Implementasi pengembangan media digital untuk meningkatkan kompetensi Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar
Abstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila, dengan menerapkan aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran inovatif. Kompetensi Pelajar Pancasila merupakan faktor penting untuk membentuk siswa yang berkarakter kuat dan siap menghadapi tantangan di era digital. Dalam hal ini, pemanfaatan teknologi digital seperti Wordwall berperan strategis dalam mendukung pencapaian tujuan tersebut. Metode yang diterapkan dalam PKM ini mencakup pelatihan intensif bagi peserta, khususnya siswa sebagai tempat uji coba media dan pelatihan kepada para guru, untuk memanfaatkan aplikasi Wordwall dalam menciptakan konten pembelajaran interaktif dan mendukung pembelajaran berbasis digital. Peserta pelatihan terdiri dari 12 guru SD Negeri 4 Selong, yang dilatih untuk membuat permainan edukatif, merancang kuis interaktif, dan menghasilkan materi pembelajaran menarik menggunakan aplikasi ini. Hasil dari kegiatan ini mencakup peningkatan keterampilan berpikir kritis, kemandirian, dan kreativitas peserta, serta peningkatan kemampuan kolaborasi melalui teknologi dan minat dalam eksplorasi pembelajaran digital. PKM ini memberikan dampak positif dalam mengembangkan kompetensi Pelajar Pancasila, memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis teknologi, serta membuka peluang bagi peserta untuk menjadi pengguna teknologi yang lebih mahir dan bertanggung jawab. Dengan mengintegrasikan alat digital seperti Wordwall ke dalam sistem pendidikan, para pendidik dapat lebih efektif mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di era digital sambil menanamkan nilai-nilai Pancasila.
Kata kunci: teknologi; wordwall; pelajar pancasila.
Abstrack
This Community Service Program (PKM) aims to maximize the use of technology in strengthening the Pancasila Student Profile by implementing the Wordwall application as an innovative learning medium. The competencies of Pancasila Students are essential in shaping students who possess strong character and are ready to face challenges in the digital era. In this context, the utilization of digital technology like Wordwall plays a strategic role in supporting the achievement of these goals. The methods employed in this PKM include intensive training for participants, particularly students as testing grounds for the media, and training for teachers to utilize the Wordwall application in creating interactive learning content and supporting digital-based learning. The training participants consist of 12 teachers from SD Negeri 4 Selong, who are trained to create educational games, design interactive quizzes, and produce engaging learning materials using this application. The outcomes of this activity include improvements in critical thinking skills, independence, and creativity among participants, as well as enhanced collaboration skills through technology and increased interest in exploring digital learning. This PKM has a positive impact on developing the competencies of
Pancasila Students, facilitating more interactive and technology-based learning, and opening opportunities for participants to become more skilled and responsible technology users. By integrating digital tools like Wordwall into the education system, educators can more effectively prepare students to face challenges in the digital era while instilling Pancasila values.
Keywords: technology; wordwall; pancasila students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainsyiyah, E. D., & M. Ginting, A. (2020). Pancasila and Civic Education Learning by Non Pancasila and Civic Education Program Graduate. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(3), 1650–1659. https://doi.org/10.33258/birci.v3i3.1097
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Media Pembelajaran.
Dwi, K., Cindya, A., & Mohammad, F. (2024). Pengembangan E-Booklet berbasis Wordwall materi perubahan wujud benda untuk meningkatkan Self- Confidence kelas IV SDN Kalitengah 1. Jurnal Cerdas Proklamator, 13(1), 97–98.
Hidayat, M. (2018). Tantangan Teknologi Pendidikan di Sekolah Dasar. Alfabeta.
Hikmah, S. N. A. (2024). NILAI DAN MAKNA DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTUR BERBASIS KEARIFAN LOKAL BANYUWANGI. 2(1), 97–113.
Jayadiputra, E., Karim, A. A., Sapriya, S., & Rahmat, R. (2023). The Pancasila and Civic Education curriculum model at 21st century. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 20(1), 65–74. https://doi.org/10.21831/jc.v20i1.49455
Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban Untuk Atasi Krisis Pembelajaran. https://kemendikbud.go.id
Kusdarini, E., Sunarso, S., & Arpannudin, I. (2020). The implementation of pancasila education through field work learning model. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 359–369. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31412
Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education, 5(1), 14–26.
Nugroho, D. (2021). Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi. Pustaka Pelajar.
Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Wordwall. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.32493/aljpkm.v 3i1.17052
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik
Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daeing (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar. https://repository.uinjkt.ac.id/dspa
Ramdani, F., Muhammad, ;, Ulwan, N., Larasati, ;, Arief, A., Muhamad, ;, Al-Farisi, F., Rochiman, R., Muhammad, ; R, Nuryaddin, N., Kogoya, A., Yayang, ;, & Furnamasari, F. (2021). Pentingnya Pendidikan Pancasila Dalam Membangun Kesadaran Identitas Nasional Dan Semangat Cinta Tanah Air Pada Mahasiswa. Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(3), 282–296. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i3.858
Santrock, J. W. (2020). Educational Psychology. New York: McGraw- Hill.
Sari, R.A. (2024). Implementasi Nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah Sebagai Identitas Manusia Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 12(1), 49–50.
Silalahi, R. M., & Yuwono, U. (2018). The Sustainability of Pancasila in Indonesian Education System. Research in Social Sciences and Technology, 3(2), 58–78. https://doi.org/10.46303/ressat.03.02.4
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wardani, S. (2020). Peran Guru dalam Era Teknologi Pendidikan. Universitas Negeri Malang Press.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30649
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: