Pendalaman materi penelitian tindakan kelas bagi guru-guru SMP
Abstract
Abstrak
Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Muaro Jambi, masih dibutuhkan penyegaran terutama pendalaman materi Penelitian Tindakan Kelas, hal ini mengingat bahwa materi Penelitian Tindakan kelas sangat dibutuhkan bagi guru dalam rangka berinovasi membenahi proses pembelajaran agar proses pembelajaran terlaksana dengan baik. Mengingat pentingnya materi tersebut bagi guru-guru di SMP Negeri 1 Muaro Jambi, maka harus dilakukan pelatihan agar guru-guru memiliki keterampilan dan handal dalam memahami pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan baik. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para guru agar guru-guru mampu melaksakan Penelitian Tindakan Kelas, guru-guru dapat melakukan penelitian dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah workshop, tanya jawab dan pelatihan. Adapun tahap pengabdian adalah observasi menidentifikasi masalah dan kebutuhan, pelaksaan kegiatan berupa workshop, tanya jawab dan pelatihan tentang penelitian tindakan kelas, dari hasil pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa guru-guru di SMP Negeri 1 Muaro Jambi sangat membutuhkan pendalaman materi penelitian Tindakan kelas, hal ini terlihat dari hasil workshop, diskusi dan pelatihan, mereka sangat perperan aktif selama kegiatan tersebut.
Kata kunci: penelitian tindakan kelas; SMPN 1 Muaro Jambi.
Abstract
Community service has been carried out at SMP Negeri 1 Muaro Jambi with the title "Deepening of Classroom Action Research Material for Teachers at State Junior High School 1 Muaro Jambi". Based on observations that have been carried out at State Junior High School 1 Muaro Jambi, there is still a need for refreshment, especially deepening of Classroom Action Research material, this is considering that Classroom Action Research material is very much needed for teachers in order to innovate to improve the learning process so that the learning process is carried out properly. Given the importance of this material for teachers at State Junior High School 1 Muaro Jambi, training must be carried out so that teachers have the skills and are reliable in understanding the implementation of Classroom Action Research properly. This activity is generally intended to provide insight and knowledge to teachers so that teachers are able to implement Classroom Action Research, teachers can conduct research in order to improve the learning process at school
Keywords: classroom action research; State Junior High School 1 Muaro Jambi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, M. (2014). PENTINGNYA PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah “ PENDIDIKAN DASAR ,” 1(1), 1–19.
Ahlan Syaeful Millah, Apriyani, D. A., & Elsa Selvia Febriani, E. R. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.
Ali Ramadhan, A. N. (2022). No TitlePENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DENGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH SESUAI DENGAN KURIKULUM TAHUN 2013 DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH MEDAN. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 8(1), 121–128.
Amir, M. Z. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar menggunakan Tipe Jigsaw pada Materi Jaringan Tumbuhan Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pematang Karau dengan Media Leaflet. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 6(2), 25–28.
Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2020). No TitlePentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna.
Institut, S., Islam, A., Muhammad, S., & Sambas, S. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.
Iqlima Firdaus, Rahmadisha Hidayati, R. S. H., & Rina Rianti, R. C. K. K. (2023). Model-Model Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 105–113.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? IJAR, 1(2), 315–327.
Parende, U. S., & Pane, W. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Intruction (PBI) Tema 8 pada Siswa Kelas IV SDN 001 Samarinda Utara. Sistema: Jurnal Pendidikan, 1(1), 23–35.
Prio Utomo , Nova Asvio, F. P. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 1–19.
Rifanty, E. (2019). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS VB SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.31438
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: