Pelatihan design thinking, lean startup, dan agile pada UMKM Kadin Kota Bandung

Yenny Maya Dora, Sunardi Sembiring Brahmana, Nugraha Saefudin, Uce Karna Suganda

Abstract


Abstrak

Tantangan para UMKM untuk mempertahankan dan mengembangkan usahanya adalah memuaskan pelanggannya. Untuk memuaskan pelanggannya para UMKM harus dapat mengetahui dengan pasti yang menjadi kebutuhan dan keinginan dari pelanggannya. Sehingga produk dan layanan yang diberikan dan dikembangkan dapat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Menciptakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan tentunya tidaklah mudah. Bila tidak benar-benar dipahami tentunya akan terjadi pemborosan dalam melakukan pembuatan produk atau layanan yang akan diberikan. Oleh karena itu para UMKM perlu diberi pengetahuan dan wawasan tentang Design Thinking, Lean Startup dan Agile. Supaya para UMKM dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga akan membuat desain produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini juga akan berdampak pada penurunan pemborosan saat melakukan perancangan, pembuatan dan penyampaian produk dan layanan kepada pelanggan. Kegiatan PkM ini dilakukan dengan tujuan memberi pengetahuan dan wawasan tentang Design Thinking, Lean Startup dan Agile. Dan mempraktekkan menyusun design thinking lean startup, dan agile. Kegiatan ini melibatkan sebanyak 30 UMKM Binaan Kadin Kota Bandung. Metode kegiatan ini adalah Pelatihan kemudian dilanjutkan dengan praktek. Dari kegiatan ini para UMKM dapat menyusun rancangan design thinking dan cara untuk mengurangi/menghilangkan pemborosan dan teknologi yang tepat untuk membuat usaha para UMKM dapat bertumbuh dan berkembang.

 

Kata Kunci: agile; design thinking; lean startup

 

Abstract

The challenge for MSMEs to maintain and develop their businesses is to satisfy their customers. To satisfy their customers, MSMEs must be able to know for sure what their customers need and want. So that the products and services provided and developed can be in accordance with the needs and desires of customers. Creating products and services that are in accordance with the needs and desires of customers is certainly not easy. If it is not truly understood, of course there will be waste in making the products or services that will be provided. Therefore, MSMEs need to be given knowledge and insight about Design Thinking, Lean Startup and Agile. So that MSMEs can know the needs and desires of consumers, so that they will create product or service designs that are in accordance with the needs and desires of consumers. This will also have an impact on reducing waste when designing, making and delivering products and services to customers. This PkM activity is carried out with the aim of providing knowledge and insight about Design Thinking, Lean Startup and Agile. And practicing compiling lean startup design thinking, and agile. This activity involved 30 MSMEs fostered by the Bandung City Chamber of Commerce and Industry. The method of this activity is Training then continued with practice. From this activity, MSMEs can create design thinking plans and ways to reduce/eliminate waste and the right technology to make MSME businesses grow and develop.


Keywords: agile; design thinking; lean startup.


Keywords


Agile; Design Thinking; Lean Startup

Full Text:

PDF

References


Adom, D. . H. E. K. . & J. A. A. (2018). Theoretical and conceptual framework: Mandatory ingredients theoretical and conceptual framework: Mandatory ingredients engineering. International Journal of Scientific Research, 7(1), 93-98. 7(1)(January), 93–98.

Alrazi, C. Z., & Rachman, A. (2021). Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Animasi Periklanan Digital Pencegahan Covid-19. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 14(2), 190–202. https://doi.org/10.31937/ultimart.v14i2.2247

Andriaskiton, M., Siregar, A. H., Tamba, I. F. U., Hidayat, F., & Surbakti, M. N. (2024). Pengembangan Model Bisnis Berkelanjutan bagi UMKM di Desa Buntu Bedimbar dengan Pendekatan Administrasi Bisnis Modern. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 45–49.

Aprillia, N. M., Ramadhan, T., & Ramdhan, H. (2023). Pendekatan Lean Startup untuk Inovasi dalam Model Bisnis Ramah Lingkungan dan Kewirausahaan Digital. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 4(2), 88–93. https://doi.org/10.34306/abdi.v4i2.1027

Arinatha, I. W. A., Swastika, I. P. A., & Tiawan. (2023). Rancangan Model Bisnis Produk Dengan Menggunakan Metode Lean Startup (Studi Kasus Startup HealthyTips). Jurnal Tekno Kompak, 17(1), 96. https://doi.org/10.33365/jtk.v17i1.2130

Artana, I. M., Putra, I., Utami, N. W., & ... (2021). Digital Scaleup: Pelatihan Agile Mindset Dan Objectives Key Results Bagi Pelaku Ukm di Provinsi Bali. Jurnal Karya Abdi …, 5, 627–630.

Ghezzi, A., & Cavallo, A. (2020). Agile Business Model Innovation in Digital Entrepreneurship: Lean Startup Approaches. Journal of Business Research, 110(June), 519–537. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.06.013

Ghina, A., & Afifah, N. (2021). Value Proposition Design for Custom Clothing Startup Using Design Thinking Approach. Jurnal Manajemen Indonesia, 21(1), 89. https://doi.org/10.25124/jmi.v21i1.3523

Haikal, A. A., & Anbiya, H. H. (2024). Pelatihan Design Thingking pada Badan Usaha Milik Desa JATIREJO MEKAR JAYA dalam Upaya Pengembangan Produk dan Produktivitas Aset. Jurnal Abdiraja, 7(September).

Lazuardi, M. L., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.51

Soewardikoen, D. W., Adriyanto, A. R., & Razi, A. A. (2022). Pelatihan Design Thinking Pada Umkm Binaan Kampung Digital Sentra Kreasi. Ptekmas, 5(3), 127–133.

Wediawati, T., & Rahmayani, E. F. (2021). Implementasi Lean Canvas Pada Startup Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Barbershop. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 108–118. https://doi.org/10.38043/jmb.v18i1.2793




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: