Peningkatan keterampilan guru sekolah dasar dalam mengembangkan modul digital interaktif bilingual berbasis kearifan lokal

Agung Deddiliawan Ismail, Adityo Adityo

Abstract


Abstrak

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak guru sekolah dasar, terutama di wilayah non-perkotaan, masih menghadapi keterbatasan dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis digital, apalagi yang bersifat bilingual. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menjawab tantangan tersebut dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru sekolah dasar dalam mengembangkan modul digital bilingual yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan kurikulum. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kemampuan guru sebelum mengikuti pengabdian dapat dikategorikan cukup karena skor rata-rata pada masing-masing indikator berada pada interval 2,5-2,9. Selanjutnya kegiatan pengabdian dilakukan dengan memberikan pelatihan pengembangan modul digital bilingual yang dilakukan secara luring. Tindak lanjut pelatihan atau workshop adalah pendampingan penyusunan modul digital bilingual secara daring. Pada tahap evaluasi kegiatan didapat kesimpulan tentang kemampuan akhir guru yang berada pada interval skor 3,5 -3,9 yang masuk pada kategori baik. Berdasarkan hasil analisis kemampuan guru sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan pengabdian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan. 

 

Kata kunci: bilingual; kearifan lokal; modul digital

 

Abstract

Empirical evidence indicates that many elementary school teachers, particularly those in non-urban areas, continue to face challenges in designing and developing digital-based instructional media—especially those incorporating bilingual content. This community service initiative was designed to address these issues by providing targeted training and mentoring for elementary school teachers in the development of engaging, interactive, and curriculum-aligned bilingual digital modules. The program was implemented using a Participatory Action Research (PAR) approach. Initial assessment results revealed that the teachers' competencies prior to the intervention were at a moderate level, with average scores across indicators ranging from 2.5 to 2.9. The intervention began with face-to-face training workshops on bilingual digital module development, followed by an online mentoring phase to support teachers in completing their modules. Evaluation at the final stage showed that the teachers’ competencies improved significantly, with post-intervention scores ranging from 3.5 to 3.9—indicating a good level of proficiency. These findings suggest that the program effectively enhanced the teachers’ skills in developing bilingual digital instructional materials.

 

Keywords: digital module;  bilingual; local wisdom


Keywords


digital module; bilingual; local wisdom

Full Text:

PDF

References


Aprianis, A., Novalia, N., Anum, A., & Dharmawan, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Flipbook Bagi Guru SMAN 2 Negeri Katon. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(1). https://doi.org/10.37905/dikmas.2.1.127-136.2022

Baihaqi, A., & Bahrodin, A. (2022). Pengaruh pembelajaran Bilingual terhadap motivasi belajar siswa kelas rendah. Inovasi Kurikulum, 19(2). https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44105

Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., Maya, S., Aisyah, S., & Sakti, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2). https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65

Bera, L. K. (2019). Status dan Fungsi Bahasa Inggris di Indonesia dan Kontribusinya bagi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. In DAFTAR ISI.

Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901

Hastuti, A. Y. (2020). Merdeka Belajar: Optimalisasi IT dalam Pembelajaran Ketrampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui Video Simulasi Teks Prosedur. Seminar Nasional Pendidikan.

Hendar, Tanjung, R., Ajeng Arini, D., Syahid, A., & Rudiyana. (2022). PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Tahsinia, 3(1). https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.305

Istiningsih, S., F. M. Marijo, M. O. D. S., Darmiany, Dr., Angga, P. D., & Nurmawanti, I. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI POP UP BOX BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN CERITA FIKSI UNTUK PENDIDIKAN INKLUSI KELAS IV SD NEGERI 1 DAREK. Jurnal Elementary, 5(1). https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6162

Kaldianus, R., Pulung Sumantri, & Aditya Darma. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Tahfizhil Quran. Islamic Education, 3(1). https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.1006

Khoiruzzadi, M., & Karimah, N. (2020). Pembelajaran Bilingual dan Usaha Sekolah Memaksimalkan Perkembangan Kognitif, Sosial, Dan Motorik Anak. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2). https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.709

Makasau, R. (2020). Pedagogi Ki Hajar Dewantara Untuk Pengembangan Kurikulum Pendidikan Nasional. Jurnal Masalah Pastoral, 8(1). https://doi.org/10.60011/jumpa.v8i1.103

Marina, W. (2020). Kajian Etnomatematika Motif Batik Jlamprang dan Implementasinya Dalam Pengembangan Materi Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII SLTP (Studi Pada Industri Batik di Pekalongan Tahun 2020). Skripsi.

Mashami, R. A., Khaeruman, K., & Ahmadi, A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Terintegrasi Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(2). https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i2.4500

Mohammad Richi, Adam Pramudya Ardiansyah, Aisyah Nurrotul, & Wiwit Roikhatul. (2023). Peran Guru Sosiologi dalam Meningkatkan Kesadaran Sosial Peserta Didik di Era Transformasi Digital. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.51903/education.v3i1.286

Nareswari, E. D., & Wulandari, P. Y. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Bilingual terhadap Self-Efficacy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).

Ni Wayan Kasni. (2021). Pentingnya Penguasaan Fungsi- Fungsi Bahasa Inggris dalam Berbicara. Linguistic Community Services Journal, 2(2). https://doi.org/10.55637/licosjournal.2.2.3956.69-73

Noge, M. D. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BILINGUAL PREVIEW-REVIEW BERBASIS E-FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP. Journal of Education Technology, 2(1). https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13801

Nurjanah, N. E., Rasmani, U. E. E., Syamsuddin, M. M., Zuhro, N. S., & Fitrianingtyas, A. (2022). PELATIHAN MEDIA DIGITAL WHITEBOARD ANIMATION PADA GURU PAUD DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.30651/hm.v3i2.14014

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pixyoriza, P., Nurhanurawati, N., & Rosidin, U. (2022). Pengembangan Modul Digital Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i01.17541

Rahmawati, M. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengembangan (JHPP), 1(1). https://doi.org/10.61116/jhpp.v1i1.26

Ramadhani, W., & Fitria, Y. (2021). Capaian Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sains Tematik menggunakan Modul Digital. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1391

Rarasati, I. P., & Rosyida, D. A. (2023). Diseminasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Bagi Guru Di SD Negeri Togogan 02 Kabupaten Blitar. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.35931/ak.v2i2.1494

Safira, D., & Shanie, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Bilingual Pada Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Al-Mustafa Semarang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1).

Santika, I. D., & Khoiriyah, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Relevansi Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1).

Solia, S. (2022). Peran Guru Dalam Memanfaatkan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2).

Suma, K. (2011). Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Berbasis Inkuiri. Jurnl Pendidikan Dan Pengajaran, 1–3(44).

Supriatna, U. (2021). Kompetensi Guru Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Online. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1).

Syafani, S. R., & Tressyalina, T. (2023). Penerapan E-Book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Teks Biografi. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2). https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.27

Trisna, B. N. (2019). Education 4.0 Perubahan paradigma dan penguatan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.33654/math.v5i1.519

Wahyudin, A. (2015). Bilingualisme: Konsep Dan Pengaruhnya Terhadap Individu. Seminar Internasional PIBSI XXXIV, November.

Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.273

Yuli, R. R., Munandar, K., & Salma, I. M. (2023). Keselarasan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.80




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i4.31684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: