Penguatan multi-disiplin skill santri-siswa Yatama penghafal Quran mitra PPPA Daqu di Rumah Tahfid Riyadul Jannah Jawa Tengah
Abstract
Abstrak
Program pengabdian dirasa manfaatnya oleh santri-siswa Yatama Rumah Tahfid Riyadul Jannah Semarang Kota Jawa Tengah. Pengabdian ini bertujuan untuk mensosialisasikan penguatan multi-disiplin skill para santri-siswa yatim penghafal Quran di Rumah Tahfid Riyadul Jannah Semarang Kota Jawa Tengah. Pengabdian ini mengeksplorasi strategi dan metode penguatan multi-disiplin skill bagi para santri-siswa Yatama yang menjadi penghafal Quran di Rumah Tahfid Riyadul Jannah, Semarang, Jawa Tengah. Penguatan multi-disiplin skill bagi para santri-siswa Yatama di Rumah Tahfid Riyadul Jannah Semarang dilakukan melalui pendekatan holistik yang mengintegrasikan berbagai aspek pembelajaran sehingga mereka tidak hanya menjadi penghafal Quran yang baik, juga memiliki keterampilan yang aplikatif dalam kehidupan. Rumah Tahfid Riyadul Jannah menerapkan berbagai strategi dan metode untuk memperkuat multi-disiplin skill para santri-siswa. Ini termasuk pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang mengintegrasikan keterampilan akademik, keterampilan sosial, dan keterampilan keagamaan. Selain itu, program pembinaan diri dan pembinaan karakter menjadi bagian integral dari pendidikan di rumah tahfid ini. Metode pengajaran yang kreatif dan interaktif juga digunakan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan santri-siswa dalam proses pembelajaran. Penguatan multi-disiplin skill para santri-siswa yatim penghafal Quran di Rumah Tahfid Riyadul Jannah Semarang Kota Jawa Tengah dilakukan melalui beberapa program, yaitu: Program Tahfidz Quran kerjasama dengan PPPA Daarul Quran, Program Pembinaan Ketrampilan/Multi skill edu-preneurship, Program Pendidikan Formal, serta Program Pembinaan Mental dan Spiritual. Penguatan multi-disiplin skill ini sangat penting bagi para santri-siswa yatim penghafal Quran agar mereka dapat menjadi generasi yang qur'ani, cerdas, dan berakhlak mulia.
Kata Kunci: multi-skill; santri yatama; Daarul Quran; rumah tahfid
Abstract
This community service aims to socialize and strengthen the multi-disciplinary skills of orphan students who memorize the Quran at Rumah Tahfid Riyadul Jannah Semarang, Central Java City. This community service explores strategies and methods for strengthening multi-disciplinary skills for Yatama students who memorize the Quran at Rumah Tahfid Riyadul Jannah, Semarang, Central Java. Strengthening multi-disciplinary skills for Yatama students at Rumah Tahfid Riyadul Jannah Semarang is carried out through a holistic approach that integrates various aspects of learning so that they not only become good Quran memorizers but also have applicable skills in life. Rumah Tahfid Riyadul Jannah implements various strategies and methods to enhance the students’ multi-disciplinary skills. These include project-based learning approaches that integrate academic, social, and religious skills. In addition, self-development and character-building programs are an integral part of education at the tahfid house. Creative and interactive teaching methods are also used to increase student motivation and engagement in the learning process. The strengthening of multi-disciplinary skills for orphaned Quran-memorizing students at Rumah Tahfid Riyadul Jannah in Semarang City, Central Java, is carried out through several programs, namely: the Quran Memorization Program in collaboration with PPPA Daarul Quran, the Skills Development/Multi-Skill Edu-preneurship Program, the Formal Education Program, and the Mental and Spiritual Development Program. Strengthening these multi-disciplinary skills is essential for the orphaned Quran-memorizing students so that they can grow into a Qur’anic, intelligent, and noble-mannered generation.
Keywords: multi-skill; santri yatama; Daarul Quran; rumah tahfid
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achiroh, Radatiya Chorul, and Sri Herianingrum. 2020. “Analisis Tata Kelola Dana Zakat Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Program Bina Mandiri Wirausaha (Studi Kasus Lazis Muhammadiyah Surabaya).” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 7(8):1425. doi: 10.20473/vol7iss20208pp1425-1438.
Akhsanul In’am & Latipun, New Normal Kajian Multidisiplin, Malang, Penerbit Psychology Forum bekerjasama dengan AMCA, September 2020, 1-153
Afifandasari, Thriska, and Subiyantoro Subiyantoro. 2022. “Pengembangan Jiwa Edupreneurship Melalui Kepemimpinan Yang Demokratis Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Eduscience 9(1):279–87. doi: 10.36987/jes.v9i1.2638.
Amalia, Nabila Shovi, Hayyan Ahmad, and Ulul Albab. 2024. “CURRICULUM INTEGRATION IMPLEMENTATION MODEL : INDEPENDENT CURRICULUM DINIYAH.” 02(01):62–69.
Assingkily, Muhammad Shaleh, and Nur Rohman. 2019. “Edupreneurship Dalam Pendidikan Dasar Islam.” JIP Jurnal Ilmiah PGMI 5(2):111–30. doi: 10.19109/jip.v5i2.3721.
Bakti, Surya. 2023. “Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Pondok Pesantren Modern: Politik Pendidikan Islam Dan Problematika Identitas Muslim.” Jurnal Ilmu Pendidikan 5(6):2899–2914.
Budiharso, Teguh, Syamsul Bakri, and Sujito. 2023. “Transformation of Education System of the Pesantren in Indonesia from the Dutch Colony to Democratic Era.” Journal of Social Studies Education Research 14(4):179–206.
Dan, Praktik, Metode Tahfizh, Al-Q. U. R. An, Studi Living, Al-Q. U. R. An, D. I. Pesantren, and Muhammad Rizieq Ramadhan. 2022. “TAHFIZH DAARUL QUR ’ AN TANGERANG ) Diajukan Sebagai Salah Satu Persyaratan Menyelesaikan Studi Strata Satu ( S1 ) Program Studi Ilmu Al- Qur ’ an Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Perguruan Tinggi Ilmu Al- Qur ’ an Jakarta.”
Fauzi, M., and A. K. Fata. 2021. “Modernisasi Pesantren Tahfiz: Studi Atas Pesantren Daarul Qur’an Tangerang Modernization of Tahfiz Islamic Boarding School: Study On….” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam.
Hafidz, Muh. 2021. “The Role of Pesantren in Guarding The Islamic Moderation (A Case Study at Pesantren Al Ittihad Poncol, Semarang Regency),.” INFERENSI, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 15:117–40.
https://riyaadluljannah.com/2009/02/01/profil-panti-asuhan-bimbingan-muallaf-dan-rumah-tahfidz-riyaadlul-jannah-baiturrahman/
Jogja, Kr. 2024.“Pesantren Mahasiswa Jadi Program Unggulan Unissula.”
Kuswandi, Iwan, Tobroni Tobroni, Akhsanul In’am, Khozin Khozin, and Asmoni Asmoni. 2021. “Interconnection Model of Morals-Reasoning-Research in Pesantren Curriculum.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam 22(1):69–91. doi: 10.18860/ua.v22i1.11611.
Maliana, Ekhfa, Nurul Latifatul Inayati, Rozi Irfan Rosyadi, and Chusniatun Chusniatun. 2022. “ Implementation Of Tahsin And Tahfidz Learning In Improving Reading Ability And Memorizing The Qur’an Skill .” Proceedings of the International Conference on Islamic and Muhammadiyah Studies (ICIMS 2022) 676(Icims):298–304. doi: 10.2991/assehr.k.220708.037.
Masution R.A.P. 2024. “Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pengasuhan Santri Pada Pondok Pesantren Darul Qu’Ran Deli Serdang.” 11–145.
Mibtadin. 2023. “Pesantren, Islamic Studies, and Ecological Discourse: Eco-Pesantren Study in Pesantren Hanacaraka Wonogiri, Central Java.” Proceeding International Conference on Religion, Science and Education 383–91.
Riyanto, Edi. 2019. “Manajemen Edupreneurship Dalam Pembentukan Karakter Kewirausahaan Siswa Di SMK Ma’arif NU Bobotsari Kabupaten Purbalingga.” 1–170.
Rusli, Muh., AH Mansur, Ali Ridho, and Ahmad Hanif Fahruddin. 2022. “Accommodation of ‘Merdeka Belajar’ Spirit in Islamic Boarding School Nurul Huda Pakandangan Sumenep.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 17(1):170–83. doi: 10.19105/tjpi.v17i1.5842.
Suryanto, Bradhiansyah Tri. 2019. “Eko-Pesantren: Mewujudkan Pesantren Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Berbasis Kemandirian.” Jurnal ISLAM NUSANTARA 03(01):263–86.
Saepul Anwar, Strategi Penanaman Karakter Disiplin Santri di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 3 Darul Ma’rifat Kediri, Tesis, 1-280
Tarmizi, Tarmizi, and Margono Mitrohardjono. 2020. “Implementasi Manajemen Mutu Di Pesantren Tahfizh Daarul Quran.” Tahdzibi 5(2):81–104. doi: 10.24853/tahdzibi.5.2.81-104.
Thayyibi, Muhammad Ilham, and Subiyantoro Subiyantoro. 2022. “Konsep Edupreuneurship Dan Urgensinya Bagi Lulusan Perguruan Tinggi.” Jurnal Eduscience 9(1):77–91. doi: 10.36987/jes.v9i1.2538.
Wildan, Syakur, and Subiyantoro Subiyantoro. 2022. “Peran Edupreneurship Dalam Meningkatkan Kualitas Kemandirian Berwirausaha Santri Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.” Fondatia 6(4):1001–11. doi: 10.36088/fondatia.v6i4.2335.
Yudiawan, Agus. 2020. “Rekonstruksi Manajemen Mutu Pesantren.” AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam 5(2):10–17. doi: 10.32489/alfikr.v5i2.22.
Zakaria, Zakaria, Ganefri Ganefri, and Asmar Yulastri. 2022. “Pengembangan Jiwa Edupreneurship Siswa Melalui Kepemimpinan Yang Demokratis Di Sekolah.” Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan 2(2):944–55. doi: 10.46306/vls.v2i2.132.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30745
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: