Cerdas mengenal obat bersama apoteker cilik di SD dan SMP 02 Batukliang Lombok Tengah
Abstract
Abstrak
Apoteker cilik (Apocil) merupakan program pengenalan profesi apoteker kepada anak-anak baik SD dan SMP dengan tujuan meningkatkan minat anak terhadap profesi apoteker, branding eksistensi apoteker dan memberikan pengetahuan kepada anak mengenai obat. Karena sekarang ini masih banyak masyarakat dan anak-anak yang tidak mengenal profesi apoteker dan tidak memahami tentang obat. Maka dari itu dilakukan kegiatan pengabdian ini yang berlokasi di SD dan SMP 02 Batukliang Lombok Tengah. Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan obat dan profesi apoteker. Kegiatan ini menggunakan metode fasilitasi berupa edukasi dan praktek dengan menggunakan media berupa power point materi dan pemutaran video lagu GeMa CerMat dan dan Jingle Apoteker Cilik IAI. Evaluasi dilakukan dengan pretest dan posttest. Hasil evaluasi menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 38,8% dan nilai rata-rata posttest sebesar 82,5%. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan dan kesadaran peserta tentang obat dan profesi apoteker yang ditunjukkan dengan peningkatan persentase nilai setelah dilakukan evaluasi sebesar 113%.
Kata kunci: anak-anak; apoteker cilik; GeMa CerMat; obat.
Abstract
Apoteker Cilik (Apocil) is a program that introduces the pharmacist profession to children in elementary and junior high schools with the aim of increasing children's interest in the pharmacist profession, branding the existence of pharmacists, and providing knowledge to children about medicine. Now there are still many people and children who do not know the pharmacist profession and do not understand medicine. Therefore, this program was carried out which was located at Elementary and Junior High School 02 Batukliang, Central Lombok. The purpose of this program is to introduce medicine and the profession of pharmacists. This program uses a facilitation method in the form of education and practice using media in the form of PowerPoint materials and playing videos of the GeMa CerMat song and the IAI Little Pharmacist Jingle. The evaluation was carried out with a pretest and posttest. The evaluation results showed an average pretest value of 38.8% and an average posttest value of 82.5%. The conclusion of this activity is that there was an increase in participants' knowledge and awareness of medicine and the pharmacist profession as indicated by an increase in the percentage of the value after the evaluation of 113%.
Keywords: children; little pharmacist; GeMa CerMat; drugs.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astutiningsih, C., Tjahjani, N. P., & Listyani, L. (2021). Pengenalan Profesi Apoteker dan Mengenali Obat Sejak Usia Dini. Jurnal Abdidas, 2(3), 713–719. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.344
Dias Kasibu. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat dengan Tindakan Pemakaian Obat Resep dn Tanpa Resep Dokter di Kelurahan Kota Maksum II Kecamatan Medan Area. Fakultas Kedokteran Univrsitas Sumatra Utara. August, 11–12.
Kemenkes RI. (2015). Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat Nomor HK.02.02/Menkes/427/2015. Kemenkes RI.
Kemenkes RI. (2017). Buku Saku Cara Cerdas Gunakan Obat. Germas, 53(9), 11–15.
Kurnia, N., & Suswandari, M. (2020). Effektivitas Program Apoteker Kecil ( Apcil ) Terhadap Pengetahuan Tanaman Obat Tradisional Keluarga Di Sekolah Dasar Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015 / 2016 Effectiveness Apoteker ... Effektivitas Program Apoteker Kecil ( Apcil ) Terhadap Pengetahuan. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, March.
Meilina, R., Dewi, R., & Nadia, P. (2020). Sosialisasi Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk Meningkatkan Imun Tubuh di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Kesehatan), 2(2), 89–94. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/jpkmk/article/view/1141
Mustar, Y. ., Susanto, I. ., & Bakti, A. . (2018). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar. JISIP, 2(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/ji sip.v2i2.359
Octavia, D. R., & Aisyah, M. (2019). Pelatihan Apoteker Cilik Siswa Sekolah Dasar Dalam Upaya Penggunaan Obat Yang Tepat Di Lamongan. JCES (Journal of Character Education Society), 2(2), 1–10. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/1482
Permenkes. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28.
Pongai, M. J., Studi, P., Universitas, P., Manado, N., Tiwa, T. M., Studi, P., Universitas, P., Manado, N., Kapahang, G. L., Studi, P., Universitas, P., Manado, N., & Praoperasional, U. (2022). Studi Tentang Perkembangan Kognitif Anak Usia Pra-Operasional Yang Intensitas. Psikopedia, 3(4), 259–265. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/psikopedia/article/view/5678
Syafitri, S., Nurkhalika, R., Nurhaliza, S., Larasati, S. . (2023). PENGENALAN APOTEKER CILIK (APOCIL) SISWA SDN 17 GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Jurnal Pengabdian Farmasi Malahayati Vol., 6(2), 148–155.
Umboro, R. O., Apriliany, F., Mursiany, A., S, D. E. B., & Ningrum, D. M. (2023). Upaya peningkatan eksistensi peran farmasis melalui edukasi apocil kenal dagusibu. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(September), 2238–2243.
Wahdini, N. ., Triwanti, O., & Kustiawan, P. . (2022). EDUKASI PERAN APOTEKER CILIK DI DESA LEMPAKE KOTA SAMARINDA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 121–138. https://samarindakota.bps.go.id/publication/2022/02/25/9bccd10b81b1be9b0637bf8e/kota-samarinda-dalam-angka-2022.html
Yanti, S., & Vera, Y. (2020). Penyuluhan Tentang Cara Penggunaan Obat yang Baik dan Benar di Desa Mangunggang Jae. Journal Education and Development, 8(1), 26–28. http://bidhuan.id/apoteker-
Yuliastuti, F., Hapsari, W. S., & Mardiana, T. (2018). GeMa CerMat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat) bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang. Community Empowerment, 3(2), 34–37. https://doi.org/10.31603/ce.v3i2.2444
Zaskia, A. V., Oktianti, D., & Hati, A. K. (2024). BRANDING PROFESI APOTEKER SEJAK DINI DENGAN PELATIHAN APOTEKER CILIK DI SD CANDIREJO 02 UNGARAN. Journal of Community Empowerment, 3.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30715
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: