital consumerism, aligning with the Indonesian National Financial Literacy Strategy 2021–2025 goals.
Keywords: young generation; consumerism; digital payment systems
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditomo, A., Dewi, L., Anggraena, Y., & Santoso, A. B. (2024). Pendidikan Literasi Finansial Panduan Implementasi Untuk Satuan Pendidikan dan Pemangku Kepentingan Pengarah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), 114.
Ainiyah, N., Ilmiddaviq, M. B., & Setiono, H. (2024). Meningkatkan Keterampilan Literasi Keuangan pada Siswa MI Bilingual Roudlotul Jannah untuk Masa Depan yang Lebih Baik. POTENSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 9.
Anjani, D. (2023). Pengaruh Mata Uang Digital Dalam Transformasi Pembayaran Elektronik. BISMA : Business and Management Journal, 1(03), 76–86. https://doi.org/10.59966/bisma.v1i03.574
Apa itu Konsumtif? Kenali Ciri, Dampak, dan Cara Mengatasinya. (2024). SunLife. https://www.sunlife.co.id/id/life-moments/building-a-family/what-is-consumptive-recognize-the-characteristics-impact-and-how-to-0vercome-it/
Baso Intang Sappaile, Laila Mahmudah, Rudy Max Damara Gugat, Baiq Fina Farlina, Ahmad Shofi Mubarok, & Budi Mardikawati. (2024). DAMPAK PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAME TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 14.
Credit, H. (2024, February 21). Making the Right Financial Decisions Through Financial Literacy. Home Credit. https://www.homecredit.co.in/en/paise-ki-paathshala/detail/making-the-right-financial-decisions-through-financial-literacy
Fitria, D. A., Astuti, R. P., Nabilah, I., & Rachmawati, A. M. (2024). Analisis Peran Uang Digital Dalam Transformasi Lembaga Keuangan. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2, 4.
Hartono, T. (2025, February 3). Alasan Anak Muda Senang Gunakan Non Tunai Untuk Transaksi. Winpay. https://www.winpay.id/alasan-anak-muda-senang-gunakan-non-tunai-untuk-transaksi/
Kehista, A. P., Fauzi, A., Tamara, A., Putri, I., Afni, N., Klarissa, S., & Damayanti, V. B. (n.d.). Analisis Keamanan Data Pribadi pada Pengguna E-Commerce: Ancaman, Risiko, Strategi Kemanan (Literature Review).
Muhamad Farhan Rizaldi & Elly Kismini. (2024). Fenomena Cashless Society Sebagai Bagian Dari Gaya Hidup Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. SOLIDARITY, 14.
Nursani, N., Hardinandar, F., Amelia, R., Rizkan, M., Akbar, M., Sukma Mulya, K., & Syafruddin. (2024). Menumbuhkan Kewirausahaan Digital pada Generasi Z di SMAN 1 Wawo Melalui Kegiatan Sosialisasi. Journal of Excellence Humanities and Religiosity, 1(1), 37–50. https://doi.org/10.34304/joehr.v1i1.208
Otoritas Jasa Keuangan. (2021, Desember). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021—2025. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025.aspx
Pradanna, S. A., & Irawan, H. (2024). INTEGRASI PEMBELAJARAN SERVICE LEARNING DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN: MEMBANGUN KETERLIBATAN AKTIF DAN PEMAHAMAN SOSIAL SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN, 11(1), 17–33. https://doi.org/10.36706/jbti.v11i1.2
Sari, R. K., Utama, S. P., & Zairina, A. (2021). The Effect of Online Shopping and E-Wallet on Consumer Impulse Buying. Asia Pacific Management and Business Application, 009(03), 231–242. https://doi.org/10.21776/ub.apmba.2021.009.03.3
Siburian, R., Anggraini, A., Saragih, P. D., & Situmeang, V. (2021). Pengaruh Penggunaan E-Money Dan QRIS Terhadap Kemudahan Bertransaksi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2021 Universitas Negeri Medan.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30581
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: