Pelatihan pembuatan merek dan logo UMKM salak di Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Abstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran vital dalam pertumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja, namun sering kali menghadapi tantangan dalam branding, khususnya bagi UMKM salak. Tanpa merek dan logo, produk ini sulit bersaing di pasar yang kompetitif, memiliki identitas visual yang lemah, serta pemasaran yang tidak efektif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dilakukan untuk membantu pemilik usaha memahami pentingnya branding dengan merancang logo yang sesuai. Kegiatan ini melalui beberapa tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, konseptualisasi logo, pembuatan desain, dan finalisasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa desain logo yang kuat dan tepat tidak hanya meningkatkan daya tarik konsumen tetapi juga membangun kepercayaan dan citra positif terhadap produk. Dengan branding yang baik, UMKM salak dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing mereka di era yang semakin kompetitif.
Kata kunci: merek; logo; UMKM
Abstract
Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) play a vital role in economic growth and job creation, yet they often face challenges in branding, particularly for snake fruit (salak) MSMEs. Without a brand and logo, these products struggle to compete in a competitive market, possess a weak visual identity, and have ineffective marketing. Community Service (PkM) activities were conducted to help business owners understand the importance of branding by designing a suitable logo. These activities went through several stages, namely preparation, implementation, logo conceptualization, design creation, and finalization. The results of this activity demonstrate that a strong and appropriate logo design not only enhances consumer appeal but also builds trust and a positive image towards the product. With good branding, snake fruit MSMEs can expand their market reach and increase their competitiveness in an increasingly competitive era.
Keywords: brand; logo; MSMEs
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andi, K., Dharma, F., & Gamayuni, R. R. (2021). Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk dan Pemasaran Usaha Bubuk Biji Salak di Desa Sungai Langka, Kabupaten Pesawaran. Yumary : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 203–209. https://doi.org/10.35912/yumary.v1i4.71
Anwar, M. S., Afiati, L., & Verawati, L. (2024). Brand Creation Training as Product Identity for Fashion Category in Karangayu Market, West Semarang Subdistrict, Semarang City, Central Java. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(3), 1071–1077. https://doi.org/10.35568/abdimas.v7i3.4881
Anwar, M. S., Verawati, L., & Nurhikmah, N. (2025). Brand and Logo Creation for Fried Wonton Chips MSMEs. 1, 471–479.
Christianingrum, C. ., Saputra, D. ., Yusuf, Y. ., & Ulyana, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Design Logo Sebagai Upaya Menanamkan Kesadaran Merek Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Air Itam. IKRA-ITH ABDIMAS, 4(1), 74–80.
Daulay;, Andini;, Pulungan;, Daulay;, & Damanik. (2024). Pengembangan UMKM : Meningkatkan Daya Saing Dan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Desa Petatal Kecamatan Datuk Tanah Datar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(1), 912–917.
Febrianti, S., Utama, H. B., Hayati, N., Setiawati, M., & Adi, N. (2025). Pelatihan pengelolaan media digital website untuk membangun branding sekolah pada SMA Bukit Barisan Kota Padang. 9, 274–282.
Kurniawati, E., Widowati, S. Y., & Santoso, A. (2021). Sosialisasi Pembuatan Merek Produk Ukm Di Kelurahan Pedurungan Semarang. J-Abdimas, 8(1), 8–12. https://doi.org/10.33795/jabdimas.v8i1.110
Liesta Verawati, Muhamad Syaeful Anwar, & Lely Afiati. (2024). E-Marketplace-Based Online Sales Training for Traditional Market Sellers in Karangayu, Semarang, in Response to Changes in Consumer Behavior. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(3), 1124–1130. https://doi.org/10.35568/abdimas.v7i3.4939
Manongga, I. R. A., Kamuri, K. J., Anabuni, A. U. T., & Riwu, Y. F. (2025). Digital marketing : pelatihan dan pendampingan kepada UMKM tenun binaan Desa Nifukani Kabupaten TTS. 9, 302–311.
Nersi, N. (2024). Kapasitas Pemerintah Desa dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah Produk Olahan Salak di Kalurahan Purwobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta.
Primadewi, A., Anwar, T. M., Yustin, Y., Sani, A. H., & Fauzi, M. (2020). Penguatan Pemasaran Produk Umkm Ashfa Madu Borobudur Melalui Strategi Product Branding. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 154. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.17683
Salsabela, K., Istiati, F., Sari, F. N., & Rachmaningtyas, N. A. (2025). Optimalisasi strategi branding pada produk UMKM di era transformasi digital di Desa Kepek Gumregah. 9, 904–911.
Sudirman, R., Kurniawan, H., & Nugraha, F. (2023). Pelatihan Dasar Pembuatan Merek Sebagai Identitas Produk UMKM Kelurahan Argasari. Jurnal Pengabdian Manajemen, 2(2), 59. https://doi.org/10.30587/jpmanajemen.v2i02.5208
Suhartini, D. (2022). KOTA SERANG MEMBUAT LOGO DALAM RANGKA MEMBANGUN IDENTITAS dokumenter . Logo yang telah dirancang telah diaplikasikan oleh mitra . Pembuatan logo ini disambut baik oleh mitra karena dengan adanya logo ini diharapkan produk mereka akan lebih dikenal masyara. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(1), 11–16.
Suyatno, S., & Suryani, D. A. (2022). Pengembangan Potensi UMKM Berbasis lokal dalam Mendorong Perekonomian di Desa Girikerto Sleman. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 108–118. https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i2.16821
Wachdijono, & Jaeroni, A. (2021). Sosialisasi Arti Penting Dan Strategi Penguatan Merek Kopi Lokal “Gunung Ciremai” Untuk Meningkatkan Omset Penjualan. Qardhul Hasan: Media Pengabdian, 7(2), 98–107. https://ojs.unida.ac.id/QH/article/view/3388
Yuliastri, N. A., Fitriani, R., Ashari, M. A., & Wardi, Z. (2025). Pelatihan penggunaan aplikasi canva untuk meningkatkan kreatifitas dalam menyusun media pembelajaran inovatif. 9, 567–575.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30613
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: