Sosialisasi dan pendampingan keterampilan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) pada komunitas pengemudi angkut online di Kota Malang Tahun 2022
Abstract
Abstrak
Latar Belakang: Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu peristiwa di jalan raya yang tidak diduga dan tidak disengaja. Dalam Global Status Report on Road Safety pada tahun 2015 lebih dari 1,25 juta korban tewas dalam kecelakaan lalu lintas dan 50 juta orang mengalami luka berat setiap tahunnya. Menurut data Kepolisian, di Indonesia, rata-rata 3 orang meninggal setiap jam akibat kecelakaan jalan. Kondisi kegawatdaruratan dapat terjadi secara tiba-tiba dan dimana saja termasuk di jalan raya. Ojek online merupakan profesi yang dituntut bekerja lebih banyak di jalan sehingga berpotensi menghadapi kondisi kegawatdaruratan. Tujuan: untuk mengembangkan peran serta prodi sarjana terapan keselamatan dan kesehatan kerja Poltekkes Kemenkes Malang dalam meningkatkan kemampuan dasar P3K berbasis penerapan keselamatan berkendara pada Komunitas Angkutan Online pekerja di Kota Malang. Metode Pelaksanaan: Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada bulan Desember 2022. Partisipan terdiri driver ojek online. Metode penelitian yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini menggunakan 3 tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pembuatan laporan.
Hasil: Kegiatan dilaksanakan dengan pemaparan materi dan praktek terkait penanganan pertama saat kecelakaan terjadi. Peserta kegiatan pengabdian masyarakat merupakan pengemudi angkutan online yang berjumlah 23 orang dengan jenis kelamin laki-laki sebanyak 83% dan 17% sisanya berjenis kelamin perempuan. Kesimpulan: Pengemudi angkutan online dapat memahami secara umum tentang P3K, pengemudi angkutan online mampu mempraktekkan langkah-langkah pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dengan benar dan tepat, serta terjalinnya kerjasama antar komunitas pengemudi angkutan online dengan Poltekkes Kemenkes Malang.
Kata kunci: pengabdian masyarakat: sosialisasi; pertolongan pertama pada kecelakaan; pengemudi angkut online: malang.
Abstract
Background: A traffic accident is an unexpected and unintentional road event. In the Global Status Report on Road Safety in 2015 more than 1.25 million people were killed in traffic accidents and 50 million people were seriously injured each year. According to police data, in Indonesia, an average of 3 people die every hour due to road accidents. Emergency conditions can occur suddenly and anywhere including on the highway. Online motorcycle taxi is a profession that is required to work more on the road so that it has the potential to face emergency conditions. Objective: to develop the role of the applied undergraduate program of occupational safety and health of the Poltekkes Kemenkes Malang in improving basic first aid skills based on the application of driving safety in the Online Transportation Community of workers in Malang City. Method of Implementation: Community service carried out in December 2022. Participants consist of online motorcycle taxi drivers. The research method used in this community service uses 3 stages, namely the preparation stage, the implementation stage and the report writing stage. Results: Activities are carried out with material presentation and practice related to the first handling when an accident occurs. Participants in community service activities are online transportation drivers totaling 23 people with 83% male gender and the remaining 17% are female. Conclusion: Online transportation drivers can understand in general about first aid, online transportation drivers are able to practice the steps of first aid in accidents (P3K) correctly and precisely, and the establishment of cooperation between the online transportation driver community and the Poltekkes Kemenkes Malang.
Keywords: community service: socialization; first aid in accidents; online transport drivers: malang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, N. A. … Suryanto, A. (2018). Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan pada Masyarakat di Kelurahan Dandangan. Journal of Comunity Engagement in Healt, 1(2), 21–24. https://doi.org/10.30994/jceh.v1i2.10
BPS. (2021). Jumlah Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian Materi 2017-2019. https://www.bps.go.id/indicator/17/513/1/jumlah-kecelakaan-korban-mati-luka-berat-luka-ringan-dan-kerugian-materi.html
Hidayah, N., & Wahyuningtyas, E. S. (2020). Basic Life Support (BLS) bagi Driver Ojek Online GrabBike untuk mengatasi Gawat Darurat Kecelakaan Lalu Lintas. Proceeding of The URECOL, 145–149. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1055
Langi, S. … Sembiring, E. E. (2024). Hubungan pengetahuan tentang pertolongan pertama pada kecelakaan dengan motivasi menolong pada pengemudi ojek online di kota manado. 12(2), 189–195.
Marroli. (2017). Rata-rata Tiga Orang Meninggal Setiap Jam Akibat Kecelakaan Jalan. https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/10368/rata-rata-tiga-orang-meninggal-setiap-jam-akibat-kecelakaan-jalan/0/artikel_gpr
Muthmainnah, M. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Awam Khusus Tentang Bantuan Hidup Dasar Berdasarkan Karakteristik Usia Di RSUD X Hulu Sungai Selatan. Healthy-Mu Journal, 2(2), 31–35. https://doi.org/10.35747/hmj.v2i2.927
UU No.22 tahun 2009, 203 (2009). https://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/uu/uu_no.22_tahun_2009.pdf
Putra, P. G. W. D. … Manangkot, M. V. (2022). Gambaran Pengetahuan Pengemudi Ojek Online Tentang Pertolongan Pertama Pada Kondisi Kegawatdaruratan Di Kota Denpasar. Coping: Community of Publishing in Nursing, 10(4), 436. https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i04.p12
Saputro, A. D. … Yuniar, I. (2022). Model Sosialisasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Lalu Lintas Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Driver Ojek Online Dalam Memberikan Pertolongan Tanggap Darurat. Indonesia Jurnal Perawat, 6(2), 1. https://doi.org/10.26751/ijp.v6i2.1279
World Health Organization. (2018). GLOBAL STATUS REPORT ON ROAD SAFETY. In Photosynthetica (Vol. 2, Issue 1). http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30798
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: