Pengembangan dan pemberdayaan e-book aplikatif untuk meningkatkan kemampuan literasi digital siswa di SD

Desak Putu Anom Janawati, Ni Made Ayu Purnami, Ketut Dedi Agung Susanto Putra, Ni Wayan Sri Darmayanti, I Nyoman Sudirman

Abstract


Abstrak

Pengembangan literasi digital di sekolah dasar menjadi hal yang sangat penting seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Namun, keterbatasan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran menjadi tantangan utama. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi digital guru di SD N 4 Nongan melalui pelatihan pembuatan e-book aplikatif menggunakan aplikasi Gravity Write dan pemanfaatannya dalam pembelajaran. Kegiatan ini melibatkan 10 guru dari SD N 4 Nongan yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dasar pembuatan e-book. Metode pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) peningkatan pemahaman guru tentang e-book aplikatif melalui pelatihan lanjutan, (2) pendampingan pembuatan e-book berbasis kurikulum, dan (3) pemberdayaan e-book dalam proses pembelajaran di kelas. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru memiliki peningkatan signifikan dalam kemampuan membuat e-book yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Sebanyak 90% peserta berhasil mengembangkan e-book aplikatif yang digunakan dalam materi ajar. Pemberdayaan e-book ini juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, dengan 80% siswa mengungkapkan bahwa e-book membuat mereka lebih tertarik dan memahami materi lebih baik. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pemberdayaan guru dalam pembuatan dan penggunaan e-book aplikatif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta literasi digital di sekolah dasar.

 

Kata kunci: literasi digital; e-book aplikatif; pembelajaran berbasis teknologi; pelatihan guru; pemberdayaan media pembelajaran.

 

Abstract

The development of digital literacy in elementary schools is becoming increasingly important in line with the rapid growth of information and communication technology (ICT). However, the limited ability of teachers to utilize technology to support learning remains a major challenge. The purpose of this community service activity is to enhance the digital literacy skills of teachers at SD N 4 Nongan through training on creating interactive e-books using the Gravity Write application and their utilization in teaching. This activity involved 10 teachers from SD N 4 Nongan who had previously received basic e-book creation training. The implementation method of this community service consisted of three stages: (1) improving teachers' understanding of interactive e-books through advanced training, (2) assisting in the creation of curriculum-based e-books, and (3) empowering the use of e-books in the classroom learning process. The results of the activity show a significant improvement in teachers' ability to create e-books that align with learning needs. 90% of the participants successfully developed interactive e-books used in teaching materials. The use of these e-books also increased student engagement in the learning process, with 80% of students stating that e-books made them more interested and helped them understand the material better. This activity demonstrates that empowering teachers in the creation and use of interactive e-books can improve the quality of teaching and digital literacy in elementary schools.

 

Keywords: digital literacy; interactive e-books; technology-based learning; teacher training; empowerment of learning media.


Keywords


digital literacy; interactive e-books; technology-based learning; teacher training; empowerment of learning media.

Full Text:

PDF

References


Fitria, S., & Lestari, Y. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran e-book dalam meningkatkan keterampilan literasi digital siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 10(1), 45–53. https://doi.org/10.23917/jpdi.v10i1.4045

Fitriani, E., & Arifin, M. B. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis TIK untuk meningkatkan literasi digital siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 15–25.

Fitriyah, L., & Nugroho, R. A. (2022). Pengembangan e-book interaktif berbasis Flipbook Maker untuk meningkatkan literasi digital siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(2), 102–112. https://doi.org/10.23887/jipd.v7i2.48239

Hafidhi, N. M., Hanafi, Y., Hadi, S., Suyitno, I., & Anggraini, A. E. (2023). Literasi digital siswa sekolah dasar: Penggunaan bahan ajar berbasis digital pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 123–132.

Karomah, F. N., Devita, D., Ramli, Z. J., & Mas'odi, M. (2024). Peran dan manfaat media pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 15(2), 211–222. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i2.5768

Kuncahyono, K., & Kumalasani, M. P. (2020). Implementasi literasi digital guru SD melalui pendampingan pembuatan digital material (Sway). International Journal of Public Devotion, 3(1), 21–30.

Ni’mah, N. (2023). Peran literasi digital dalam perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar di era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 3, 31–37. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2589

Prasetyo, H., Suryani, S., & Fauzi, A. (2022). Pengembangan kompetensi digital guru melalui pelatihan berbasis teknologi untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 12(3), 211–225.

Pratama, H., & Sari, P. (2021). Integrasi literasi digital dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 88–95.

Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542.

Supriyadi, R., & Fitria, N. (2023). Integrasi teknologi pendidikan dalam menganalisis kesalahan fonologis pada pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(2), 99–110.

Suryanti, S., & Wijayanti, L. (2022). Literasi digital: Kompetensi mendesak pendidik di era revolusi industri 4.0. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–9. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6259

Yusnan, M., Agus, J., & Rahim, A. (2024). Pengembangan literasi digital guru sekolah dasar melalui implementasi e-books. Permadani: Jurnal Pengabdian Riset Masyarakat Madani, 2(1), 32–40.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: