Be buddy not a bully: Peningkatan pengetahuan non violence siswa SDN Meles dalam pencapaian SDG 4
Abstract
Abstrak
Tingkat violence (kekerasan) di lingkungan pendidikan di Indonesia semakin memprihatinkan. Salah satu sekolah yang pro non violence (anti kekerasan) adalah SDN Meles. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan non violence siswa SDN Meles. Metode pengabdian ini yaitu persiapan (identifikasi isu, analisis isu mitra, solusi yang akan ditawarkan, komunikasi dengan mitra sebelum pelaksanaan, serta persiapan alat dan bahan), pelaksanaan (metode ceramah, tanya jawab demonstrasi, dan praktik mandiri), dan evaluasi pengabdian (pretest dan posttest). Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2025 di kelas IV SDN Meles dengan jumlah siswa 18 orang. Hasil penilaian peningktan menunjukkan bahwa pengetahuan siswa meningkat dengan adanya pelatihan dengan urutan pengetahuan anti perundungan, kekerasan seksual, diskriminasi, kekerasan fisik, kekerasan psikis.
Kata kunci: non violence; pengetahuan; SDG 4; SDN Meles; siswa
Abstract
The level of violence in educational environments in Indonesia is increasingly concerning. One of the schools that is pro-non-violence is SDN Meles. This community service aims to improve the knowledge of SDN Meles students about non-violence. The methods of this community service are preparation (identification of issues, analysis of partner issues, solutions to be offered, communication with partners before implementation, and preparation of tools and materials), implementation (lecture method, Q&A demonstration, and independent practice), and community service evaluation (pretest and posttest). The community service activity was carried out on May 14, 2025, in grade 4th of SDN Meles with 18 students. The results of the improvement assessment showed that students' knowledge increased with the training in the order of anti-bullying knowledge, sexual violence, discrimination, physical violence, and psychological violence.
Keywords: non-violence; knowledge; SDG 4; SDN Meles ; students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriliano, B., & Hardiyanto, S. (2024). Korban Kasus Dugaan Pencabulan di Kebumen Bertambah Jadi 6 Orang Anak, 1 Positif Hamil. Retrieved from https://regional.kompas.com/read/2024/04/23/150548678/korban-kasus-dugaan-pencabulan-di-kebumen-bertambah-jadi-6-orang-anak-1
Badan Pusat Statistik Kabupaten Kebumen. (2024). Jumlah Anak (Usia 0-18 Tahun) Korban Kekerasan di Kabupaten Kebumen (Jiwa), 2022-2023. Retrieved from https://kebumenkab.bps.go.id/id/statistics-table/2/Nzc1IzI=/jumlah-anak--usia-0-18-tahun--korban-kekerasan-di-kabupaten-kebumen.html
Bahatmaka, A., Iskandar, R., Setiadi, R., Fitriyana, D. F., Herunandi, I. D., Naryanto, R. F., … Fahmi, F. F. (2023). Pelatihan Software Rhinoceros dan Maxsurf untuk Meningkatkan Kompetensi Desain 3D Pengrajin Kapal Tradisional di Pesisir Pekalongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1986–1992. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/17220/7745
General Assembly of United Nations. Resolution adopted by the General Assembly on 15 June 2007 A/RES/61/271. , (2007).
Handayani, M., Siswantari, Astuti, R., & Hariyanti, E. (2020). MENDUKUNG KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI SEKOLAH AMAN DAN MENYENANGKAN. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/21590/1/Puslitjak_2020_30_Mendukung_Kualitas_Pembelajaran_Melalui_Sekolah_Aman_dan_Menyenang.pdf
Hidayat, H., Asri, S., Iskandar, R., Bahatmaka, A., Huda, K., Leksono, P. B., … Arrijah, H. K. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU PRODUKTIF SMK DALAM PENDIDIKAN 4.0 MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN DAN PUBLIKASI VIDEO PEMBELAJARAN DI YOUTUBE. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2275–2281. Retrieved from http://112.78.38.8/index.php/jpmb/article/view/17827
Hidayat, H., Asri, S., Iskandar, R., Darsono, F. B., Budiman, F. A., Gendroyono, A. K. M., … Ramadhan, D. I. (2024). Peningkatan kualitas hasil pengecatan melalui penerapan mesin rotary polisher di bengkel Yunex Paint desa Gesing Temanggung. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2203–2212. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/25737
Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2024). Semua Hal Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan yang Harus Diketahui oleh Pendidik, Orang Tua, dan Masyarakat. Retrieved from https://itjen.kemdikbud.go.id/web/semua-hal-tentang-pencegahan-dan-penanganan-kekerasan-di-satuan-pendidikan-yang-harus-diketahui-oleh-pendidik-orang-tua-dan-masyarakat/
Iskandar, R. (2024). Bab 8 Jenis Dan Model Komunikasi Pendidikan. In Komunikasi Pendidikan (pp. 108–117). Serang: Sada Kurnia Pustaka.
Iskandar, R., Nashiroh, P. K., Huda, K., Al-Ghin, M. N., Wisnujati, G. P., Nurkholis, … Khoiruddin, M. A. (2024). Peningkatan kompetensi pembelajaran dengan generative AI guru SMKN 1 Rembang Purbalingga: to be or not to be future of learning. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2840–2846. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/25469
Itjen Kemdikbudristek. (2024). Mengungkap 7 Bentuk Kekerasan di Satuan Pendidikan Menurut Permendikbudristek PPKSP. Retrieved from https://itjen.kemdikbud.go.id/web/mengungkap-7-bentuk-kekerasan-di-satuan-pendidikan-menurut-permendikbudristek-ppksp/
Kholifatul, R., Dewi, E. P., Jalaludin, A. A., & Aqidah, M. F. (2024). Analysis of the Characteristics of Ideal Thematic Learning in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(4), 362–365.
Naryanto, R. F., Delimayanti, M. K., Iskandar, R., Supriadi, D., Sukoco, I., Bahatmaka, A., & Warsiti. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Tentang Budaya Keris Berbasis Virtual Reality di Sekolah Dasar. Ta’awun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 191–201. doi: https://doi.org/10.37850/taawun.v3i02.511
Saputra, M., Fadila, K., & Triloka, J. (2022). Membangun Jiwa Entrepreneurship pada Komunitas Dif_able melalui Pelatihan Kerajinan Sulam Maduaro Khas Lampung. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(2), 55–62.
Sowmya, D. S., & Anokha, V. (2025). Maslow’s Hierarchy of Needs. In Coaching in Communication Research (pp. 117–140). New York: IGI Global Scientific Publishing.
UNESCO. (2024). SDG 4 Ensure inclusive and equitable quality education and promote lifelong learning opportunities for all: Meta data. Retrieved from https://tcg.uis.unesco.org/wp-content/uploads/sites/4/2020/09/Metadata-4.7.4.pdf
United Nations. (2024a). Do you know all 17 SDGs? Retrieved from https://unstats.un.org/sdgs
United Nations. (2024b). International Day of Non-Violence 2 October. Retrieved from https://www.un.org/en/observances/non-violence-day#:~:text=Definition of Non-Violence&text=%22Nonviolent action is a technique,to avoid or ignore conflict.
Yogatama, A., Desyantoro, I., Irawan, M. N., Tiumuli, A. N., & Pamungkas, R. H. (2024). Pelatihan Keterampilan Berbicara di Depan Umum bagi Karang Taruna di Kelurahan Bangetayu Wetan Semarang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2036–2043. doi: https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25732
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.31608
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: