Pengembangan potensi siswa SMK Pandawa Bali Global sebagai technopreneur muda dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC)
Abstract
Abstrak
Era Revolusi Industri 4.0 telah mendorong pentingnya penguatan kompetensi technopreneurship di kalangan generasi muda, khususnya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa SMK Pandawa Bali Global dalam menyusun model bisnis berbasis Business Model Canvas (BMC) sebagai alat bantu visual yang efektif dalam merancang dan mengembangkan ide usaha. Metode pelaksanaan terdiri dari tujuh tahapan, yakni Pre-test, pemaparan materi technopreneurship dan BMC, praktik penyusunan ide bisnis, presentasi ide bisnis kelompok, diskusi dan tanya jawab, Post-test, serta sesi penutupan. Kegiatan ini diikuti oleh 50 siswa dari berbagai jurusan dan dilaksanakan di Aula SMK Pandawa Bali Global. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman siswa, dengan rata-rata nilai Pre-test dan Post-test masing-masing meningkat sebesar 52 poin untuk kategori technopreneurship dan 60 poin untuk kategori BMC. Selain itu, seluruh kelompok peserta berhasil menyusun dan mempresentasikan model bisnis secara sistematis dan inovatif. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan pembelajaran visual dan aplikatif seperti BMC dapat menjadi strategi efektif dalam menanamkan mindset kewirausahaan yang kreatif, sistematis, dan adaptif di lingkungan pendidikan vokasi.
Kata kunci: business model canvas; SMK; technopreneurship.
Abstract
The Fourth Industrial Revolution has emphasized the importance of strengthening technopreneurship competencies among the younger generation, particularly students in Vocational High Schools (SMK). This Community Service Program (PKM) aimed to enhance the understanding and skills of students at SMK Pandawa Bali Global in developing business models using the Business Model Canvas (BMC), a visual tool effective for designing and structuring entrepreneurial ideas. The program was implemented through seven stages: Pre-test, delivery of technopreneurship and BMC materials, business idea development practice, group business idea presentations, discussions and Q&A sessions, Post-test, and a closing session. The activity involved 50 students from various majors and was conducted in the main hall of SMK Pandawa Bali Global. Evaluation results demonstrated a significant improvement in student comprehension, with average Pre-test and Post-test scores increasing by 52 points in the technopreneurship category and 60 points in the BMC category. Furthermore, all student groups successfully developed and presented their business models in a structured and innovative manner. This program indicates that visual and applicative learning approaches such as BMC are effective strategies for instilling an entrepreneurial mindset that is creative, systematic, and adaptive within vocational education settings.
Keywords: business model canvas; technopreneurship, vocational high school.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alam, H. S., Artani, K. T. B., & Sudama, I. M. (2024). Penguatan Proyek Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sukawati. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(03), 292–302.
Atmaja, D. M. U., Hakim, A. R., Kurniawan, M. A., Haryadi, D., Dwiandra, R., & Wendra, N. D. (2025). PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA SMK BINAMITRA DALAM MEMBUAT APLIKASI ANDROID SEDERHANA BERBASIS BLOCK PROGRAMMING. PROFICIO, 6(1), 693–700.
Ausat, A. M. A., Suparwata, D. O., & Risdwiyanto, A. (2025). Optimalisasi Digital Competence sebagai Strategi Adaptasi Dinamis Wirausahawan dalam Menghadapi Disrupsi Pasar di Era Digital. Jurnal Minfo Polgan, 14(1), 173–182.
Becker, M., & Bröcker, J.-O. (2021). Business Model Canvas-Overview of the main advantages and disadvantages.
Braun, A.-T., Schöllhammer, O., & Rosenkranz, B. (2021). Adaptation of the business model canvas template to develop business models for the circular economy. Procedia Cirp, 99, 698–702.
Dahmiri, D., & Setiawan, W. J. (2023). Pemanfaatan media business model canvas (BMC) dalam meningkatkan hasil belajar perencanaan usaha pada mata kuliah kewirausahaan. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal (IDEAL), 5(2), 1–13.
Devi, P. K. C. (2023). PENGEMBANGAN E-LEARNING GAMIFIKASI MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PANDAWA BALI GLOBAL. Universitas Pendidikan Ganesha.
Kertarajasa, A. Y., & Annisa, M. L. (2022). Pelatihan Technopreneurship Melalui Penyusunan Proposal Business Plan Bagi Siswa SMK Negeri 1 Palembang. Media Abdimas, 1(3), 22–28.
Komara, E., Rukhaida, I., Wardani, D., & Yogaswara, S. P. (2024). Analisis Psikologi Implementasi Program Kewirausahaan di SMK untuk Membangun Jiwa Entrepreneurship. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1267–1276.
Munthe, Y. U., & Nawawi, Z. M. (2024). Peran Kewirausahaan Berbasis Digital Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran. ManBiz: Journal of Management and Business, 3(1), 12–17.
Rojaki, M., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Manajemen kerja sama sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6337–6349.
Rusfa, D. A. (2022). PENGOPTIMALAN KUALITAS PELAYANAN PADA APLIKASI TUMBASIN. UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Sholahuddin, M., Effendy, M., Wajdi, M. F., & Surono, A. (2023). Meningkatkan kompetensi wirausaha siswa SMK melalui pelatihan BMC. AJAD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 413–418.
Siagian, J. R. P., & SIK, M. H. (2024). Meningkatkan Sumber Daya Manusia Yang Berdaya Saing Di Era Teknologi Digital Guna Mendukung Transformasi Digital Nasional. Lemhannas RI.
Suhendro, J. M., & Putri, N. W. N. S. T. (2025). Peningkatan Kompetensi Technopreneurship Melalui Penerapan Business Model Canvas pada Siswa SMK Negeri 1 Mengwi. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 61–73.
Wijaya, N. Q., Ainun, M. B., & Arfiyanto, D. (2023). Peningkatan kesadaran generasi muda akan pentingnya bisnis digital di era digital. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 7(1), 196–207.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30825
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: