Pelatihan kewirausahaan berbasis digital marketing bagi siswa SMKN 1 Tabanan
Abstract
Abstrak
Program pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh masih terdapat keterbatasan dalam literasi pembelajaran kewirausahaan, serta pemanfaatan teknologi yang belum optimal dalam proses pembelajaran. untuk memberikan pelatihan kewirausahaan digital kepada siswa SMKN 1 Tabanan. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kewirausahaan siswa melalui pendekatan berbasis digital dengan menggunakan sosial media. Dalam pelaksanaannya, pelatihan ini menggunakan Business Model Canvas (BMC) sebagai alat strategis guna membantu siswa merancang model bisnis yang terintegrasi dengan pemasaran digital. Pelatihan kewirausahaan digital ini dilakukan di SMKN 1 Tabanan Bali, jumlah siswa yang terlibat adalah sebanyak 70 orang. Pelatihan membantu siswa dalam merancang, mengembangkan, dan menyempurnakan model bisnis. Pelatihan akan dilaksanakan secara praktis dengan siswa terlibat dalam proyek simulatif untuk meningkatkan keterampilan teknis mereka. Solusi yang diusulkan untuk meningkatkan keterampilan penyusunan laporan bisnis siswa SMK N 1 Tabanan mencakup praktek langsung,analisis data, dan simulasi kasus nyata. Sesi praktek akan memberikan panduan langkah demi langkah dalam menyusun laporan. Melalui pelatihan ini, siswa SMKN 1 Tabanan tidak hanya belajar teori, tetapi juga menerapkan keterampilan praktis dalam merancang bisnis digital. Dengan pendekatan BMC dan strategi pemasaran digital, mereka mendapatkan gambaran komprehensif tentang bagaimana memulai dan mengembangkan bisnis secara efisien di era digital. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah menghasilkan 10 buah konten promosi digital dan 10 buah laporan BMC dari berbagai produk seperti makanan tradisional, arak Bali, kopi,buah segar dan fashion yang berhasil dipresentasikan bersama konten promosi digital. Keberhasilan ini mencerminkan efektivitas pelatihan dan pendampingan yang telah diberikan.
Kata Kunci: kewirausahaan; bisnis model canvas; sosial media promosi.
Abstract
This community service program is motivated by the fact that there are still limitations in entrepreneurial learning literacy, as well as the use of technology that is not optimal in the learning process. to provide digital entrepreneurship training to students of SMKN 1 Tabanan. The purpose of this training is to develop students' entrepreneurial skills through a digital-based approach using social media. In its implementation, this training uses Business Model Canvas (BMC) as a strategic tool to help students design a business model integrated with digital marketing. This digital entrepreneurship training was conducted at SMKN 1 Tabanan Bali, the number of students involved was 70 people. The training assists students in designing, developing and refining business models. The training will be implemented practically with students engaging in simulative projects to improve their technical skills. The proposed solution to improve the business report preparation skills of SMK N 1 Tabanan students includes hands-on practice, data analysis, and real case simulation. The practical sessions will provide step-by-step guidance in preparing the report. Through this training, SMKN 1 Tabanan students not only learn theory, but also apply practical skills in designing a digital business. With the BMC approach and digital marketing strategy, they get a comprehensive overview of how to start and manage a digital business. The result of this PKM activity is to produce 10 pieces of digital promotional content and 10 BMC reports from various products such as traditional food, Balinese arak, coffee, fresh fruit and fashion which are successfully presented along with digital promotional content. This success reflects the effectiveness of the training and mentoring that has been provided.
Keywords : entrepreneurship; business model canvas; social media promotion.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dwiputranti, M. I. (2020). Pengembangan Model Bisnis Halal Logistik Transportasi Berbasiskan Business Model Canvas (BMC). Jurnal Competitve, 15(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36618/competitive.v15i2
Dwiputranti, M. I., Putri, I. G. A. P. T., & Muntoha, S. N. (2024). Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas bagi Siswa SMKN 1 Mas Ubud untuk Meningkatkan Keterampilan Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2793–2800. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3372
Hutamy, E. T., Marham, A., Quin, A. N., Alisyahbana, A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z (Analysis of the Canvas Model’s Application to Micro-Entrepreneurs of Generation Z). In Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital (JBPD) (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.35912/jbpd.v1i1.453
Juliandra, G., Isral Gunawan, M., Tanjung, N., Fajar, M., & Nofirda, F. A. (2024). Analisis Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5249–5253.
Kurniawan, F. B., Agustino, & Gunawan, L. (2022). Pelatihan pendidikan Busines Model Canvas Bagi Siswa-Siswi Sekolah Merlion,Surabaya. Jurnal LeECOM (LEVERAGE Engangement Empowerement of Comunity), 4(1), 71–78. https://doi.org/10.37715/leecom.v4i1.2954
Mandamdari, A. N., & Widjojoko, T. (2022). Analisis Busisness Model Canvas (BMC) pad UMKM Almeidah Desa Sirawak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Tax and Business Journal, 121(2), 121–129.
Ong, L. (2023). Penguatan Kewirausahaan melalui Pengenalan Business Model Canvas. JSCD (Journal Of Sustainable Comunity Development), 5(1).
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation. PT.Elex Media komputindo.
Purnama, N. (2024). Pelatihan Business Model Canvas Bagi Siswa SMAN 1 Gianyar Dalam Membangun Bisnis di Usia Dini. Jubaedah:Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah, 214–220. https://doi.org/10.46306/jub.v4i1
Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, M., & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 112–121. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.40965
Wahyuni, S. (2021). Strategi Business Model Canvas (BMC) Bagi Pelaku UsahasamarindaDalam Upaya Pengembangan brand dan Digitalisasi Produk. Jurnal Pustaka Mitra, 1(2), 81–86. https://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamitra/article/view/13/22
Wijaya, F., Muttaqin, R., & Siddiq, A. M. (2023). Desain Business Model Canvas (BMC) pada kelompok Keramba Bambu di KotaBandung. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 309. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.42504
Xuhua, H., Elikem, O. C., Akaba, S., & Brown, D. W. (2019). Effects of business-to-business e-commerce adoption on competitive advantage of small and medium-sized manufacturing enterprises. Economics and Sociology, 12(1), 80–99. https://doi.org/10.14254/2071-789X.2019/12-1/4
Yanti Anggraini, R. Dewi Mutia, Rizky Wahyu Hadiyana, & Djoko Subali. (2021). Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Digital Dan Penggunaan Bahasa Inggris Untuk Pelaku Usaha Pemula. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.37373/bemas.v2i1.127
Yuliani, N., Tunafiah, H., Andriani, J., Sampurnaningsih, R., & Erawati, D. (2022). Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas (BMC) Pada Komunitas Kuliner STII-OK OCE Untuk Tumbuh Dan Bangkit Lebih Kuat Di Era Digitalisasi. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v5i3.2450
Yusuf, E., & Melasari, P. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Generasi Milenial Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(4), 513–518.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30839
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: