Membangun kesadaran finansial: integrasi literasi fintech dan pengendalian perilaku konsumtif
Abstract
Abstrak
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan pada masyarakat dalam mengakses dan menggunakan layanan keuangan. Kemudahan bertransaksi serta pengelolaan keuangan dapat dilakukan melalui perangkat digital yaitu financial technology (fintech). Di sisi lain, juga membawa tantangan tersendiri yaitu perilaku konsumtif khususnya kalangan remaja. Kegiatan service learning ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan melalui edukasi terkait perilaku konsumtif pada siswa SMA Mawar Sharon. Metode pelaksanaan berupa kegiatan penyuluhan dan diskusi interaktif yang melibatkan siswa secara aktif, dengan materi meliputi pemahaman dasar tentang fintech, jenis-jenis layanan keuangan digital (seperti e-wallet, paylater, dan investasi online), serta strategi dalam mengatur pengeluaran agar tidak terjadi pemborosan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai pentingnya pengelolaan keuangan pribadi dan potensi risiko dari penggunaan fintech yang tidak bijak. Edukasi ini diharapkan dapat membentuk kesadaran finansial sejak dini pada siswa SMA serta mendorong perilaku yang bijaksana dalam keuangan agar menjadi generasi muda yang cerdas dan berwawasan luas dalam pengambilan keputusan finansial di era digital.
Kata kunci: financial technology; literasi keuangan; perilaku konsumtif; teknologi digital.
Abstract
The development of digital technology has brought significant changes in various aspects of life, including in the way people access and use financial services. Financial technology (fintech) offers convenience in transactions and financial management, but also brings its own challenges, especially in encouraging consumptive behavior, especially among teenagers who are still in the stage of forming character and financial mindset. This study aims to improve financial literacy and educate about controlling consumptive behavior through a direct educational approach to Mawar Sharon High School students. The implementation method is in the form of counseling activities and interactive discussions that actively involve students, with materials covering basic understanding of fintech, types of digital financial services (such as e-wallets, paylater, and online investments), and strategies in managing expenses and avoiding waste. The results of the activities showed an increase in students' understanding of the importance of personal financial management and the potential risks of using fintech unwisely. This education is expected to form financial awareness from an early age and encourage the creation of a young generation that is smart and responsible in making financial decisions in the digital era.
Keywords: financial technology; financial literacy; consumptive behaviour; digital technology.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaniyah, E., & Sholeha, S. E. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Risiko Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa dengan Penggunaan Fintech Payment (Paylater) pada Shopee sebagai Variabel Intervening. Competence: Journal of Management Studies, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v18i1.25620
Alqirnawdi, M. A. A., & others. (2020). The effect of cinnamon to the expression of SOD-1 and TNF- α in indomethacin-induced gastric ulcer rat. In Proceedings of The 3rd International Seminar on Metallurgy and Material: Exploring New Innovation in Metallurgy and Materials (p. 030008).
Aminah, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Interaktif dengan Metode Tanya Jawab. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5200
Asyarofah, W., Vidiati, C., & Selasi, D. (2023). Pemahaman Berinvestasi Melalui Financial Technology (Fintech) Pada Generasi Gen Z. Bridging Journal of Islamic Digital Economics and Management, 1(1), Article 1.
Budianti, Y., Rikmasari, R., & Oktaviani, D. A. (2023). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 127. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.120545
Burhan, H. T., Rerung, L. T., Sahrianti, N., Marham, P., Passi, N. I. H. L., Sunusi, H. C., Fajri, M. D., Buamona, E., Prsetya, F. F. D., Yainahu, H., Utama, N. P., Sulastri, T. S., Fitriani, D., & Abdul Hamid. (2024). Efektivitas edukasi kesehatan berbasis partisipatif dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa Rua tentang tanaman obat keluarga. JUKEJ: Jurnal Kesehatan Jompa, 3(2), 106–111.
Data, G. (2024, June 24). 96% Masyarakat Indonesia Sudah Menggunakan E-Wallet. GoodStats Data. https://data.goodstats.id/statistic/96-masyarakat-indonesia-sudah-menggunakan-e-wallet-itxIc
Edukasi Keuangan. (n.d.). Retrieved May 6, 2025, from https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/literasi-keuangan.aspx
Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi MEA. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), Article 1. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282
Jacob, D. E., & Sandjaya, S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup masyarakat Karubaga District Sub District Tolikara Provinsi Papua. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan, 1(1), 1–16.
Marpaung, O., Purba, D. M., & Maesaroh, S. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi Fintech Dan Dampaknya Terhadap Literasi Keuangan. JURNAL AKUNTANSI, 10(1), 98–106. https://doi.org/10.37932/ja.v10i1.278
Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Man 1 Lamongan. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628
Novianta, E., Andani, A., . F., & Pane, S. G. (2024). Financial Technology Dan Literasi Keuangan Terhadap Generasi Z. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.47233/jebs.v4i1.1423
Prayustika, P. A., Suryadi, I. G. I., Arsawan, I. W. E., & Widiantara, M. (2020). Peran Finansial Technology Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Mahasiswa. 6(2).
Puteri, A. M., Inanda, I., & Prasetio, R. B. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Literasi Digital terhadap Preferensi Bank Digital di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(4), 16–25. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i4.4467
Riyanti, D., & Nisa, F. L. (2024). Generasi Muda Sehat Finansial: Representasi Ekonomi Kreatif Terhadap Pemahaman Literasi Keuangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak, 4(2), Article 2.
Sudirman, L., & Disemadi, H. S. (2022). Titik Lemah Industri Keuangan Fintech di Indonesia: Kajian Perbandingan Hukum. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 4(3).
William, W., & Hita, H. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. Jurnal Sifo Mikroskil, 20(1), Article 1. https://doi.org/10.55601/jsm.v20i1.650
Yulianti, Y., Ahmad, R. S., & Torro, S. (2024). Pengaruh Pretest Dan Posttest Terhadap Motivasi Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas XI IPS Di UPT SMA Negeri 2 Jeneponto. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1211
Zainuri, W., Azzahra, M. F., & Sukiman, A. (2024). Analisis senyawa kurkumin pada tanaman kunyit (Curcuma longa) sebagai obat herbal gastritis menggunakan analisis PASS, Swiss ADME dan docking. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 11(2), 161–172.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i5.31669
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: