Pelatihan penggunaan artificial intelligence dalam penyusunan modul pembelajaran bagi guru sekolah dasar

Baiq Ida Astini, Mardiyah Hayati, Niswatun Hasanah

Abstract


Abstrak

Di era digital abad ke-21, pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam pendidikan menjadi sangat penting, khususnya dalam mendukung guru sekolah dasar (SD) menyusun modul pembelajaran yang efektif dan inovatif. Namun, rendahnya literasi digital dan keterbatasan akses menjadi kendala utama dalam penerapan AI di lingkungan SD. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru SD Aisyiyah 1 Mataram dalam menggunakan platform AI seperti ChatGPT, Canva AI, dan Grammarly secara praktis untuk penyusunan modul pembelajaran. Pelatihan intensif selama dua hari mengadopsi pendekatan partisipatif dan praktik langsung yang melibatkan 12 guru SD sebagai peserta aktif. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi digital guru, termasuk kemampuan merancang tujuan pembelajaran berbasis HOTS, pembuatan konten tematik, dan evaluasi interaktif. Observasi aktivitas guru menunjukkan skor rata-rata ≥3,5 pada aspek partisipasi aktif, eksplorasi AI, kerja sama kelompok, dan kemandirian menyusun modul. Produk modul pasca pelatihan mencapai standar kualitas yang baik, membuktikan keberhasilan transfer ilmu ke praktik nyata. Meski dihadapkan pada tantangan seperti akses internet yang tidak stabil dan variasi literasi digital, pendampingan daring dan materi digital pasca pelatihan memberikan solusi efektif. Pengabdian ini berkontribusi pada penguatan kompetensi guru dalam transformasi digital pendidikan dasar serta mendukung implementasi Kurikulum Merdeka yang menuntut inovasi pedagogis.

 

Kata kunci: artificial intelligence; modul pembelajaran; guru sekolah dasar; literasi digital; kurikulum merdeka.

 

Abstract

In the digital era of the 21st century, the utilization of Artificial Intelligence (AI) technology in education has become increasingly essential, particularly in supporting elementary school teachers in developing effective and innovative instructional modules. However, low digital literacy and limited access remain major obstacles to the implementation of AI in elementary school settings. This community service activity aimed to enhance the capacity of teachers at SD Aisyiyah 1 Mataram in practically using AI platforms such as ChatGPT, Canva AI, and Grammarly for instructional module development. The intensive two-day training adopted a participatory and hands-on approach involving 12 elementary school teachers as active participants. The training outcomes demonstrated significant improvements in teachers’ digital competencies, including their ability to design learning objectives based on Higher Order Thinking Skills (HOTS), create thematic content, and develop interactive assessments. Observations of teacher activities showed average scores of ≥3.5 on aspects such as active participation, AI exploration, group collaboration, and independence in module preparation. The post-training module products met high-quality standards, confirming the successful transfer of knowledge into practical application. Despite challenges such as unstable internet access and varying levels of digital literacy, online mentoring and digital learning materials provided effective solutions. This community service contributes to strengthening teacher competencies amid the digital transformation of basic education and supports the implementation of the Independent Curriculum, which demands pedagogical innovation.

 

Keywords: artificial intelligence; instructional modules; elementary school teachers; digital literacy; independent curriculum.


Keywords


artificial intelligence; instructional modules; elementary school teachers; digital literacy; independent curriculum.

Full Text:

PDF

References


Abidah, N. K. K. (2024). Penguatan Budaya Literasi Digital Melalui Praktik Baik Pembuatan Poster untuk Mencegah Cyber Bullying bagi Siswa Madrasah Aliyah Al-Maarif Singosari Malang. Jurnal Gramaswara, 4(3), 315–331. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2024.004.03.10

Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426

Aslamiah, A., Cinantya, C., & Rafianti, W. R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif bagi Guru–guru Sekolah Dasar di Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 143. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6520

Fauziyyah, S. A., Mulvia, R., & Lestari, I. F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Fisika di Era Digital: Peran Learning Management System di Sekolah Penggerak. JURNAL Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 4(2), 181–194. https://doi.org/10.52434/jpif.v4i2.42149

Hasanah, N. (2021). The Role of Madrasah Ibtidaiyah in Building Student Characters in The Era Of The 4.0 Industrial Revolution. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 310–319. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1304

Imansyah, M. N., Yusnarti, M., Nurjannah, N., Ramadhan, R., & Fitriatun, F. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif di SMK. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 723–734. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i4.4749

Khairuddin Said, & Niswatun Hasanah. (2022). Growing Entrepreneurs In Pgmi Students In Facing The Era Of The Industrial Revolution 4.0 (Case Study Of PGMI FAI UMMAT Students In 2022). International Journal of Social Science, 2(3), 1695–1702. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i3.3525

Kusuma, M. T. A., & Muharom, F. (2024). Transformasi Peran Pendidik dan Tren Pembelajaran Digital di Era Teknologi. Indonesian Journal of Community Engagement, 1(2), 84–97. https://doi.org/10.70895/ijce.v1i2.29

Marlina, I., & Hendro Pramono, D. E. (2024). Peningkatan Literasi Digital melalui Pelatihan Pembuatan Konten Edukasi Berbasis Teknologi Informasi di SMAN 7 Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 6(2), 27–38. https://doi.org/10.30873/jppm.v6i2.4067

Palupi, Y., Maarif, S., & Affandi, J. (2015). Efektivitas Pelaksanaan Program Dinamika Kelompok Dengan Metode Outbound Pada Diklat Fungsional Auditor Di Pusdiklatwas BPKP. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1). https://doi.org/10.17358/jabm.3.1.23

Puspa Amelia, W. P. A., & Wijanarko, A. (2022). Evaluasi Pelatihan Jarak Jauh Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Dengan Model Kirkpatrick. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(2), 60–76. https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i2.652

Rahman, H., Faisal, M., & Syamsuddin, A. F. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(1), 12–24. https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i1.2778

Samuel Juliardi Sinaga, Maya Lestari Sirait, Musicka Rezeky Hutabarat, Herdika Jaya Harefa, Handayani Purba, Yeni Erlika Simorangkir, & Sony Brando Martua Matondang. (2023). Sosialisasi Pelatihanan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Kreativitas Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 1 Pantai Labu. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 34–43. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1195

Susilawati, S., Asyiah, N., & Iskandar, M. N. (2022). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Menggunakan Aplikasi Liveworksheet bagi Guru SD. Warta LPM, 388–396. https://doi.org/10.23917/warta.v25i3.1034

Wahab, A., Isnawaty, I., Aldi Saputra, M., & Yusran Adhiputra Raeba, M. (2025). Analisis Kesadaran Teknologi Informasi Di Kalangan Siswi Sma Dan Smk Di Kota Kendari: Peran Penting Dalam Pendidikan Dan Kehidupan Modern Di Era Digitalisasi. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(2), 2636–2645. https://doi.org/10.36040/jati.v9i2.13168

Za’farullah Jamaly, Hasan Muadz Muhammad, Indrati Dwi Cahyani, & Bakti Fatwa Anbiya. (2025). Potensi Discord Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i1.17170




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.31603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: