Penerapan edukasi keuangan dalam mencegah perilaku konsumtif dan pengenalan fintech berbasis inovasi digital bagi siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
Abstrak
Literasi keuangan merupakan keterampilan yang esensial bagi siswa SMA untuk membentuk kebiasaan finansial yang sehat sejak dini. Rendahnya pemahaman tentang pengelolaan keuangan dapat menyebabkan keputusan finansial yang kurang bijak, sehingga diperlukan edukasi yang efektif dan interaktif. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengelola keuangan pribadi. Metode pelaksanaan adalah edukatif dan partisipatif yang dikombinasikan dengan metode kuantitatif melalui pre-test dan post-test, serta permainan yang telah disiapkan untuk menguji pengetahuan siswa mengenai materi yang telah disampaikan. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari di SMA Kristen Mawar Sharon Surabaya dengan melibatkan siswa kelas 10 dan 11 yang berjumlah sekitar 100 siswa. Hari pertama berfokus pada edukasi keuangan dasar untuk mencegah perilaku konsumtif, melalui aktivitas seperti pemaparan konsep keuangan dan permainan edukatif “Keinginan dan Kebutuhan” serta “Katakan Tidak pada Perilaku Konsumtif.” Hari kedua difokuskan pada pengenalan teknologi finansial (fintech) dan inovasi digital, termasuk penggunaan dompet digital, sistem pembayaran non-tunai, serta pentingnya keamanan data dalam transaksi digital. Evaluasi program dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kesadaran finansial, perencanaan keuangan pribadi, dan pengetahuan awal terkait teknologi keuangan modern. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang dalam membentuk pola pikir finansial yang bijak, adaptif terhadap teknologi, dan bertanggung jawab di kalangan siswa SMA.
Kata kunci: literasi keuangan; perilaku konsumtif; fintech; inovasi digital; siswa SMA
Abstract
Financial literacy is a crucial skill for high school students to develop healthy financial habits from an early age. A lack of financial knowledge can lead to poor financial decisions, emphasizing the need for effective and interactive education. This community engagement program aimed to enhance students’ understanding and practical skills in personal finance. The program applied an educational and participatory approach, supported by a quantitative method using pre-tests and post-tests, along with interactive games to assess knowledge retention. Conducted over two days at Mawar Sharon High School in Surabaya, the program involved approximately 100 students from grades 10 and 11. On the first day, students were introduced to basic financial concepts and engaged in activities to reduce consumptive behavior, including games such as “Wants vs. Needs” and “Say No to Consumptive Behavior.” The second day focused on financial technology and digital innovation, covering digital wallets, cashless payment systems, and the importance of data security in digital transactions. Evaluation results showed a significant improvement in students’ financial awareness, budgeting skills, and initial understanding of fintech. The program is expected to have a long-term positive impact in fostering financially responsible and tech-aware mindsets among high school students.
Keywords: financial literacy; consumptive behavior; fintech; digital innovation; high school students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. N., & Suja'i, I. S. (2022). PENGARUH GAYA HIDUP DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF. Jurnal Pendidikan Dewantara, 13.
Buckley, R., Arner, D. W., & Barberis, J. N. (2015). The Evolution of Fintech: A New Post-Crisis Paradigm? UNSW Law Research Paper No. 2016-62, 45.
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. K. (2021). ESENSI PERBEDAAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF. Elastisitas: Jurnal Ekonomi Pembangunan, 156-159.
Hadita, A., Yusuf, R., & Darmawan, E. D. (2021). METODE PARTISIPATIF PADA PELATIHAN FINANCIAL LIFE SKILLS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN PENGAJAR TRIDAYA GROUP BANDUNG. Sebatik, 188-194.
IdScore. (den 30 09 2024). Mengapa Literasi Keuangan Penting dan Cara Meningkatkannya. Hämtat från idScore: https://www.idscore.id/articles/mengapa-literasi-keuangan-penting-dan-cara-meningkatkannya
Jange, B., Pendi, I., & Susilowati, E. M. (2024). Peran Teknologi Finansial (Fintech) dalam Transformasi Layanan Keuangan di Indonesia. Indonesian Research Journal on Education, 1199-1205.
Kusuma, A. A., Budiartha, I. P., & Wesna, P. S. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Keamanan Data Pribadi Konsumen Teknologi Finansial dalam Transaksi Elektronik. Jurnal Preferensi Hukum, 6.
Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Junal Pendidikan Akuntansi, 131-139.
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 6.
Noviana, A., Muarif, M., Sugiarti, S., & Febrianti, H. (2024). Penerapan Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Junal Teknologi Informasi dan Edukasi, 5.
OJK. (den 01 12 2020). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. Hämtat från OJK: https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-2019.aspx
Rahayu, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Literasi Keuangan Digital: Studi pada Generasi Z di Indonesia. Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 15.
Safryani, U., Aziz, A., & Triwahyuningtyas, N. (2020). Analisis Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 14.
Tjandrakirana, R., Ermadiani, E., Aspahani, A., & Putra, A. (2024). PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN BAGI SISWA SMA DI PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA KABUPATEN OGAN ILIR. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 9.
Yadnya, I. D., & Warastuti, D. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif dan Persepsi Diri Remaja di Jakarta: Studi Mengenai Interaksi Online, Pengaruh Endorsement, dan Dampak Psikologis. Jurnal Psikologi dan Konseling West Science, 10.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30955
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: